Hikmah Besar Di Balik Tsunami Banda Aceh yang Tewaskan 170 Ribu Orang

News 3 months ago
Hikmah Besar Di Balik Tsunami Banda Aceh yang Tewaskan 170 Ribu Orang

Sebagai Ibu Kota Provinsi, Banda Aceh terus melakukan pembenahan dengan membangun berbagai macam infrastruktur, khususnya untuk sarana pendukung pariwisata untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan wisatawan ke daerah yang pernah hancur akibat dari tsunami 14 tahun silam.

Sektor pariwisata diyakini bisa membawa banyak perubahan dan kemajuan yang pesat untuk Kota Banda Aceh di masa depan karena didukung oleh objek andalan yang merupakan jejak tsunami tanggal 26 Desember 2004 kemarin.

Situs tsunami yang tersebar di sederet lokasi di pesisir Kota Banda Aceh menjadi magnet untuk para wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri hingga luar negeri.

Tsunami 14 tahun kemarin menyebabkan sekitar 170 ribu jiwa dinyatakan meninggal dunia. Tetapi, di balik duka tersebut, ada kabar gembira karena telah berakhir konflik bersenjata antara pemerintah dengan pihak GAM di Aceh.

Saat ini, keamanan di Aceh juga terus berangsur membaik. Perahu hias turut mengikuti parade budaya di lokasi wisata Sungai Krueng Aceh, Banda Aceh, 13 Agustus 2018 kemarin.

Sejumlah objek wisata potensial yang setiap hari tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan ialah situs tsunami di Kota Banda Aceh, seperti PLTD Apung, Kapal Nabi Nuh Lampulo, Masjid Raya Baiturrahman, dan Kubah Masjid yang terhempat tsunami di desa Gurah.

Lalu juga ada Museum Tsunami Aceh yang berlokasi di Jalan Iskandar Muda, pusat Kota Banda Aceh. Museum ini mempunyai suasana seperti menjadi simulasi peristiwa tsunami 2004 silam.

Di sana, juga ada koleksi foto kondisi Banda Aceh beberapa hari setelah tsunami dan ruangan tersebut juga berisikan nama-nama korban.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan bahwa sangat optimis dengan sektor pariwisata di Ibu Kota Provinsi Aceh itu akan maju di masa depan.

"Sektor pariwisata Banda Aceh bakal maju di masa mendatang, bukan hal mustahil. Dan kami yakin ini," tegasnya.

Tags: Aceh, Tsunami

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com