15 Alat Musik Jawa Lengkap Dengan Gambar

15 Alat Musik Jawa Lengkap Dengan Gambar

Jawa pada umumnya merujuk pada suku yang mendiami pulau jawa, termasuk Jawa tengah, Jawa barat dan Jawa timur. Meskipun tiap daerah memiliki dialek dan logat bahasa yang berbeda, namun persebaran alat musik yang digunakan tidak jauh berbeda. Perbedaan yang muncul biasanya terjadi pada tinggi bunyi dan penamaan alat musik, meskipun berbeda nama penyebutan alat musik namun masih merujuk pada bentuk alat musik yang sama. Berikut ini adalah sejumlah alat musik yang ada di daerah Jawa.

1) Gambang

Alat musik Gambang biasanya memiliki sekitar 20 bilah logam bernada. Cara memainkan Gambang adalah dengan memukul bilah bilah persegi panjang logam yang ada di rak kayu. Gambang kerap ditemui dalam kesenian musik gamelan Jawa. Gambang dapat ditemukan di daerah Jawa tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

2) Slenthem

Slenthem adalah alat musik tradisional Jawa tengah yang juga merupakan intrumen dalam gamelan jawa. Slenthem dapat menghasilkan bunyi dengungan rendah yang menggema. Slenthem sendiri memiliki dua jenis variasi, yakni Slenthem Slendro dan Slenthem Pelog, dimana perbedaan kedua jenis Slenthem ini terdapat pada nada yang dihasilkan.

3) Kenong

Alat musik Kenong biasanya sering dijumpai dalam gamelan jawa. Kenong dapat dimainkan dengan cara dipukul. Ujung alat pukul Kenong biasanya dilapisi karet atau kain. Dalam musik gamelan jawa kenong dimainkan sebagai penguat dan penegas nada dalam tembang.

4) Saron

Alat musik Saron terdiri dari beberapa bilah logam bernada. Cara memainkan saron adalah dengan cara memukul bilah bilah nada tersebut dengan alat pemukul yang biasanya berbentuk seperti palu. Nada yang dihasilkan oleh saron umumnya lebih tinggi dari alat musik Demung. Suara yang dihasilkan oleh Saron memberikan nada Harmoni dalam gamelan Jawa.

5) Demung

Demung merupakan alat musik tradisional jawa yang biasanya dimainkan dalam gamelan jawa. Cara memainkan Demung adalah dengan dipukul. Bagian yang dipukul adalah bilah bilah logam bernada yang ada di rak Demung. Terdapat dua jenis Demung yang biasa digunakan yakni Demung pelog dan Demung Slendro, perbedaan dua Demung ini terletak pada bunyi yang dihasilkan.

6) Bonang

Alat musik bonang merupakan alat musik yang berkembang di daerah jawa tengah, jawa barat dan jawa timur. Pada umumnya bonang terbuat dari campuran logam kuningan besi dan perunggu. Bonang terdiri atas dua jenis yakni bonang barung yang memiliki ukurang lebih besar dan bonang penerus yang ukurannya lebih kecil. Cara memainkan bonang adalah memukul gong yang ada di rak kayu dengan alat pemukul yang sudah dilapisi karet atau kain.

7) Gender

Gender adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam dengan banyak bilah dari 10 hingga 14 bilah logam bernada. Cara memainkan gender adalah dengan memukul bilah - bilah logam tersebut sesuai dengan nada - nada yang diinginkan.

8) Gong

Gong merupakan alat musik pukul yang terbuat dari campuran logam kuningan. Biasanya bentuknya besar seperti kuali masak, dan diposisikan digantung dengan cara memainkan di pukul dibagian yang menonjol. Gong biasanya dimainkan pada akhir tembang. Selain digunakan sebagai alat musik, gong juga biasa difungsikan sebagai tanda pembukaan suatu acara atau untuk mengawali suatu kegiatan.

9) Kendang

Kendang atau gendang adalah alat musik pukul tradisional yang dimainkandengan cara ditabuh menggunakan jemari atau telapak tangan dengan ketukan atau irama tertentu. Biasanya bahan utama pembuatan kendang adalah dari kayu Nangka atau kayu cempedak. Tinggi rendahnya suara kendang yang dihasilkan tergantung kencang kendurnya ikatan tali rotan yang mengikat kulit kendang.

10) Siter

Alat musik siter merupakan alat musik dari daerah Jawa Tengah. Cara memainkan siter adalah dengan memetik dawai atau senarnya. Siter biasanya dimainkan sebagai musik pengiring lagu atau seni tarian tradisional.

11) Suling Bambu

15 Alat Musik Jawa Lengkap Dengan Gambar
Suling Bambu

Suling bambu jawa tengah memiliki suara khas yang mendayu dayu. Bisanya dibuat dari ruas bambu wuluh. Dibutuhkan keahlian dan latihan khusus agar dapat menghasilkan nada dan suara yang stabil, Kestabilan suara didapatkan dari konsistensi pernapasan sang pemain suling. Semakin stabil dan konsisten tiupan yang diberikan maka semakin stabil suara yang dihasilkan oleh suling bambu.

12) Angklung Caruk

15 Alat Musik Jawa Lengkap Dengan Gambar
Angklung caruk

Angklung caruk merupakan alat musik jawa yang berkembang di daerah banyuwangi. Alat musik yang dibuat dari ruas bambu dan berbentuk tabung bambu ini biasanya dimainkan dalam suasana rivalitas atau kompetisi, maka untuk dapat menggelar kesenian Angklung caruk ini biasanya dibutuhkan lebih dari satu kelompok angklung, dimana tiap kelompok nantinya beradu teknik dan kepiawaian memainkan angklung untuk memberikan suguhan terbaik kepada penonton.

13) Angklung Reyog

Angklung Reyog merupakan alat musik angklung yang biasanya dimainkan sebagai musik pengiring kesenian Reyog,suara yang dihasilkan alat musik angklung ini jauh lebih keras dari angklung pada umumnya. Ciri khas alat musik angklung Reyog jika dibandingkan dengan angklung lainnya adalah adanya hiasan rumbai warna warni.

14) Terompet Reyog

Alat musik terompet Reyog juga biasa dimainkan sebagai musik pengiring kesenian Reyog Ponorogo. Terompet ini menghasilkan suara yang unik dan khas yang tidak dapat ditemukan pada alat musik lain.

15) Saronen

Saronen adalah alat musik yang berasal dari madura. Biasanya Saronen dibuat dari bahan kayu jati dengan ukuran panjang sekitar 40 cm. Alat musik ini mempunyai sekitar tujuh buah lubang, enam buah lubang nada di depan dan satu lubang tiup dibagian belakang.

Demikianlah ulasan 15 alat musik jawa. Semoga bermanfaat.

Tags: Alat Musik Jawa

Music 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com