Ini Lho Maksud dari Colok Dubur yang Dipopulerkan Tompi di Twitter

Ini Lho Maksud dari Colok Dubur yang Dipopulerkan Tompi di Twitter

Media sosial saat ini tengah diramaikan dengan salah satu istilah yang cukup menggelitik netizen, yaitu Colok Dubur. Jangan berpikiran macam-macam karena ini memang menjadi prosedur medis yang dilakukan untuk mendeteksi adanya kanker di usus besar.

Seperti disalin Vebma.com dari sumber, kanker kolorektal menjadi salah satu jenis kanke ryang paling banyak ditemukan. Diperkirakan tiap 100.000 penduduk, ada 1,8 kasus. Sebagian besar dari mereka sudah berada dalam stadium lanjut.

Colok dubur atau yang biasa disebut dengan rectal examination menjadi salah satu cara mendeteksi secara dini pada jenis kanker ini. Diperkirakan bahwa sekitar 60 persen kanker kolorektal dapat terdeteksi dengan metode ini. Sederhana karena hanya menggunakan jari tangan saja.

"Kanker paling banyak ditemukan di perbatasan kolon (usus besar) dengan rektum (dubur). Jari tangan bisa menjangkau sedalam 7 cm," ujar dr Ibrahim Basir, SpB-KBD dari IKABDI (Ikatan Ahli Bedah Digestif Indonesia) Jaya.

Ini merupakan prosedur pemeriksaan yang rutin, pasien akan mengalami pendarahan di dubur atau mengalami perubahan kebiasaan mengenai buang air besar.

Istilah ini kembali ramai diperbincangkan setelah muncul dalam cuitan dr Teuku Adifitrian, SpBP atau yang biasa disebut dengan nama Dr Tompi.

"Jgn berburuk sangka. Bisa aja itu mrk kompakan posisi jari colok dubur," kata Tompi.

Tags: Tompi, Dubur

News 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com