Ini Nih Sederet Keuntungan Belajar Bahasa Asing, Nomor 3 Kamu Pasti Pengen

Manfaat 1 year ago
Ini Nih Sederet Keuntungan Belajar Bahasa Asing, Nomor 3 Kamu Pasti Pengen

Belajar bahasa asing memberikan kebangganggan dan keasyikkan tersendiri bagi pelakunya. Selain menambah wawasan, belajar bahasa asing juga bisa menambah teman. Selain itu, apa saja sih keuntungan belajar bahasa asing? Yuk! simak 10 keuntungan dari belajar bahasa asing berikut ini:

1. Menambah Wawasan

Jelas, dengan belajar hal baru tentu akan memberikan wawasan baru juga untuk kita, begitupun belajar bahasa asing. Belajar bahasa asing membuat kamu memandang dunia dari sisi yang berbeda. Kamu bisa membaca buku-buku yang tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kamu selangkah lebih maju dibanding teman-temanmu yang hanya bisa menguasai satu bahasa. Keren bukan?

2. Punya Banyak Teman

Dengan cara bergabung di komunitas bahasa, tentunya kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Kamu bisa mendapatkan banyak teman dari sana. Bahkan, kamu juga bisa dapat teman seorang native speaker dari bahasa yang sedang kamu pelajari, lho. Gimana caranya? Di zaman perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini, kamu bisa membuat akun dari berbagai media sosial. Kabar gembiranya, hampir semua media sosial dapat menghubungkan kamu dengan orang dari berbagai negara di dunia. Melalui media sosial itu, kamu bisa mencari dan menemukan teman-teman baru yang berasal dari luar negeri. Misalnya, jika kamu sedang belajar bahasa Jepang, kamu bisa mencari orang yang berasal dari Jepang. Sapa dia dengan kosa kata yang kamu pelajari, dan mulailah berteman.

3. Punya Pacar Bule

Ketika semakin hari bahasa asing yang sedang kamu pelajari semakin bagus. Kamu akan jauh lebih mudah berkomunikasi dengan teman mancanegaramu. Siapa yang akan menduga, bisa jadi selain dapat teman. Kamu juga akan dapat pacar seorang bule, alias orang dari luar negeri, hehe. Komunikasi yang intens dan kecocokan dalam segala topik yang kalian diskusikan bisa saja meluluhkan hatinya dan dia mulai menyukaimu.

4. Mendapatkan Uang

Jika kamu telah menguasai satu atau mungkin beberapa bahasa asing. Kamu dapat memanfaatkan keahlian bahasamu itu untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menjadi penerjemah bahasa asing ke Indonesia atau sebaliknya. Bahkan, kamu juga bisa menjadi tour guide, yang akan memandu turis mancanegera. Asyik bukan? Kamu bisa menjelaskan segala macam tentang budaya Indonesia dengan bahasa asing yang kamu kuasai. Jika kamu suka berjualan barang, kamu juga bisa menjualnya hingga ke luar negeri, berkat bahasa yang kamu kuasai tersebut. Atau kamu membuka toko di tempat-tempat turis berdatangan. Kelancaran berbahasa asing akan memberikanmu kemudahan untuk menjual barang dagangan.

5. Menjadi Pintar

Kamu akan jadi lebih pintar. Kok bisa? Ingat poin pertama di atas, wawasanmu akan bertambah seiring kamu mempelajari suatu bahasa lain. Karena, kamu bisa mendapatkan ilmu baru dari buku berbahasa asing, film, atau program televisi mancanegara dan dari berbagai sumber lainnya. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan, saat kamu menguasai lebih dari satu bahasa, otak kamu secara konstan akan sibuk memilih bahasa mana yang akan digunakan. Nah, proses pemilihan ini yang kemudian mampu menguatkan sel-sel otak dan membuatmu semakin pintar.

sumber foto: net

6. Mencegah Kepikunan

Seorang neuropsikolog dari Universitas California pernah melakukan sebuah penelitian terhadap 44 lansia yang menguasai bahasa Spanyol dan Inggris. Hasil dari penelitian itu, 44 lansia tersebut menunjukkan gejala demensia (pikun) ataupun Alzheimer rata-rata satu tahun lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang hanya menguasai satu bahasa, demikian dilansir hipwee.

7. Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri, kamu harus menguasai bahasa asing. Setidaknya bahasa inggris, atau bahasa negara tujuan. Umumnya si pemberi beasiswa juga menentukan passing grade yang harus kamu miliki agar lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa ke luar negeri. Jika sebelumnya kamu sudah mempelajari bahasa asing tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu hanya tinggal mendalami lagi bahasa yang kamu pelajari sehingga kamu akan memperoleh nilai tes bahasa sesuai dengan persyaratan beasiswa.

8. Ilmu yang Bermanfaat

Jangan pintar sendiri, kamu juga bisa menularkan kemampuan berbahasa asingmu ke orang lain. Seperti ke teman, saudara atau ke anak-anakmu. Semakin banyak ilmu yang kamu bagikan ke mereka, semakin melekat semua ilmu yang telah kamu pelajari sebelumnya. Jadi, jangan khawatir lupa vocab. Hehe. Malah, segala pertanyaan mereka akan menambah ilmu baru juga untukmu.

9. Menonton Film Mancanegara Tanpa Subtitle

Memang sepele sih. Tapi, bukankah lebih mengasyikkan menonton film mancanegara tanpa harus fokus pada teks dialog dalam film? Hehe. Misalnya, kamu si penggemar drama Korea, saat kamu menguasai bahasanya, kamu akan lebih fokus mengamati segala gerak-gerik dan rupa si aktor dan aktris, tanpa harus sibuk membaca teks di bawahnya. :p

10. Tidak Mudah Ditipu

Saat kamu berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri, kamu harus tetap waspada dimanapun itu. Dengan menguasai bahasa setempat, setidaknya kamu akan berpeluang kecil untuk ditipu. Entah itu saat di jalan, di tempat umum atau bahkan saat kamu membeli barang di pusat perbelanjaan. Malah, saat kamu bisa berkomunikasi dengan baik ke pedagang, kamu bisa dapat potongan harga dari barang yang kamu beli. Seru ya?

Jadi, masih mikir-mikir mau belajar bahasa asing? Jangan deh, karena kamu akan dapat banyak keuntungan dari kegiatan belajar ini. Semangat!

Tags: Bahasa Asing, Manfaat, Manfaat Belajar Bahasa Asing

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com