Ini Penyelam yang Temukan CVR Lion Air PK-LPQ di Perairan Karawang

Ini Penyelam yang Temukan CVR Lion Air PK-LPQ di Perairan Karawang

Cockpit Voice Recorder atau CVR Lion Air PK-LPQ berhasil ditemukan dalam pencarian Tim Satgas KNKT bersama dengan TNI AL. CVR Lion Air ini berhasil diangkat dari keadalaman sekitar 30 meter oleh seorang penyelam Serda Satria Margono.

"KRI Spica-934 menemukan CVR pada posisi koordinat 05 48 46,503 S - 107 07 36,728 T di perairan Tanjung Karawang," ungkap Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro.

Usai posisi dari CVR Lion Air diketahui, ada 18 orang tim penyelam dari Dislambair Koarmada dan 3 personel Kopaska melakukan penyelaman.

"Dan pada pukul 08.40 WIB penyelam atas nama Serda Satria Margono berhasil menemukan CVR," lanjut Harjo.

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mengerahkan KRI Spica-934 yang telah diberangkatkan dari Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok.

KRI Spica-934 punya peralatan bawah air dengan teknologi canggih ini dan membawa alat yang lengkap seperti Multibeam Echosounder (MBES), Sub Bottom Profiling (SBP), Magnetometer, Side Scan Sonar, ADCP serta peralatan HIPAP yang mampu mendeteksi sinyal dari black box dari Lion Air PK-LQP.

Tak cuma peralatan itu saja, KRI Spica-934 juga membawa ABK sebanyak 55 orang, personel KNKT 9 orang, penyelam TNI AL 18 orang serta scientist 6 orang.

Tags: Penyelam, Cvr

News 5 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com