Tanpa kita sadari ini yang membuat emosi kita meluap

Opini 1 year ago
Tanpa kita sadari ini yang membuat emosi kita meluap

emosi, kata sifat ini terkadang akan keluar begitu saja tanpa kita sadari tak sedikit juga orang akan mencaci maki orang lain dikarenakan tidak mampu mengatasi emosinya sendiri.  sifat emosional sendiri sebenarnya terjadi karena ada dorongan perasaan sikap atau perbuatan dari orang lain yang bertolak belakang dengan pendapat yang kita miliki sehingga timbul lah rasa tidak suka atau tidak senang dengan tindakan yang dilakukan oleh orang tersebut.  akan tetapi pada suatu kasus emosional akan meluap jika kita merasa tindakan yang dilakukan orang tersebut seolah-olah memojokkan kita atau mungkin sikap orang itu membuat kita merasa harga diri kita di injak. 

jika kita berbicara harga diri mungkin setiap orang akan memili pandangan tersendiri tentang harga diri itu, dan orang akan memiliki indikator tersendiri dari apa yang dimaksud dengan menginjak harga diri, harga diri disini adalah suatu perasaan tentang wibawa kita atau pandangan orang lain terhadap kita.

ketika kita merasa harga diri kita sudah diinjak dalam suatu keadaan tertentu tanpa kita sadari emosi kita akan mengalir begitu saja,hal ini yang akan menjadi bumerang untuk kita, karena kita tidak bisa mengendalikan emosi.  saat emosi sudah meledak kita akan sangat sulit untuk mengendalikan diri kita sendiri itu yang menyebabkan terkadang tak sedikit orang yang menyesal setelah dengan apa yang dia katakan atau ia lakukan ketika ia sedang emosi.

terkadang untuk mengatasi cara ini hanya kata "sabar" yang akan kita dengar, kata itu yang selalu di ucapkan oleh orang lain disaat berusaha untuk menenangkan kita, akan tetapi tak sedikit juga orang yang tidak akan perduli dengan kata-kata orang lain dikala emosi sudah memuncak.  jika kita tidak ingin menyesal dengan apa yang telah anda lakukan saat emosi  mungkin ini dapat membatu anda.

orang yang bisa menahan emosinya walaupun sudah tidak tahan adalah orang yang bisa mengotrol emsoi bisa dikatakan bahwa ia memili kecerdasan emosional yang tinggi, dimana orang yang seperti ini akan sangat mudah dalam menghadapi masalah. jika dilihat dari bahasan tadi salah satu yang membuat emosi kita terpancing adalah harga diri maka kita harus menanamkan dalam diri kita suatu cara untuk  dapat merubah pola pikir atau pandangan seseorang terhadap kita walaupun merubah pandangan itu tidak mudah.

tanamankan keyakinan dalam diri anda bahwa, sehebat apapun orang yang memojokkan anda hanya orang yang memiliki kecerdasan emosional lah yang bisa menentukan siapa yang terlihat "bodoh", "bodoh" disini adalah ia yang tidak bisa mengendalikan emosinya, walaupun memang terkadang hal ini sangat sulit untuk dilakukan.  akan tetapi perlahan dengan kebiasan anda menanamkan keyakinan ini anda tidak akan mengambil pusing tentang emosi seseorang yang di lampiaskan ke diri anda. 

harga diri sendiri merupakan harga mati bagi sebagian orang dimana mereka akan sangat marah dengan apa yang dilakukan orang lain kepada harga diri mereka.  mulailah bertanya pada diri anda sendiri apakah indikator yang sebenarnya pada harga diri itu sendiri, harga diri anda yang menurut anda telah diinjak oleh orang lain dan memancing emosional anda itu hanya pola pikir anda, pola pikir dimana anda merasa sudah didesak, dipojokkan dan disitu anda kalah dengan yang namanya pengendalian diri.

jadi bagi anda yang merasa emosional belum stabil sebaiknya anda bertanya pada diri anda sendiri apa yang sebenarnya membuat anda emosi, jika karena harga diri yang diinjak maka tanamkanlah orang yang cerdas adalah mereka yang bisa melihat maknda disebuat peristiwa bukan menelan mentah - mentah terhadap situasi yang terjadi.

sumber gambar

Tags: Emosi, Emosional, Pengendalian Diri

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com