Buka Black Box Lion Air, KNKT Libatkan Boeing dan NTSB dari Amerika Serikat

Buka Black Box Lion Air, KNKT Libatkan Boeing dan NTSB dari Amerika Serikat

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah menerima kotak hitam atau black box dari pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di daerah perairan Karawang, Jawa Barat.

Benda penting tersebut telah diterima oleh KNKT pada hari Kamis, 1 November 2018 di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan bahwa dirinya sangat yakin black box yang didapatkan itu adalah FDR pesawat yang mempunyai fungsi mereka semua data penerbangan dari pesawat yang jatuh tersebut.

Hal ini karena alat tersebut mempunyai banyak sekali kabel di dalamnya. Ia mengaku bahwa data di dalam FDR itu juga bisa dibaca secepatnya.

Pembacaan data dari kotak hitam itu diketahui akan dibantu oleh petugas produsen pesawat yaitu Boeing. KNKT turut melibatkan juga The National Transportation Safety Board atau NTSB yang berasal dari Amerika Serikat.

Ia menjelaskan bahwa NTSB turun tangan karena memang mereka memiliki kewajiban untuk bisa membantu investigasi kecelakaan pesawat ini hingga tuntas.

Hal itu juga dikarenakan ditambah lagi pesawat tersebut merupakan masih baru serta banyak data atau hal lain yang di luar dari standar umumnya.

“Kalau dengan NTSB, mereka kan berkewajiban untuk membantu investigasi ini. Kalau kita bertanya mengenai sistem pesawat, karena ini pesawat masih baru, jadi banyak data atau yang di luar standar yang ada di kita. Kita bisa melalui NTSB untuk bertanya kepada Boeing," tukasnya.

Walaupun data di dalam kotak hitam itu telah dibuka, namun belum diketahui secara pasti tentang kapan hasil tersebut bisa dumumkan ke publik. Hal itu karena untuk mengunduh dan membaca data diperlukan waktu sekitar satu hingga dua minggu lamanya.

Tags: Ntsb, Data

News 7 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com