Banyak yang Tahu Dulu Perak jadi Alat Pembayaran seperti Uang, Tapi Saat Ditanya Berapa Nilainya, Mereka Diam Seribu Bahasa

Banyak yang Tahu Dulu Perak jadi Alat Pembayaran seperti Uang, Tapi Saat Ditanya Berapa Nilainya, Mereka Diam Seribu Bahasa

Pada waktu menonton film sejarah, kita sering sekali melihat karakter yang menggunakan bahan perak untuk dijadikan alat pembayaran atau uang.

Namun, soal berapa banyak tarif atau harga perak untuk membeli suatu barang, banyak orang yang tak mengetahuinya.

Nilai moneter dari setiap dinasti memanglah tidak sama, mulai dari dinasti Song, jumlah perak sangatlah sedikit, hampir tak ada yang dinamakan sirkulasi uang.

1. Perak menjadi salah satu nilai tukar yang populer jaman dulu

2. Setiap dinasti punya harga yang berbeda setiap peraknya

3. Saat ini perak sudah tidak digunakan untuk alat tukar

4. Tapi alat pertukaran perak sepertinya lebih mudah jika dibandingkan dengan barter barang/produk

Uang tersebut menjadi mata uang peredaran usai kegiatan komersial dinasti Qingming yang sudah menjadi sumber uang asing lalu mengalir ke daerah China.

Di dalam Dream of the Red Chamber, Liu memberitahukan kita bahwa untuk 240 gram perak bisa dihabiskan untuk memenuhi kehidupan satu orang dalam satu tahun.

Dinasti yang berbeda memiliki nilai uang yang berbeda pula. Pada akhir Dinasti Qing, nilai 150 hingga 220 yuan ($ 20- $ 25), Dinasti Ming sekitar 600 hingga 800 yuan ($ 95- $ 120), sedangkan di North Song, nilainya 600 hingga 1300 yuan ($ 95- $ 200), sedangkan untuk nilai di dinasti Thinh Duong dari 2000 hingga 4000 yuan (sekitar $ 320- $ 500). 

Tags: Dinasti, China

News 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com