Olahraga Chessboxing, Sulit Tapi Disukai

Olahraga 5 months ago
Olahraga Chessboxing, Sulit Tapi Disukai

Cabang olahraga chessboxing alias catur tinju memang terbilang unik. Masa iya permainan catur digabung-gabung dengan tinju? Tapi, begitulah yang terjadi. Walaupun agak aneh dan sulit, namun di beberapa negara seperti  India, Inggris, Amerika Serikat, dan Rusia, catur tinju cukup digemari.

Catur dimainkan untuk pertama kalinya di India, ribuan tahun yang lalu. Permainan ini sangat mengandalkan kemampuan analisa dan kecerdasan, disertai kepiawaian strategi sehingga mampu menentukan langkah, trik, model serangan, rencana, risiko, dan memastikan saat yang tepat untuk berkorban demi meraih kemenangan. Sedangkan tinju yang mengandalkan kekuatan fisik, di masa lalu merupakan permainan khas bangsa Romawi, Yunani dan Mesir, dan berkembang cukup luas di berbagai negara di dunia.

Disambung Permainan Catur

Kedua cabang olahraga ini, catur dan tinju,  sangatlah berbeda. Catur mengedepankan ketajaman pemikiran, sedangkan tinju lebih mengutamakan kekuatan fisik. Namun, cabang olahraga chessboxing telah berhasil menyatukan keduanya. Bagaimana sih, caranya?

Chessboxing ditemukan untuk pertama kalinya oleh Lepe Rubigh, asal Belanda. Inspirasinya bersumber dari komik “Froid Equateur” yang ia baca. Komik itu mengisahkan mengenai kewajiban seorang petinju untuk menuntaskan seluruh ronde pertarungannya di atas ring, lalu disambung dengan permain catur.

Selanjutnya Rubigh mengembangkan olahraga ini menjadi lebih menarik. Jumlah ronde dalam pertandingan Chessboxing dipastikan sebanyak 11, dengan ketentuan 6 ronde untuk bermain catur, sementara sisanya dilanjutkan dengan tinju, dan masing-masing ronde memiliki durasi 3 menit. Tidak mudah untuk memastikan siapa yang akan keluar sebagai pemenang.

Di Bawah Pengawasan Asosiasi


Hal yang pasti, dalam olahraga ini setiap atletnya harus memiliki stamina yang oke, dengan kemampuan berpikir plus. Kalau tidak cerdas dan tidak kuat, tentu bakal sulit untuk memenangkan pertandingan. Di sinilah tantangannya, sehingga cabang olahraga yang unik ini begitu disukai di negara-negara maju.

Kompetisi cabang olahraga ini telah digelar secara rutin di beberapa negara, di bawah pengawasan asosiasi yang menaunginya, World Chess Boxing Association. Begitu populernya, sehingga saat ini, cabang catur tinju juga mulai dimainkan oleh kaum perempuan. Berminat mencoba?

Tags: Tinju, Permainan Catur, Catur Tinju

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com