Salah Seorang Anggota JAD Blitar Divonis Perbuatan Terorisme dan Perdagangan Senjata Api

News 3 months ago
Salah Seorang Anggota JAD Blitar Divonis Perbuatan Terorisme dan Perdagangan Senjata Api

Heru Widajanto bin Sri Widodo pada akhirnya didakwa telah melakukan persiapan fisik untuk perbuatan terorisme. Ia juga didakwa telah memperdagangkan senjata api untuk kegiatan terorisme.

Ia didakwa bersama dengan Abu Umar alias Samsul Arifin Subagio, Anang, Ervin, Nur Hidayat, Katiman, Muhanan, Juhri, dan Galih. Mereka tergabung dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Blitar.

"Bahwa terdakwa bersama dengan kelompoknya, JAD Blitar, tersebut sebuah kelompok yang ingin mendirikan negara yang sesuai syariat Islam," kata Jaksa.

JAD Blitar itu disebut oleh jaksa menjadi bagian dari JAD Jawa Timur yang dipimpin oleh Abu Umar. Jaksa kemudian mengatakan bahwa pada mulanya Heru berbaiat di jaringan terorisme ISIS Pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi pada tahun 2016.

Setelah itu, Ia sempat diajak untuk melakukan fai atau perampokan untuk mendanai aksi terorisme.

Pada mulanya, Ervin mengajak Heru untuk melakukan fai namun Heru menolaknya. Lalu, Ervin kembali mengajak Heru dengan catatan bakal mencari senjata api untuk melakukannya.

"Terdakwa jawab 'Iya' dengan catatan 'Ikut tapi sekali ini saja'," tukas jaksa.

Lalu pada Januari 2017, Heru mendapat tamu bernama Jakim yang menawarinya senjata api dengan jenis FN 9 butir peluru dan senjata api berjenis AK dengan magasin 35 butir peluru.

Senjata tersebut ditawarkan dengan harga Rp15 juta dan untuk AK senilai Rp35 juta.

"Saat itu terdakwa mengatakan, 'Akan dicarikan pembelinya'," ungkap jaksa.

Pada akhirnya, senjata itu laku pada seseorang yang bernama Anang dengan harga Rp15 juta. Uang pembayaran itu dibayar 2 kali, Rp10 juta dan Rp5 juta.

Tak cuma itu saja, Heru juga pernah mengikuti persiapan teror dengan berlatih fisik seperti berlari dan renang. Persiapan tersebut dilakukan bersama dengan beberapa orang yang bernama Subagio, Zuhri, Muhanan alias Abu Rizal, Zaenal Abdi, Lutfi, Didik, dan Adi.

"Bahwa terdakwa merupakan bagian dari kelompok yang bernama JAD wilayah Blitar, Jawa Timur yang telah memiliki senjata api yang mana kelompok terdakwa bermaksud senjata api tersebut yang akan digunakan untuk aksi amaliah dengan cara melakukan penembakan terhadap petugas kepolisian dan orang kafir," tegas jaksa.

Tags: Terdakwa, Terorisme

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com