16 Alat Musik Membranophone Modern dan Tradisional Lengkap dengan gambar

16 Alat Musik Membranophone Modern dan Tradisional Lengkap dengan gambar

Alat musik membranophone biasanya dimainkan dengan cara ditabuh, hal ini karena pada alat musik membranophone, suara yang dihasilkan berasal dari selaput atau membran yang digetarkan atau ditabuh. Selaput ini umumnya bisa dibuat dari kulit hewan ataupun dibuat dari selaput sintetis seperti plastik. Berikut ini adalah beberapa alat musik membranophone modern dan tradisional.

1) Marwas

Alat musik marwas mempunyai kemiripan bentuk seperti Gendang, akan tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil. Marwas mempunyai dua buah selaput atau membran di setiap sisi marwas. Cara memainkan Marwas adalah dengan menabuh selaputnya yang biasanya terbuat dari kulit hewan. Marwas termasuk dalam kategori alat musik membranophone tradisional. Suara yang dihasilkan Marwas jauh lebih kecil dibandingkan dengan alat musik tabuh lainnya, akan tetapi tingkat suara yang dihasilkan jauh lebih tinggi.

2) Gedombak

Gedombak adalah alat musik membranophone tradisional dari daerah Riau. Bentuk Gedombak hampir mirip dengan bentuk piala. Gedombak sering dimainkan dalam pertunjukan kesenian makyong bersama alat musik nafiri.

3) Kompang

Kompang merupakan alat musik membranophone tradisional dari daerah Riau. Alat musik ini mempunyai bentuk yang mirip dengan Rebana. Cara memainkanya pun sama dengan alat musik tabuh lainnya yakni ditabuh dengan tangan. Kompang sudah menjadi alat musik yang harus ada ketika digelarnya acara kesenian tradisional di daerah Riau.

4) Rapai

Alat musik membranophone tradisional dari Aceh ini mempunyai kesamaan bentuk dengan alat musik Rebana, akan tetapi suara yang dihasilkan oleh Rapai jauh berbeda dengan Rebana. Rapai biasanya dimainkan bersama alat musik tradisional lainnya saat mengiringi tembang atau tarian tradisional.

5) Geundrang

Geundrang adalah alat musik membranophone tradisional asal Aceh. Alat musik ini dapat ditemukan di wilayah Aceh besat, Aceh Utara dan wilayah Pidie. Selaput membran pada geundrang biasanya terbuat dari kulit hewan rusa atau sapi dan diikat dengan serat tanaman atau rotan.

6) Bebano

Alat musik membranophone dari Riau ini biasanya digunakan sebagai musik pengiring setelah acara pernikahan tradisional. Membran pada alat musik Bebano dibuat dari kulit hewan seperti sapi, kambing atau rusa.

7) Ketipung

Ketipung merupakan alat musik membranophone tradisional yang memiliki kesamaan bentuk dengan gendang, namun memiliki ukuran yang jauh lebih keci dari Gendang. Ukuran ketipung biasanya dari ukuran terkecil dengan diameter 20 cm hingga ukuran terbesar dengan diameter 40 cm. Membran pada ketipung dibuat dari kulit rusa atau sapi.

8) Tamborin

Tamborin dapat menghasilkan suara gemerincing karena memiliki beberapa plat di sekitar sisi tubuhnya. Cara memainkannya pun dapat divariasikan dengan bunyi gemerincing tersebut. Bentuk Tamborin mirip dengan rebana namun dengan tambahan simbal di samping tubuhnya. Tamborin sendiri merupakan alat musik membranophne tradisional yang berasal dari benua Eropa, tepatnya negara Turki.

9) Kendang

Kendang atau gendang adalah alat musik membranophone tradisional yang tersebar hampir diseluruh wilayah nusantara. Di tanah jawa, kendang biasanya menjadi instrumen pelengkap dalam kesenian gamelan jawa. Selaput membran pada kendang biasanya berasal dari kulit hewan.

10) Drum

Alat musik membranophone modern ini adalah alat musik yang menghasilkan suara melalui selaput membran plastik atau bahan sintetis. Biasanya Drum dimainkan dengan menggunakan dua buah batang kayu atau yang biasa di kenali sebagai stik Drum. Drum dimainkan sebagai alat musik pengatur tempo dalam sebuah lagu pop.

11) Tambo

Tambo merupakan alat musik tradisional membranophone dari daerah Aceh. Selain sebagai alat musik, Tambo juga memiliki fungsi sebagai tanda masuk sholat tiba. Cara membunyikan Tambo adalah dengan cara dipukul. Membran penghasil suara pada alat musik ini berasal dari kulit hewan.

12) Tifa

Alat musik membranophone tradisional yang dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul ini berkembang di maluku dan wilayah papua. Tifa biasanya digunakan sebagai musik pengiring tarian. Perbedaan Tifa dari Maluku dengan Tifa dari papua terletak pada motif di badan Tifa, Tifa dari Maluku biasanya tidak bermotif sedangkan Tifa Papua memiliki motif di sekujur sisi luarnya.

13) Gandang Katindik

16 Alat Musik Membranophone Modern dan Tradisional Lengkap dengan gambar
Gendang Katindik

Gendang katinding atau gendang gamat ini merupakan alat musik tradisional membranophone dari Minangkabau. Cara memainkan gendang ini tidak berbeda jauh dengan gendang pada umumnya, yakni di pukul atau ditabuh dengan menggunakan tangan.

14) Adok

Adok yang merupakan alat musik dari minangkabau ini juga termasuk dalam alat musik membranophone. Dibunyikan dengan cara dipukul dengan tangan. Adok kerap dimainkan sebagai musik pengiring berbagai kegiatan kesenian tradisional di Minangkabau.

15) Djembe

Djembe adalah alat musik membranophone tradisional yang berasal dari wilayah Benua Afrika. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan dengan irama ketukan tertentu. Kata Djembe sendiri berasal dari bahasa suku Mali yakni “Dyembe” yang merupakan turunan kata dari “Anke dje”, “Anke dje” memiliki arti kumpulnya semua orang bersama sama.

16) Gendang Nobat

Gendang Nobat adalah alat musik membranophone tradisional asal Riau yang dibunyikan dengan cara dipukul. Pada umumnya Gendang Nobat terbuat dari kulit sapi, rusa atau kambing, kayu sebagai badan Gendang serta rotan sebagai tali pengikat kulit Gendang. Di daerah Riau Gendang Nobat dianggap sebagai alat musik sakral yang tak boleh dimainkan dengan cara sembarangan. Gendang Nobat bahkan tak boleh dilangkahi oleh siapapun. Biasanya orang yang berhak memainkan Gendang Nobat masih mempunyai darah atau silsilah keluarga kerajaan.

Demikianlah pembahasan mengenai 16 alat musik Membranophone modern dan tradisional. Semoga bermanfaat.

Tags: Alat Musik, Membranophone Modern Dan Tradisional

Music 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com