Jalur Sutra Khorgos mega Proyek Cina dan pengaruhnya bagi Indonesia

Opini 1 year ago
Jalur Sutra Khorgos mega Proyek Cina dan pengaruhnya bagi  Indonesia

China tengah berambisi membangun kembali Jalur Sutra sebagai pusat perdagangan Dunia, di salah satu kota terluarnya, Khorgos untuk mengembangkan julur sutra baru. Khorgos berbatasan langsung dengan Kazakhstan. Persisnya, Khorgos terletak di dua teritori  negara yakni Xianjiang, China dan daerah otonom Kazakh, Khazakhstan.

Jalur Sutra baru China
sumber : liputan 6


Dilansir dari Forbes.com minggu (28/5/2017), di Khorgos, terdapat area Khorgos Eastern Gate SE7 dengan luas 600 Hektar yang terbilang Strategis terletak diantara China dan Khazakhstan. Terdapat dry port tempat penumpukan peti kemas.

Presiden China Xi Jinping dalam kebijakan luar negrinya menyetujui langkah tersebut, termasuk pengelolaan pelabuhan Piraeus di Yunani. Januari ini, COSCO menerima 26,1 milyar US Dollar dari China Development Bank untuk Investasi lebih lanjut dalam Proyek Jalur Sutra. SOSCO merupakan salah satu Raksasa pelayaran Dunia dengan memiliki 1.100 kapal yang telah memindahkan lebih dari 1,6 Juta peti kemas per tahunnya ke 254 pelabuhan di 79 negara. Sebagai perusahaan negara atau BUMN SOSCO telah menjadi pemain aktif dalam program Belt and Road China.

Sutra China
Sumber : kompasiana


Dimassa kejayaannya, Khorgos memiliki peran vital menjadi titik temu pedagang china dan asia tengah yang selanjutnya lenyap dimakan zaman. Letak Khorgos tepat di pusat jaringan  rel trans-Eurasia menghubungkan langsung 27 kota di China dan 11 kota di Eropa.

Pelabuhan Lianyungang merupakan salah satu titik awal dari pusat perdagangan jalur sutra baru yang menghubungkan antara China dan Eropa. Jalur kereta api dan jalan raya antara Eropa bagian barat dengan China bagian Barat berlanjut ke ST. Petersburg, Rusia. Ini merupakan salah satu pelabuhan besar yang mampu memindahkan 200 juta Ton kargo dan 5 juta peti kemas per tahun. KTZ Ekpress, perusahaan logistik Kazakhstan juga ikut terlibat dalam pengoprasian terminal tersebut.

Seperti dikutip detikFinancepada rabu (17/5/2017), mentri perencanaan dan pembangunan nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebutkan, “Banyak keuntungan yang didapat Indonesia pada saat acara konferensi tingkat tinggi Belt and Road Forum Internasional di Beijing, China.

Bambang menyebutkan, salah satu leuntungan Indonesia yaitu membuat pertumbuhan Ekonomi tidak bertumpu dipulau Jawa, salah satunya dengan investasi langsung dari China. Indonesia membawa berbagai persiapan investasi seperti proyek koridor ekonomi terintegrasi, konektivitas, Industri dan pariwisata.

“jadi kita tentunya datang dengan persiapan matang, yaitu kita fokus dengan mendorong investasi China ke wilayah keluar jawa, jadi yang kita tawarkan sesuai garis besar kita ingin mengimbangi pertumbuhan ekonomi Jawa dengan luar jawa, luar jawa yang harus didorong lebih cepat, untuk mendorong lebih cepat dibutuhkan investasi dalam jumlah besar, kalau investasi yang sekarang tidak memadai maka cari sumber yang baru, karena itu kita dorong ada investasi China yang masuk ke luar jawa, terutama di daerah yang relevan dengan Belt and Road. Karena tidak semua wilayah Indonesia dianggap bagian dari Belt and Road itu.” Kata Bambang kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Keuntungan yang lain, kata Bmbang, terjadi kesepakatan investasi di sektor infrastruktur yang tingkat pengembaliannya cepat, baik swasta dengan swasta maupun swasta dengan BUMN. Salah satu Investasi yang sudah disepakati, mengenai pengembangan kawasan pariwisata di Morotai, yakni PT Jababeka dengan perusahaan hotel asal China. Keuntungan lainnya mengenai pencairan dana pinjaman proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung oleh China Development Bank (CDB).


Mega Proyek Jalur Sutra Modern China akankah bersinergi dengan ambisi Pemerintah Jokowi-Jk yang hendak membangun Indonesia menjadi pusat Maritim Dunia? Pertanyaannya adalah Investasi yang begitu besar masuk ke RI apakah bermanfaat bagi Industri Nasional, ataukah hanya bermanfaat bagi para Investor Asing saja.

Tags: Proyek, Investasi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com