Bikin Bulu Kuduk Merinding, Inilah 5 Boneka Mistis Asal Indonesia

Bikin Bulu Kuduk Merinding, Inilah 5 Boneka Mistis Asal Indonesia

Boneka identik dengan permainan anak-anak, khususnya anak perempuan. Ketika masih kecil, anak-anak sangat senang bermain dengan boneka.

Namun, ternyata ada beberapa boneka yang dianggap sebagai boneka mistis karena bersinggungan dengan makhluk halus. Misalnya saja, boneka Anabelle. Nggak cuma Anabelle, Indonesia pun punya boneka mistis. Nggak percaya? Simak nih informasinya.

Ondel-Ondel

Ondel-ondel merupakan boneka khas dari budaya Betawi. Boneka yang berukuran besar ini punya cerita mistis di baliknya. Saat membuat ondel-ondel beragam sesaji disediakan. Sesaji tersebut berupa bubur sumsum, kembang tujuh rupa, dan kemenyan. Disediakannya sesaji tersebut bertujuan agar ondel-ondel dapat dibuat dengan lancar dan bisa dihuni oleh roh yang baik.

Si Gale-Gale

Si gale-gale adalah boneka yang digunakan dalam upacara adat pemakaman di Samosir, Sumatera Utara. Dengan disuguhkannya tarian si gale-gale dipercaya dapat menolak bala. Konon katanya, boneka yang berwujud seorang lelaki ini dibuat oleh seorang raja yang merindukan anaknya yang bernama Mungale. Saat membuat boneka, pembuatnya katanya harus menyerahkan jiwanya agar boneka dapat bergerak layaknya manusia.

Jelangkung

Boneka yang satu ini pasti sudah nggak asing di telinga kita. Beberapa film horor Indonesia terinspirasi dari jelangkung. Jelangkung dipercaya bisa digunakan untuk ritual pemanggilan arwah. Untuk melakukanya minimal dibutuhkan tiga orang. Satu orang menjadi pawang dan dua orang memegangi jelangkung. Kemudian, mantra pemanggil diucapkan. Tahu kan mantranya?

Nini Thowong

Nini Thowong bisa dibilang sebagai jelangkung versi cowok. Boneka ini berasal dari kebudayaan Jawa. Nini thowong dibuat dari siwur (tempurung kelapa) dan wuwu (alat untuk menangkap ikan). Nama nini thowong mempunyai arti boneka perempuan yang menyerupai manusia. Konon, di dalam boneka ini bersemayam roh sehingga saat ditarikan bisa luwes.

Jenglot

Jenglot dipercaya berasal dari jasad manusia yang ditolak bumi. Menurut cerita yang beredar, jenglot dulunya adalah manusia sakti yang punya ajian watu karang yang membuatnya susah untuk dibunuh. Untuk mendapatkan ajian tersebut, sebuah perjanjian dengan setan harus dibuat. Orang yang ingin menguasai ajian tersebut harus berjanji apabila mati tubuhnya akn menjadi batu karang dan tidak mati secara sempurna.

Menurut kalian gimana nih? Cukup mistis kan boneka asli Indonesia tersebut. Seremnya nggak kalah sama Anabelle.

Tags: Boneka Mistis, Ondel-Ondel, Si Gale-Gale, Jelangkung, Nini Thowong, Jenglot

Misteri 7 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com