Kontroversi, Publik Inggris Desak Pihak Pameran Jelaskan Asal Usul Tubuh

Kontroversi, Publik Inggris Desak Pihak Pameran Jelaskan Asal Usul Tubuh

Sebuah pameran museum, yang menampilkan mayat manusia nyata, saat ini menjadi subjek kontroversi di Inggris di tengah kekhawatiran bahwa tubuh-tubuh itu adalah milik tahanan politik China yang terbunuh.

Dilansir dari nextshark.com(11/08) Mayat mayat tersebut dipamerkan di Birmingham NEC, dengan tajuk “ Real Bodies: The Exhibition ” menampilkan tubuh yang diawetkan tanpa kulit.

Tuduhan bahwa mayat-mayat itu berasal dari orang-orang yang pernah ditahan dan disiksa di kamp kerja paksa China sebelum dibunuh oleh pemerintah telah memicu desakan publik untuk melakukan penyelidikan. Para pegiat mendesak pihak berwenang untuk memeriksa identitas masing-masing mayat dan penyebab kematian mereka.

Penyelenggara pameran mengaku bahwa tubuh tubuh tersebut bersumber dari Dalian Medical University Biology Plantation di China

Dalam sebuah pernyataan, profesor Anatomi Universitas Kedokteran Dalian Hong-Jin Sui mengatakan spesimen itu awalnya diterima dari kamar mayat kota dan kemudian dipindahkan ke universitas kedokteran di China dan akhirnya secara hukum disumbangkan untuk pelestarian, penyeksi, dan operasi Dalian Hoffen Bio-teknik."

Namun, ahli saraf konsultan Rumah Sakit Birmingham Dr. David Nicholl yang dikutip South China Morning Post menunjukkan bahwa fasilitas universitas berada dekat dengan kamp kerja dan penjara di kota Dalian.


"Saya pikir publik sedang ditipu," tambahnya. "Mengapa kita mengadakan pameran seperti ini di negara ini jika mereka tidak dapat membuktikan persetujuan?"

Dalam upaya untuk menutup pameran, Nicholl bersama dengan dokter lain, aktivis hak asasi manusia, anggota parlemen, dan Lords, menandatangani surat kepada Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk mengambil tindakan.

Namun, presiden perusahaan, Tom Zaller, menepis kecurigaan tersebut sebagai "berita palsu."

"Saya menolak untuk menanggapi tuduhan-tuduhan konyol ini tanpa sedikit pun bukti untuk mendukung klaim tak berdasar ini," katanya.

Kembali pada tahun 2005, sebuah pameran serupa yang disebut "Bodies: The Exhibition" dibuka di Tampa, Florida. Dioperasikan oleh sebuah perusahaan bernama "Pameran Premier," pertunjukan itu juga menampilkan mayat manusia yang mati dari Tiongkok.

Platform berita Amerika melaporkan adanya "pasar gelap" mayat dan organ Cina setahun kemudian, memicu penyelidikan terhadap pameran tersebut.

Penyelidikan mengakibatkan pengunduran diri CEO Premier Arnie Geller dan penyertaan pemberitahuan di halaman depan situs web pameran tentang asal usul jasad dan janin yang mengatakan bahwa "hanya mengandalkan representasi dari mitra Cinanya" dan "tidak bisa independen memverifikasi bahwa tubuh bukan milik tahanan yang dieksekusi"

Tags: China

News 9 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com