Takut Bicara Depan Banyak Orang? Ketahui Penyebab dan Atasi Ketakutanmu

Takut Bicara Depan Banyak Orang? Ketahui Penyebab dan Atasi Ketakutanmu

Jika sobat pernah mengalaminya, tenang aja. Faktanya, tiga dari empat orang di dunia merasakan hal yang sama. Ada satu jenis kelainan psikologi yang disebut Glossophobia. Glossophobia ini merupakan suatu gejala dimana rasa takut untuk bicara didepan umum menguasai pikiran dan tubuh seseorang. Ketika rasa takut ini menyerang, kita  bisa tiba-tiba merasakan perut mules, tangan kaki dingin, mual, sakit kepala, gemetaran, keringat dingin walaupun diruangan ber-AC, sesak napas, ngomongnya belepotan dan bisa tiba-tiba gafok (gagal fokus). Pernah ngalamin hal tersebut??


Ada beberapa penyebab mengapa semua gejala tadi kita alami. Pertama, bisa jadi karna kita ga PD (percaya diri). Kurangnya persiapan materi, make up atau kostum yang kurang pas serta kondisi para pendengar yang terlalu serius dan tegang bisa membuat kita ga pede.

Penyebab kedua, kita takut salah. Ketika melakukan suatu kesalahan seringkali bukannya didukung agar kita bisa lebih baik, malah akan dibully dan ditertawakan. Bahkan ini bisa berlangsung cukup lama. Dengan perlakuan seperti itu, kita menjadi semakin takut untuk salah. Tapi sayangnya, terlalu takut berbuat salah menjadikan kita malah berbuat suatu kesalahan.


Ketiga, pengalaman diejek, ditertawakan dan perasaan negatif lainnya menjadi trauma buruk. Ketika hal ini menjadi luka batin, ketakutan untuk mencoba semakin besar. Kita cenderung menghindari kesempatan untuk bicara didepan umum itu sebisa mungkin. Yah kecuali kalo udah kepepet banget lah ya. Itupun dengan penuh perjuangan dan keterpaksaan.

Dari ketiga penyebab utama tadi, kira-kita kamu mengalami yang mana?


Kalo penyebab yang pertama, tentu bisa diatasi dengan mempersiapkan materi dengan matang, serta mempersiapkan penampilan fisik yang prima juga. Jika udah tau besok mau presentasi, apa salahnya materi sudah disiapkan seminggu sebelumnya. Jadi ada waktu longgar untuk memperdalam materi dan berlatih dulu. Selain itu, pasti kita akan lebih PD (percaya diri) untuk tampil jika sudah mandi, menggunakan pakaian yang pantas dan tampil segar. Tak perlu make up atau dandan berlebihan, lihat bentuk acara juga. Masa iya pake daster tidur saat disuruh pidato sambutan??

Penyebab ketakutan yang kedua, bisa diatasi dengan Teori Malcom Gladwell dalam bukunya berjudul Outliers. Ia memaparkan bahwa “ Kesuksesan adalah rangkaian dari latihan dan praktek berkepanjangan, tiada henti dan tiada jenuh. Berlatih 10.000 jam akan menjadikanmu seorang ahli dibidang tsb”. Ada pepatah juga mengatakan, bisa karena biasa. Melakukan kesalahan itu juga proses dari pembelajaran. Hampir mustahil seseorang yang baru sekali mencoba langsung bisa dengan hasil yang luar biasa. Semua butuh proses kan? Jangan jera hanya karena sekali salah. Jika salah ada jatahnya sampai kamu menjadi ahli, habisin tuh jatah salah.


Terakhir nih, bila pengalaman buruk tampil didepan banyak orang sudah menjadi trauma yang mengerikan. Yakinlah bahwa Tuhan sudah menciptakanmu dengan amat sangat baik. Kamu mampu melaluinya, jika kamu berani mencoba. Seringkali katakutan itu hanya ada didalam kepala kita, realitanya tidak semenyeramkan itu. Walau dalam pengalamanmu sebelumnya itu menyakitkan, percayalah tidak semua orang sadis seperti itu. Keluarga, pacar, saudara dan sahabatmu pasti mendukungmu. Jika perlu, ajaklah mereka hadir saat kamu harus tampil. Berdoalah dan hadapilah ketakutanmu. Hasilnya tak harus sempurna, tapi setidaknya, kamu sudah mengalahkan ketakutanmu.

Selamat berproses mengalahkan ketakutanmu ya!

Tags: Rasa Takut , Public Speaking, Glossophobia, Dare To Speak, Berani Bicara

Motivasi 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com