Tim Papan Bawah Penghasil Pembalap Papan Atas di F1

Tim Papan Bawah Penghasil Pembalap Papan Atas di F1

Di masa dulu, F1 punya tim yang selalu berjuang di papan bawah tapi mampu bertahan bermusim – musim di F1, tidak hanya itu tim ini mampu menghasilkan pembalap berkualitas yang mempunyai karir panjang dan cemerlang, bahkan ada yang mampu menjadi juara dunia.

Tim tersebut adalah Minardi, tim asal Italia yang dibentuk oleh Giancarlo Minardi sejak tahun 1985, dan telah berpartisipasi di F1 hingga tahun 2005. Minardi menjadi tim tradisional dengan kebiasaannya yang hampir selalu menempatkan pembalap Italia dalam skuadnya setiap musim, dengan kekuatan finansial seadanya Minardi mampu melewati setiap musim dan menghasilkan pembalap – pembalap hebat, berikut list pembalap terbaik Minardi:

1. Giancarlo Fisichella


Fisichella diorbitkan oleh Minardi, debutnya dimulai pada musim balap 1996 setelah sebelumnya menjadi test driver Minardi. Kendati demikian Fisichella tidak menyelesaikan musim penuh di musim debutnya setelah digantikan oleh Giovanni Lavaggi yang membawa sponsor lebih besar untuk Minardi. Namun bakat Fisichella mulai diendus oleh tim – tim besar yang mengantarnya berkarir di Jordan, Benetton, Renault hingga Ferrari. Fisichella mengakhiri karir balap di musim 2009 dengan catatan 231 balapan dan 3 kemenangan.

Baca juga : 10 Pembalap dengan Gaji Tertinggi di Motogp 2019, Gajinya Jauh Dengan Gaji Pebalap F1?

2. Jarno Trulli


Meneruskan tradisi pembalap Italia di Minardi, Jarno Trulli merupakan suksesor Fisichella di musim balap 1997. Di musim perdananya Trulli hanya memperkuat Minardi selama 7 seri awal, sebelum ditarik Prost untuk menggantikan Olivier Panis yang patah kaki akibat kecelakaan di GP Kanada, performa bagus sebagai pembalap pengganti membuat Prost meneruskan kerja sama dengan Trulli di musim selanjutnya, sebelum akhirnya Trulli siap menapaki karir di tim besar seperti Jordan dan Renault, di Renault Trulli meraih satu – satunya kemenangan sepanjang karirnya di GP Monaco 2003. 

Setelah pindah ke Toyota dan Lotus, Trulli memutuskan pensiun di akhir 2011, yang sekaligus menandai musim 2012 untuk pertama kalinya sejak 1969 F1 tidak mempunyai pembalap Italia. Trulli mencatatkan karir di F1 dengan 256 balapan dan 1 kemenangan

3. Mark Webber


Mark Webber memulai debut di Minardi dengan membalap di tanah kelahirannya pada GP Australia 2002, Minardi yang tidak diperhitungkan berhasil dibawanya finish di posisi ke 5. di sepanjang musim Minardi dengan Webber mulai sering finish di papan tengah. Di akhir musim 2002 Webber mendapat penghargaan rookie of the year. 

Setelah menghabiskan musim penuh dengan MInardi, Webber pindah ke Jaguar dan Williams, sebelum bergabung dengan salah satu tim terbesar di F1 Red Bull di tahun 2007. Masa di Red Bull adalah puncak karirnya dengan pencapaian tertinggi posisi 3 klasemen pembalap, hingga mengakhiri karir di tim tersebut di tahun 2013. Catatan karirnya 217 balapan dan 9 kemenangan.

Baca juga : Hasil Kualifikasi Pertama GP Le Mans, Posisi Dimas Ekky Meningkat!

4. Fernando Alonso


Sebelum dikenal sebagai pembalap top, banyak yang tidak tahu jika Fernando Alonso memulai karir di F1 sebagai pembalap Minardi, debutnya dimulai di musim 2001. Menyelesaikan musim tanpa poin dengan finish terbaik ke 10, tidak dianggap sebagai hasil yang buruk sebagai pembalap Minardi. Musim 2002 Alonso diboyong Flavio Briatore ke Renault tapi tidak mendapatkan kursi pembalap utama, dan harus memulai sebagai test driver. 2003 Alonso naik menjadi pembalap utama dan periode kesuksesannya dirintis dari sini. 

Baca juga : Mengenang Kembali. Ini Dia 5 Kecelakaan Terparah Dalam Sejarah Moto GP

Alonso merusak 5 tahun dominasi Michael Schumacher dengan menjadi juara dunia di musim 2005, sekaligus menjadikannya sebagai juara dunia termuda saat itu. Alonso meraih juara dunia secara beruntun di 2006. Petualangan Alonso berlanjut Bersama Mc Laren, Ferrari, kembali lagi ke Renault dan pensiun di Mc Laren di 2018. Alonso menjadi warisan terakhir Minardi di F1, sekaligus menjadi “lulusan” terbaik Minardi dengan karir terpanjang dan prestasi terbaik, tercatat Alonso membalap sebanyak 314 balapan, dengan 32 kemenangan dan 2 juara dunia

Sebagai olahraga adu cepat memang menarik melihat pembalap – pembalap F1  yang bersaing di posisi depan, tapi mengamati pembalap dari tim semenjana yang mampu berada di tengah – tengah menjadi daya tarik lain dalam olahraga ini, pembalap seperti itulah yang suatu saat nanti akan menjadi pembalap besar. Seperti yang dihasilkan oleh Minardi bertahun – tahun yang lalu.

Tags: Minardi, Giancarlo Fisichella, Jarno Trulli, Mark Webber, Fernando Alonso

Olahraga 4 weeks ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com