Mahluk Mahluk Mitologi dari Sulawesi Selatan ini Sangat Berbahaya, dan Bisa Membunuh Manusia

Misteri 1 year ago
Mahluk Mahluk Mitologi dari Sulawesi Selatan ini Sangat Berbahaya, dan Bisa Membunuh Manusia

Mahluk mitologi dari daratan Sulawesi Selatan

          Daerah sulawesi tidak hanya terkenal dengan objek objek wisatanya saja, tapi terkenal pula dengan kisah mistis dan kebudayaan animisme yang masih dianut oleh sebagian suku yang ada disana. tak hanya animisme, daerah sulawesi juga diwarnai oleh kisah mahluk mahluk mitologinya yang tidak kalah menyeramkan dari daerah lain yang ada di indonesia. penasaran ?? ini dia mahluk mitologi dari daratan sulawesi

  1. Parakang

Sebagai masyarakat bugis-makassar, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Parakang. Kisah mitologi dari mahluk  ini sudah sangat melekat diingatan masyarakat. Bagaimana tidak teror dari mahluk ini selalu sanggup membuat bulu kuduk merinding, dan membuat ciut nyali orang yang mendengar kisahnya. Parakang adalah mahluk mistis dan jadi jadian yang bisa berubah menjadi apa saja yang diingikannya. Keberadaan mahluk ini sangat mengancam kehidupan masyarakat bugis-Makassar, pasalnya makluk ini tidak hanya mengganggu tapi juga  tidak segan merenggut nyawa korbannya. Menurut legenda yang beredar dimasyarakat, parakang sebenarnya adalah manusia yang ingin mempelajari ilmu hitam seperti pesugihan untuk mendapatkan kekayaan. Akan tetapi ilmu yang ia pelajari justru ilmu yang salah sehingga malah merubahnya menjadi mahluk yang  menakutkan. Parakang memiliki bentuk seperti manusia,  mata yang merah, lidah menjulur keluar, kulit yang keras dan tidak bisa ditembus oleh sejata, kuku memanjang dan tajam. Parakang sangat gemar menghisap organ organ dalam manusia seperti usus dan lainnya, terutama ibu hamil dan anak anak. 

2. Poppo   

            Kisah poppo ini sama seperti Parakang, kisahnya sudah sangat melekat ditelinga masyarakat Bugis-Makassar. Konon katanya Poppo ada disetiap daerah di Sulawesi. Poppo sebenarnya adalah perwujudan dari manusia yang telah salah dalam mempelajari ilmu hitam sehingga dia dan keluarganya mendapatkan sebuah kutukan  dengan menjadi mahluk penghisap darah layaknya vampir dalam mitologi orang Rumania. Manusia yang di kutuk menjadi poppo biasanya tinggal di daerah terpencil bersama dengan keluarganya untuk menghindari orang orang. Ketika malam tiba mahluk ini secara sadar atau tidak sadar akan mencari tempat tersembunyi untuk menyimpan organ tubuhnya, kemudian memisahkan  kepala dan jeroannya  dari tubuhnya kemudian pergi mencari mangsanya. Sangat mudah untuk mengetahui keberadaan poppo, yaitu dengan mendengarkan. Karna ketika poppo berada di sekitar anda, ia akan mengeluarkan suara” Pok Pok”. Semakin besar suara poppo menandakan bahwa ia masih jauh dari posisi anda berada, akan tetapi semakin kecil suaranya, itu menandakan kehadiran poppo semakin dekat dengan anda.

3. Longga

            Dari namanya saja kita sudah dapat mengetahui bagaimana bentuk dari mahluk ini, Longga dalam bahasa Makassar artinya Tinggi, sesuai namanya mahluk ini sangat  tinggi. Mahluk ini sangat ditakuti keberadaannya, karna ia memiliki sosok yang sangat menyeramkan , ia sering menampakkan dirinya di sekitar pohon atau menara yang tinggi. Longga merupakan bangsa Jin, ia adalah pemimpin dari seluruh mahluk gaib yang ada dalam suatu daerah, tak heran para dukun dan orang pintar menyebut Longga sebagai  penjaga kampung.

4. Tujua

            Nama mahluk ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Sulawesi, terutama di Makassar. Makan tujua berada di Lapangan karebosi, dan merupakan ikon kota Makassar. Kesemua makam itu muncul sejak abad ke 10 sebelum kerajaan Gowa terbentuk. Menurut cerita masyarakat, dahulu kala makam itu tidak ada disana, kan tetapi suatu ketika terjadi kemarau panjang panjang melanda kerajaan Gowa selama 7 tahun, alhasil kekacaunpun terjadi didalam dan diluar kerajaan. Kemudian tiba tiba turun hujan dengan begitu lebatnya disertai suara petir dan guntur selama 7 hari 7 malam. Di hari ke-8 hujan itupun berhenti danmuncul 7 gundukan aneh yang berjejer saling berdekatan, dan mengeluarkan aroma yang begitu wangi. Setelah di telusuri, ternyata Tujua adalah bangsa Jin, bukan bangsa manusia yang mati lalu gentayangan seperti yang dipikirkan oleh banyak orang. lewat majalah MITOS Makassar, Arwan Dg Awing yang merupakan redaksi pelaksana MITOS mengatakan bahwa tujua memiliki nama dan peran nya masing masing.

  1. Karaeng Tu Mabellayya, berkuasa sampai ke Australia, ia adalah pemimpin tertinggi diantara Tujua
  2. Karaeng Tu Mabbicarayya, mengembang tugas sebagai pabbicara atau diplomasi dalam system pemerintahan dan berwenang menyampaikan pesan-pesan kerajaan.
  3. Karaeng Tu Maccinika, adalah pejabat  dengan kedudukan ke tiga setelah karaeng Tu Mabellayya danKaraeng Tu Mabbicarayya, ia bisa melihat masa depan yang akan terjadi.
  4. Karaeng Bainea,  tugasnya  melakukan perlindungan  terhadap jin jenis perempuan atau wanita.
  5. Karaeng Tu Nipallanggayya, tugasnya sebangai penyangga kekuatan kerajaan dan bagi para petinggi kerajaan.
  6. Karaeng Tu Apparumbu Pepeka, dia bertugas mensejaterahkan bangsa jin yang ada diwilayah kerajaan Tujua.
  7. Karaeng  Tu Angngerang Bosia, tugasnya  menurunkan hujan, dengan cara memompa air laut ke awan bersama pengawalnya, hingga akhirnya hujan turun.

            Itulah kisah mitologi dari daratan Sulawesi yang sangat menarik untuk kita ketahuai,  setidaknya sekedar untuk mengenal kebudayaan dan kepercayaan dari suku bangsa yang ada dinegara tencinta kita Indonesia.

Tags: Hantu, Misteri Hantu, Setan, Misterius, Tempat Misterius, Makassar, Kisah Misteri, Sulawesi Selatan, Sulawesi, Jin

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com