Dari Iribar Hingga Kepa: Awal Era Baru Kiper Nomor 1 Spanyol?

Dari Iribar Hingga Kepa: Awal Era Baru Kiper Nomor 1 Spanyol?

Kepa Arrizabalaga jadi starter untuk dua pertandingan kualifikasi Euro 2020 bulan ini dan dia tampaknya telah menggeser tempat No.1 dari David de Gea di tim nasional Spanyol.

Kiper Chelsea itu bisa memulai era baru dan mengikuti jejak beberapa penghenti tembakan terbesar di negeri Matador. 

Sebelum Kepa, telah lahir nama-nama besar penjaga gawang milik La Roja yang menjadi pemegang No. 1 dari waktu ke waktu, mereka diantaranya:

JOSE ANGEL IRIBAR (1964-1976)

athletic-club.eus

Penjaga terbaik Athletic Club pernah memegang tempat No.1 dengan Spanyol selama total 12 tahun. Dia jadi yang utama di Euro 1964 dan di Piala Dunia pada 1966, meskipun Spanyol gagal melewati babak penyisihan grup di Piala Dunia tahun itu setelah memenangkan Euro pada tahun 1964. Iribar membuat penampilan terakhirnya untuk La Roja di perempat final Euro 1976 melawan Jerman.

MIGUEL ANGEL (1976-1978)

marca.com

Miguel Angel adalah penjaga gawang utama di Piala Dunia 1978 di Argentina saat Spanyol tersingkir di babak pertama. Dia membuat total 18 penampilan untuk negaranya.

LUIS MIGUEL ARCONADA (1978-1985)

as.com

Legenda Real Sociedad bermain di Euro 1980 dan 1984, serta Piala Dunia 1982 di Spanyol. Selama final Euro 1984, Arconada memberi Perancis peluang memenangkan gelar ketika dia membiarkan tembakan melambung masuk ke gawangnya dan menyebabkan Spanyol terus kalah 2-0. Namun, tanpa penyelamatannya, Spanyol tidak akan pernah mencapai final. Dia sangat populer di kalangan penggemar dan mendapatkan 68 caps untuk negaranya.

ANDONI ZUBIZARRETA (1985-1998)

marca.com

Sang penjaga gawang Basque telah bermain di empat edisi Piala Dunia selama karir internasional yang terhitung kurang lebih 13 tahun lamanya. Pertandingan terakhirnya sebagai seorang profesional adalah caps-nya yang ke 126 bagi Spanyol ketika mereka menghadapi Bulgaria di Piala Dunia 1998 di Prancis.

SANTIAGO CANIZARES - JOSE FRANCISCO MOLINA (1998-2000)

as.com

Pasangan ini memegang benteng antara dua era paling dominan dalam sejarah penjaga gawang Spanyol. Canizares memainkan lebih banyak pertandingan selama dua tahun sebelum Iker Casillas datang tetapi Molina menjadi yang utama dalam menjaga gawang selama Euro tahun 2000.

IKER CASILLAS (2000-2016)

marca.com

Ikon Real Madrid adalah bagian terpenting dari salah satu tim sepak bola terhebat yang pernah ada saat ia menjadi kapten Spanyol untuk tiga kemenangan turnamen utama berturut-turut, Euro 2008, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Ia membuat total 167 penampilan untuk La Roja sebelum tergeser oleh David de Gea setelah penampilan di Piala Dunia yang mengecewakan pada tahun 2014.

DAVID DE GEA (2016-2019)

marca.com

Selama 2015 dan 2016, David de Gea berganti-ganti dengan Casillas sebagai persiapan untuk Euro 2016. De Gea memenangkan pertempuran dan jadi yang utama di Perancis sebelum benar-benar menjadi No.1 setelah Casillas meninggalkan barisan. Namun, ia tidak berhasil mencapai performa seperti yang ia tunjukkan di Manchester United selama Piala Dunia tahun lalu dan sekarang ia telah kehilangan tempatnya untuk Kepa Arrizabalaga setelah total 39 pertandingan.

KEPA ARRIZABALAGA (2019-?)

marca.com

Kepa memainkan pertandingan keenamnya untuk negaranya melawan Swedia pada hari Senin dan tampaknya telah mengusir De Gea dari titik nyamannya. Dia menyelesaikan musim dengan performa impresif bersama Chelsea saat mereka memenangkan Liga Europa. De Gea sebenarnya dalam rentang usia yang sempurna (28) untuk peran utama tetapi Kepa (24) terbukti menjadi pengganti yang lebih mampu.

Sumber : marca.com

Tags: La Liga Spanyol, Berita Bola Liga Spanyol, Liga Spanyol, Piala Dunia 1986 Meksiko, Piala Dunia, Iker Casillas, Kepa Arrizabalaga, David De Gea, Timnas Spanyol, Kiper Terbaik, Kiper Muda Terbaik, Liga Europa, Euro 2020

Olahraga 6 days ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com