Warga Desa Lulusan SD ini bisa Rakit Senjata hingga Revolver, Nasibnya Kini Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Warga Desa Lulusan SD ini bisa Rakit Senjata hingga Revolver, Nasibnya Kini Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Warga Lumajang, Joni Mahendra (35), ditangkap karena diduga telah memproduksi serta menjual senjata api rakitan. Ulah dari warga Dusun Krajan, Desa Jarit, Kecamatan Candipuro ini terungkap pada waktu senpi rakitan yang dikirimkan pembeli berhasil terdeteksi oleh petugas Bandara Juanda.

Kapolsek Sedati AKP I Gusti Made Merta menjelaskan bahwa senpi rakitan tersebut bakal dikirimkan ke pembelinya di Jakarta. Tetapi, paketan tersebut bisa dideteksi satgaspam Bandara di Lounge Cargo Bandara. Selanjutnya, senpi rakitan bersama dengan sejumlah amunisi itu diserah terima ke Polsekta Sedati.

"Penyerahan senpi rakitan tersebut dilakukan di Posko Satgaspam Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. Saat ini senpi dan amunisi tersebut di Mapolsekta Sedati," ungkap Gusti Made disalin Vebma.com.

Penemuan tersebut langsung diteruskan dengan melakukan penggeledahan di dalam rumahnya. Polisi pun pada akhirnya menemukan senpi rakitan dengan jenis revolver dan ratusan amunisi. Senpi rakitan tersebut berasal dari air soft gun yang sudah dimodifikasi. Selama ini, senpi rakitan tersebut dijual secara online.

"Barang itu awalnya airsoft gun, dimodifikasi sendiri," tegas Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Catur Budi Baskara.

Senpi rakitan itu, dijual oleh tersangka secara online. Pada proses pengirimannya, barang itu ditulis sebagai onderdil.

"Dijual secara online, kemudian dikirim dengan mengelabui petugas dengan keterangan berbeda dan di dalamnya dicampur dengan barang-barang seperti onderdil," ungkap Catur.

Polisi mengaku masih melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang apakah tersangka ini merupakan spesialis pembuat senjata api rakitan atau bukan.

"Itu masih kita dalami, tapi kalau melihat barang-barang yang kita sita dari lokasi, sangat dimungkinkan dia paham betul tentang senjata api," tukas Catur.

"Kalau kita lihat latar belakang pendidikan yang dia punya, tersangka merupakan lulusan SD, maka dari itu kita telusuri bagaimana dia bisa membuat senjata api rakitan," lanjut Catur.

Sekarang, Joni dapat dijerat dengan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. Adapun berikut ini adalah beberapa bukti yang berhasil didapatkan polisi:

1. Ramset panjang kaliber 22 sebanyak 189 biji

2. Ramset Kosong/hampa sebanyak 26 biji

3. Ramset tajam sebanyak 30 biji

4. Laras Softgun 1 buah ukuran 12 Ml

5. Tabung gas Co2 kosong sebanyak 14 biji

6. Tabubg gas Co2 sebanyak 1 biji

7. Gotri plastik dan gotri metal sebanyak 300 butir

8. Mimis timah sebanyak 165 biji

9. 1 Pcs Revolver S&W Rakitan warna hitam

10. Gotri timah sebanyak 45 Biji

11. Amunisi Aktif Cal 38 Spesial 6 buah

12. Per Spring sebanyak 13 biji

13. Mata bor sebanyak 8 biji

14. Lem plastik stel sebanyak 2 buah

15. Sisa bubuk Ramset

16. Mata amplas sebanyak 10 biji

17. Kertas gosok amplas sebanyak 1 lembar

18. Jangka sorong digital sebanyak 1 buah

19. Tang warna kuning sebanyak 2 buah

20. Obeng kecil 1 buah

21. Kunci L sebanyak 1 buah

22. Gerinda Bor sebanyak 1 unit

23. 1 Laras Senapan Angin

24. 1 Unit Laptop merek Lenovo warna hitam

25. 1 buah batako

26. 1 Buah HP merk Xiaomi berikut simcard-ny.

27. 2 buah KTA Lumajang Shooting Club dan Viper Shooting Club An. Joni Mahendra Dusun Krajan RT 48 RW 06 Desa Jarit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang

Tags: Senjata, Rakitan

News 8 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com