Lengan Perunggu Ditemukan di Kapal Karam Antikythera

Lengan Perunggu Ditemukan di Kapal Karam Antikythera

Situs itu telah menghasilkan harta karun berupa artefak, termasuk komputer astronomi misterius dan kalkulator yang disebut mekanisme Antikythera.

Anggota badan yang baru ditemukan dikumpul bersama  dengan serpihan patung perunggu dan marmer lainnya yang ditemukan selama ekspedisi yang sama. Bersama-sama, artefak ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan ada lebih banyak patung yang terkubur di dasar laut di sekitar kapal yang rusak tersebut, perwakilan dari proyek "Kembali ke Antikythera" melaporkan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada 4 Oktober.

Patung lengan perunggu merupakan objek pertama yang ditemukan dari bangkai kapal ketika ditemukan pada tahun 1900, menurut situs proyek penggalian.

Para ahli kemudian memutuskan bahwa kapal tersebut kemungkinan tenggelam antara 70 SM. dan 60 SM, dan berusia 2.085 tahun. Ia membawa muatan barang mewah, termasuk barang pecah belah, batu permata, koin dan perhiasan, dan patung marmer dan perunggu; ratusan benda ini ditemukan pada tahun 1976 dalam sebuah ekspedisi yang dilakukan oleh penjelajah bawah laut Jacques Cousteau.

Selama ekspedisi terbaru, para arkeolog tertarik pada fitur tertentu di bagian dasar laut dan menyarankan agar daerah tersebut dapat melihat lebih dekat, menurut ko-director proyek lapangan Brendan Foley, seorang peneliti dengan Departemen Arkeologi dan Sejarah Kuno di Universitas Lund di Swedia. 

"Kami menyelidiki lebih dalam, menggali, mendeteksi logam dan mulai menemukan temuan yang sangat menarik, termasuk sisa-sisa kayu-hull, paku perunggu besar dan bagian dari rangka kapal, dan kemudian elemen patung perunggu, "Kata Foley.

Para ilmuwan juga menemukan kayu bagian kapal; Kondisi dan lokasi mereka, relatif terhadap tempat muatan ditemukan, akan membantu para ahli untuk kembali ke masa lalu dan merekonstruksi tempat kejadian kapal karam, perwakilan HMCS mengatakan.

Banyak benda menarik muncul dari situs ini dari waktu ke waktu, namun salah satu penemuan paling terkenal adalah kalkulator yang dikenal sebagai mekanisme Antikythera, yang juga berhasil diselamatkan pada saat penyelaman awal ke lokasi pada tahun 1900. Mesin kompleks ini dianggap mampu menampilkan tanggal, posisi bulan dan matahari, dan siklus planet, serta memprediksi gerhana selama periode 223 bulan.

Kemudian, pada bulan Agustus 2016, para arkeolog mendeteksi bukti adanya sisa-sisa manusia di dalam bangkai kapal, yang memungkinkan sumber DNA purba. Jenazahnya, kerangka, bukan yang pertama ditemukan di lokasi; tulang juga ditemukan dari kapal karam Antikythera pada tahun 1976. Namun untuk pertama kalinya, ada teknologi yang memungkinkan ilmuwan mengekstrak informasi genetik dari bahan organik yang diawetkan.

Prospek "komputer" kuno atau ekstraksi DNA berumur 2.000 tahun munkin terdengar lebih menarik daripada lengan patung yang baru ditemukan, Foley mengatakan kepada Live Science. Beberapa patung perunggu dari Yunani kuno bertahan sampai era modern, dan tidak ada yang ditemukan sebelumnya di bawah air yang ditemukan langsung dari situs arkeologi, katanya. Ini memberikan konteks sejarah penting untuk artefak, jelasnya.

Pekerjaan para ilmuwan masih jauh dari kata selesai. Antikythera masih menyimpan banyak rahasia di reruntuhannya, dan para arkeolog berencana untuk kembali di musim semi untuk mengungkap lebih banyak misteri tersebut, kata Foley.

"Kami memiliki beberapa batu besar untuk dilepas agar bisa mengakses patung-patung perunggu yang  ada di bawahnya. Dan kami memiliki banyak sedimen untuk digali, jadi kami bisa memaparkan, mendokumentasikan dan memulihkan barang-barang yang ada di dalam kargo kapal," dia berkata.

Situs ini mencakup lahan yang luas, berukuran sekitar 164 kaki persegi (50 meter persegi) di kedalaman laut mulai dari 131 sampai 184 kaki (40 m sampai 56 m), kata Foley. Tim telah memindai sebagian besar wilayah dengan detektor logam, dan para peneliti telah memetakan area sekitar 34.449 kaki persegi (10.500 m persegi) dengan menggunakan sonar.

Sumber : http://www.foxne

Tags: #sejarah, #anakmuda

Misteri 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com