5 Tokoh yang Mati Bunuh Diri Akibat Depresi

Motivasi 1 year ago
5 Tokoh yang Mati Bunuh Diri Akibat Depresi

Kamu pasti sering iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Pernahkah kamu membayangkan betapa nikmatnya jika dilahirkan sebagai anak pejabat tinggi negara yang kemana saja selalu dikawal ketat? Atau ingin tumbuh menjadi pusat perhatian dunia lantas menikah dengan artis super tajir yang wajahnya dimimpikan semua wanita sepanjang malam. Tidak ada yang salah sama sekali dengan keinginan itu. Hanya saja sekarang kamu harus mulai membuka mata. Dunia yang kamu pikir indah, ternyata justru menjadi malapetaka bagi mereka yang telah mengalaminya. Berikut adalah 5 tokoh yang mati bunuh diri akibat depresi.

1. Adolf Hitler

Siapa sangka sosok paling bengis dalam sejarah perang dunia ternyata mengalami depresi hebat yang kemudian memaksa dirinya sendiri mengakhiri kediktatorannya. Adolf Hitler, Sang Kanselir Jerman kalah oleh depresi di ujung hidupnya. Sebelumnya depresi juga yang mendorong remaja 18 tahun dari sosok lemah menjadi penuh wibawa. Hitler yang memang membidik ras lain di luar rasnya sebagai target perbudakan ternyata punya alasan pribadi. Dulunya ketika ibu Hitler meninggal, dokter yahudi yang menangani beliau gagal melakukan penyelamatan. Semenjak itu pula Hitler memiliki banyak alasan terpendam untuk memusnahkan bangsa yahudi dan memperbudak ras lain di dunia. 

Dunia yang sempat tunduk pada kekuatan Jerman pada akhirnya berduka atas pilihan Sang Kanselir dalam mengakhiri hidup. Bersama kekasihnya, Eva Braun, Hitler menembak kepalanya sendiri tanpa bantuan orang lain. Dia juga menyuruh Eva menghabiskan racun agar mereka tetap bersama di dunia maupun kehiduan setelahnya. 

2. Kurt Cobain


Bintang musik legendaris sepanjang masa. Sadarlah, ketika kamu ingin populer dan menganggap kepopuleran sebagai sumber kebahagiaan, ternyata Kurt Cobain justru membunuh dirinya sendiri akibat depresi atas kepopulerannya. Dia tidak pernah berniat menjadi kiblat anak muda dunia sama sekali. Dia menciptakan lagu hanya demi kelegaan atas rasa marah, frustasi, kesepian dan depresi yang selalu dirasakan. Kurt Cobain memang menjadi idola bagi anak muda yang bermasalah dengan banyak hal. Mulai nilai akademik sehingga dianggap bodoh sampai ketraumaannya setelah sadar ayah ibu Cobain memutuskan bercerai. 

Cobain bunuh diri dengan cara menenggak 50 butir painkiller di rumahnya sendiri, Seattle, Amerika Serikat. Sebelum meninggal dia sempat memberikan pesan kepada teman khayalannya bernama Boddah. Cobain menceritakan bahwa dirinya tidak kuat menjadi idola banyak orang dan merasa tidak bebas menjadi dirinya sendiri. Tragisnya, aksi bunuh diri Cobain akibat kepopuleran diikuti pula oleh beberapa penggemar Nirvana di berbagai belahan bumi.  

3. Michael Hutchance


Seorang bintang yang kehidupan asmaranya tampak sangat mulus. Michael Hutchance, seorang bintang rock yang dengan mudahnya menaklukkan supermodel sekelas Helena Christensen sampai para biduan pemula malah tewas bunuh diri akibat memburuknya kesehatan mental. Depresinya Michael bermula dari asmaranya bersama janda muda bernama Paula Yates. Paparazzi dan media selalu menuduh Hutchance sebagai pengganggu hubungan orang lain. Dari tidak kuat bersabar menghadapi bulan-bulanan orang banyak itulah ia akhirnya depresi berat. Akhirnya Hutchance mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Mayat bugilnya memberitahu bahwa ia hanya ingin onani gaya tercekik untuk menambah kenikmatan seks. Tapi nyatanya takdir benar-benar membunuhnya. 

4. Johan Ritchie


Lagi-lagi dunia rock berwarna hitam kelam. Manajer Sex Pistol yang tumbuh sebagai remaja liar menjadi laki-laki berantakan yang sebenarnya tidak patut diidolakan. Sid, panggilan panggungnya bahkan sering memukuli dan menyiksa pacarnya, Nancy Spungen sampai suatu kali Nancy tewas setelah tidak pernah merasa perlakukan Sid sebagai penyiksaan. Sex Pistol yang disembah para pemain rock di seluruh dunia ternyata membunuh manajernya sendiri. Sid Vicious berkali-kali berupaya bunuh diri setelah pacarnya kehilangan nyawa dalam kondisi perut terburai di dalam kamar hotel.

5. Sylvia Plath

Penulis yang tragis dalam perjalanan hidupnya. Sylvia Path benar-benar seorang berjiwa seni, mungkin akibat kehidupannya juga amat bernilai. Ia mengalami depresi semenjak ditinggal mati oleh ayahnya pada usia 8 tahun. Sejak itulah Sylvia Plath tidak mau bicara dengan Tuhan lagi. Lantas ia tetap menjalani hidup sampai usia 18 tahun Plath kembali merasa depresi berat setelah mengalami sangat bayak penolakan dicampur pengkhianatan. 

Suami Plath yang juga seorang penulis ulung, Ted Hughes menyelingkuhi Plath tanpa rasa bersalah sama sekali. Ketika Plath mengatakan sudah putus asa dan ingin bunuh diri, Ted Hughes justru mengatakan harapannya melihat Plath bunuh diri supaya paviliun rumah bisa segera dijual. Padahal dia berselingkuh dengan gadis penyewa paviliun. Cara bunuh diri Plath memang ekstrim. Ia mengunci dapur lalu menyalakan kompor gas setelah itu memasukkan kepalanya ke dalam oven. Karmanya, 6 tahun setelah kejadian itu, PHOnya bersama Ted, Asian Wevill juga mengalami depresi hingga melakukan cara bunuh diri yang sama dengan Sylvia Plath.


5 Tokoh di atas cukuplah menjadi contoh bagi kita untuk tidak terlalu iri dengan apa yang dimiliki orang lain sampai lupa caranya bersyukur. Kalau sudah tahu begitu, apa kamu masih ingin hidup berdasar kepopuleran dan jabatan? Silahkan tentukan sendiri. Kamu mungkin bukan siapa-siapa bagi dunia ini, tapi percayalah pasti ada seseorang yang akan sangat kehilangan warna dunianya ketika kamu sengaja melenyapkan diri sendiri.

Tags: Depresi, Bunuh Diri, Tokoh

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com