masalah pada vixion, mesin brebet tidak mau di gas

masalah pada vixion, mesin brebet tidak mau di gas

Saya pengguna si vixi 2009, udah lumayan lama sih jadi kuda tunggangan saya. Maklum sudah terhitung tunggangan paruh baya, hehehe.... 




langsung ni.. ke kronologinya, beberapa hari yang lalu si vixi saya terasa beratdan sayapun langsung berfikir ohh... .... ... mungkin masalah pengapian, waduh... .... mungkin juga karna memang busi skian tahun belum saya ganti - ganti. akhirnya saya mendarat di salah satu bengkel terdekat dan langsung minta digantikan busi, sayapun minta busi yang terbaik, welehhhhh........ sipenjualpun menjawab salah satu merek busi biasa.... hhhmmmm mau gimana lagi, gpp lah saya pikir itung - itung mastiin apa bener ni busi jadi masalahnya.

panjang juga ya kronologinya,,,, heheh..... lanjut ke pembahasan. akhirnya busi dah di ganti, tapi kendala ngadat alias brebet parah tidak hilang, sayapun mulai panik. waaaduhhhh dalam benak sayab ada beberapa kemungkinan lagi ni, berharap bukan ECU yang jadi masalah. Panikpun mulai berkeliaran dalam otak.... .... Maklum kondisi dompet lagi receh. kalau di bawa ke bengkel mungkin gak nanggung nanggung ni biayanya karna gejala dan penyakitnya saya rasa gak biasa.

akhirnya kondisi dompetpun memaksa otak untuk bekerja, mulai mengorek memori otak, setidaknya punya pengetahuan sedikitlah tentang mesin ataupun perangkat elektroniknya ( sensor ). 

tadi siang tepatnya 31 Agustus 2017 saya beranikan membongkar si vixion dengan modal sedikit pengetahuan, jangan lupa bro.. ...  cara berpikir dan logika yang bener. hehehe,.... .. ..... bunkan ceramahin ya...  Sorry.. becanda.... biar gak tegang..... 

sayapun memulai melakukan pengecekan pertama pada filter udara.... nah..... setelah saya buka tu si filter ternyata masih sangat bagus... sayapun baru inget kalau baru beberapa minggu ini baru ganti filter udara. waduh... mulai bingung lagi nih... oke lanjut ke analisa selanjutnya. 

pemeriksaan selang selang udarapun saya lakukan, ada beberapa slang udara yang kejepit, wahhh .... ... mungkin ini penyebabnya, posisi slang udarapun semuanya saya benerin. dan yang pastinya tanki di bongkar ya brooooo... ... ... karna memang posisinya di bawah tanki. Sayapun mencoba memasang kembali semua yang terlepas dan mencoba menunggangi si vixi ini. aduuhhh... ... ... ternyata gak ada perubahan sama sekali.

bingungpun melanda... rokokpun menjadi bulan bulanan, kopi lo... pendampingnya.... wkkwkwk... wkwkwk,,...  

pikiranpun mulai tertuju pada suply bensin atau fuell pump alias si pompa bensin dan injektor. awalnya saya lakukan pengecekan pada pompa bensin, dan ternyata pompa masih normal dan alirannya kenceng. Naahhhhh.. ... ... satu satunya sisa prediksi pada suply bensin, sayapun menuju pada injektor, satu perangkat ini emang sedikit hati hati dalam pembongkarannya karna ni barang si kecil caberawit, cara membukanya lepaskan satu baut yang mengikat injektor, kemudian tarik injektor tersebut, tapi hati hati ketika menariknya karna ada 2 seal karet yang terpasang. memang sih agak keras.

Akhirnya kebuka ni injektornya, selanjutnya saya mencoba starter mesin dalam posisi injektor terlepas dari dudukannya tapi masih terhubung dengan slang bensin dari tangki. ketika di starter injektornya bekerja dan mengeluarkan semburan bensin, sayapun curiga sepertinya semburan bensin tidak sempurna. kemudian saya buka tu slang bensin yang terhubung ke alat ini. setelah terlepas dari slang / pipa bensin saya pun menemukan ada kerak atau kotoran pada permukaan injektor, berwarna kuning seperti bata, bentuntuk kotorannya bisa di bilang seperti serpihan kapas yang menumpuk.


selanjutnya mulai deh pembersihan pada injektor tersebut, awamnya sih saya bisa bilang permukaan injektor tersebut seperti ada filternya, disitulah kotoran menumpuk. selesailah pada tahap pembersihan, saya berharap memang inilah penyebabnya. setelah semua selesai sayapun mulai melakukan pemasangan semua bagian bagian yang telah dilepaskan tadi, karna gak tau lagi bagian mana yang mau dibongkar.

selesah lah pemasangan semuanya, si viksi mulai saya hidupkan, sambil berdo'a pulhnya si vixi.

daaaaaann  ........ ...... ...... akhirnya vixion kembali normal.

Huuuhhhhhhff... .... ... ternyata injektorlah si biang keroknya. meskipun pada saluran bensin sudah terdapat filter, tidak tertutup kemungkinan kotoran akan tetap terlewat karna filter bensin termakan usia.


semoga artikel ini bermanfaat bagi penunggang vixion lainnya........................

Tags: Tips Otomotif, Kendaraan, Bengkel, Mesin

Otomotif 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com