Etika Saat Berkomunikasi Via Sosial Media

Opini 2 years ago
Etika Saat Berkomunikasi Via Sosial Media

Sosial media adalah era baru dalam berkomunikasi. Saling berbalas komentar dan berbagi informasi dalam hitungan menit bahkan detik. Namun terkadang ada saja kecerobohan yang dibuat pengguna sosial media yang akhirnya membawa kita sendiri kedalam masalah. Perkelahian, pengeroyokan bahkan di inapkan di hotel prodeo. Hal itu terjadi karena kita sendiri sebagai pengguna sossial media kadang abai dengan aturan dan hanya mengikuti emosi semata.

Masalah di tanjung balai misalnya, dimulai dari berita yang ternyata di buat oleh orang yang tak bertanggung jawab, dan akhirnya ditangkap dan dipenjarakan. Anda tentunya tak ingin berakhir seperti itu bukan? Maka Lakukan beberapa hal ini dan anda akan jauh dari masalah saat bersosial media.

Hindari Capslock

Pengunaan huruf besar sangat tabu digunakan. Kesan ang ditimvulkan adalah marah dan membentak. “MAKSUDNYA APA ?” bandingkan dengan ini. “Maksudnya apa?” Kesan yang dirasakan berbeda bukan? maka hati - hatilah saat mengetik, pastikan capslock tidak menyala. Bagi yang tidak tahu, capslock adalah tombol khusus di keyboard PC yang ketika ditekan akan membuat huruf yang diketik menjadi kapital semua. Jangan sampai lawan bicara sampai salah menangkap apa yang kita maksudkan, karena sosial media adalah komunikasi tulisa, bukan verbal dimana komunikasi tulisan, lawan bicara tidak dapat melihat intonasi , dan ekspresi, berbeda dengan komunikasi verbal yang kita dapat saling menerka dari mikik wajah dan ekspresi tubuh.

Bahasa Yang Santun.

Bahasa santun hanya dimiliki oleh mereka yang berkepribadian santun pula. Jika Anda berkomentar dengan kalimat yang kasar tentu hal ini akan membuat orang lain melihat Anda dengan rendah, bagaimana mereka akan melihat anda , jika anda saja tidak dapat menjaga ucapan Anda. Jaga tulisan dari penggunaan kata kata kasar. misal "dasar kamu kaki empat", " dasar kamu pasir bangunan" atau "dasar kamu besi karatan". tentu lawan bicara anda akan merasa tidak nyaman dan menjauhi anda jika anda tetap melakukan itu. Atau mungkin melaporkan anda ke pihak yang berwajib atas ujaran kasar yang anda lakukan.

Baca Juga : Inilah Alasan Anda Tak Perlu Lagi Menghubungi Mantan

Hindari Menyinggung Orang Lain.

Entah atas dasar apa banyak orang saling singgung satu sama lain di sosial media. Padahal tak ada untungnya selain rasa puas telah membuat orang lain marah. Atau inilah yang dicari? sensasi rasa puas karena telah membuat orang lain marah? Jika benar. Tentu ada yang salah dalam diri kita. Toh kita juga merasakannya sendiri bagaimana tidak enaknya disinggung oleh orang  lain.

Terima Kenyataan dan Realitas Yang Ada.

Misalnya anda adalah salah seorang partisipan politik dalam suatu pemilihan daerah , lalu orang yang anda jagokan kalah. Maka terima kenyataan dan realitas yang ada. membela membabi buta tak akan membuat kenyataan berubah. Bahkan mungkin akibat sikap Anda yang tak mau tahu dan Apa yang Anda katakan di sosial media malah membuat orang yang Anda dukung kehilangan nama baiknya.

Ujaran Kebencian

Ujaran kebencian hanyalah bentuk lain kekecewaan yang tak tersalurkan. Maka tanyakan kepada diri anda, apa yang membuat anda kecewa. Cari seribu alasan untuk membuat anda berhenti membenci. Jika tidak, anda akan berakhir dengan masalah yang rumit karena anda telah melakukan ujaran kebencian di dunia maya. Kini kekecewaan anda menuntun anda menuju sel penjara.

Pahami UU ITE

Jika ada waktu luang, baca UU ITE , karena itu adalah batasan batasan anda atau rambu rambu yang anda miliki agar terhindar dari masalah hukum saat bercengkrama di sosial media. Tak jarang orang yang berlebihan dalam berkomentar dan melewati batas rambu – rambu aturan yang berakhir di dalam pernjara. Anda tak maukan?, masuk penjara hanya karena sebuah kalimat yang Anda tulis.

Jangan Asal Share

Sembarangan membagikan informasi tanpa Anda verifikasi dahulu hanya akan menjerumuskan Anda ke dalam bahaya. Bagaimana jika berita yang anda share adalah hoax dan timbul sesuatu yang tidak di inginkan, pengrusakan atau pengeroyokan misalnya. Anda akan berurusan dengan pihak yang berwajib karena dianggap ikut serta sebagai kaki tangan pihak yang menshare informasi tak jelas tersebut.

Ingat, jaga tulisan, hindari kata -kata kasar, gunakan bahasa santun, karena mungkin apa yang kita tulis akan berdampak bagi orang lain atau diri sendiri. Dan juga jangan lupakan bahwa hati hatilah saat bersosial media, karena kecepatan jempol ternyata jauh lebih cepat daripada kecepatan otak dalam berpikir.

Tags: Media Sosial, Etika, Komunikasi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com