Pengertian, Letak Blind Spot, Cara Pemasangan Spion Blind Spot Tambahan dan Cara Mengurangi Risiko Blind Spot

Pengertian, Letak Blind Spot, Cara Pemasangan Spion Blind Spot Tambahan dan Cara Mengurangi Risiko Blind Spot

Dalam berkendara ada beberapa persyaratan kelengkapan surat-surat ijin berkendara yang harus ada dan lengkap yaitu SIM dan STNK, selain itu jika kita berkendara menggunakan kendaraan bermotor, kelengkapan pelindung diri seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu adalah hal wajib yang harus selalu di perhatikan sampai dengan kelengkapan standar pada kendaraan wajib kita penuhi. Kelengkapan standar kendaraan yang wajib dipenuhi antara lain lampu-lampu (headlamp, rear lamp, brake lamp, sein), dasbor (speedometer dll), kaca spion, dan lain sebagainya. Semua kelengkapan standar tersebut sangatlah penting fungsinya untuk kita sebagai pengendara untuk membantu pengendara di jalan raya.

Mengenal apa itu Blind Spot

Apa kalian pernah mendengar kata Blind Spot pada suatu kendaraan? Kaca spion sangat berperan penting dalam mengukur blind spot pada tiap kendaraan. Blind spot atau titik buta adalah istilah yang kerap digunakan untuk menyatakan titik kebutaan kita pada saat berkendara terhadap keadaan sekitar atau sekeliling yang dikarenakan keterbatasan indra penglihatan. Meskipun pada sebuah kendaraan telah dilengkapi dengan kaca spion namun masih ada beberapa bagian di sekelilingnya yang tidak terjangkau oleh spion tersebut karena dipengaruhi oleh dimensi atau besaran dari kaca spion tersebut dengan regulasi khusus spesifikasi spion yang tidak boleh terlalu cembung karena dikhawatirkan pantulan sinar atau cahaya akan mengganggu pengendara lain yang ada dibelakang, selain itu adanya barang bawaan yang sedang dibawa sehingga pantulan pandangan dari kaca spion tersebut menjadi terhalang.  

Letak Blind Spot

Karena regulasi khusus didasarkan oleh pabrikan maka dari tiap model atau jenis mobil memiliki blind spot yang berbeda beda. Semakin tinggi kendaraannya maka blind spot atau titik butanya semakin besar. Semakin kecil ukuran kendaraan maka makin besar pula area blind spotnya. Misalnya pada sepeda motor area blind spotnya lebih luas dibanding mobil.

1. Blind Spot umumnya pada kendaraan kecil seperti sedan dan SUV

Kendaraan nomor 1 dapat melihat kendaraan nomor 3 tapi tidak bisa melihat kendaran nomor 2 melalui kaca spion karena berada di area blind spot. Kendaraan nomor 2 hanya dapat dilihat dengan menengok ke sebelah kanan yang artinya memalingkan pandangan dari depan dan ini sangat beresiko. Area yang ditunjukan pada kondisi (a) sedikit area blind spot dari sudut pandang sopir saat akan belok kiri. Sementara area kondisi (b) sedikit area blind spot dari sudut pandang sopir saat akan belok ke kanan.

2. Blind Spot pada truk gandengan/trailer (satu container) 

Truk gandengan/trailer memiliki blind spot sangat besar. Kelemahan blind spot pada mobil yang berukuran besar terutama pada saat belok dan mundur. Blind Spot bagian bawah juga sangat besar. Kendaraan yang lebih kecil misalnya sepeda motor, sedan kecil ceper atau kendaraan kecil lainnya tidak akan terlihat oleh sopir truk gandengan/trailer ini.

3. Blind Spot pada mobil box

Pada kendaraan mobil box tidak mempunyai padangan pada spion tengah sama seprti pada truk gandeng. Jadi kendaraan jenis ini hanya bergantung pada kaca spion di kiri dan kanan mobil.  Bedanya untuk mobil box tidak terlalu tinggi seperti container/trainer sehingga bila sopir sedikit menengok ke kiri atau kanan, sopir masih dapat melihat mobil-mobil yang lebih rendah dari mobil box tersebut. 


PILIHAN EDITOR'S :


Semakin dekat jarak kendaraan mengikuti, maka semakin besar area no-zone kendaraan tersebut. artinya, jika jarak anda semakin dekat dengan kendaraan di depan, maka anda juga tidak akan terlihat. Selain itu, blind spot bukan hanya dari kendaraannya saja pengaruh lainnya yaitu lingkungan sekitar juga bisa menjadi penghalang area blind spot. Persimpangan, tikungan, area berbukit, area padat bangunan, area berdebu, kendaraan yang parkir di bahu jalan, area perumahan, lalu lintas padat, truk, SUV, MPV, bus, pemadam kebakaran, kondisi itu adalah area no-zones.

Pemasangan spion blind spot tambahan pada kendaraan

Untuk mengantisipasi blind spot biasanya digunakan spion blind spot yang unkurannya kecil dan ditempelkan pada spion utama di kanan dan kiri mobil. Cermin yang lebih cembung membuat spion ini bisa mengantisipasi titik buta. Tetapi, dalam pemasangan tambahan kaca spion ini tidak bisa begitu saja, jika salah posisi pemasangannya alih-alih menghilangkan atau menguranginya, titik buta justru akan semakin luas.

Lantas, bagaimana posisi yang benar memasang spion blind spot? Jawabannya adalah spion blind spot harus diposisikan sedemikian rupa agar tidak mengurangi pandangan kaca spion utama. Posisi yang tepat dalam memasang spion ini adalah di sisi dalam bagian atas spion utam sehingga bidang pandang kaca spion utama tidak akan terganggu. Sementara posisi yang salah dalam memasang spion blind spot adalah pada sisi luar bagian bawah kaca utama. Dengan posisi tersebut justru dapat membuat banyak objek tidak terlihat melalui kaca spion utama. Pemasangan kata tambahan ini berlaku pada kendaraan yang belum dilengkapi kaca spion jenis multivex, yaitu spion yang bersisi melengkung pada bagian luar.

Beberapa cara untuk mengurangi atau menghilangkan pengaruh blind spot yaitu:

  • Menggunakan cermin cembung sehingga pandangan dapat lebih luas walaupun dengan resiko mengaburkan persepsi pandangan terhadap jarak dari objek dalam spion tersebut
  • Menggunakan beberapa cermin (tambahan spion) sekaligus
  • Menggunakan kamera video agar dapat melihat kondisi di belakang kendaraan lebih jelas. Layarnya di tempatkan  di dashboard mobil
  • Menggunakan sensor jarak yang dapat memberikan notifikasi tertentu saat berkendara mundur.

Beberapa tips untuk pengemudi dalam mengurangi risiko blind spot jika menghadapi truk gandeng diantaranya:

  • Ketahui blind spot truk tersebut
  • Posisikan kendaraan Anda agar terlihat oleh sopir truk
  • Bersabarlah saat berada di belakang truk, kurangi kecepatan, sediakan ruang bila pandangan anda terhalang
  • Jaga jarak dengan truk, jangan terlalu dekat. Berikan jarak untuk cukup evakuasi jika terjadi sesuatu pada truk, jarak cukup saat dibutuhkan rem mendadak
  • Kaca spion truk biasanya sangat besar, anda dapat melihatnya. Jika anda dapat melihat pengemudi truk tersebut kemungkinan dia juga bisa melihat anda.
  • Tidak tergesa-gesa untuk menyalip, saat menyalip, pastikan anda tidak memotong jalur yang sedang dipakai truk. Berikan jarak yang luas agar sopir truk dapat melihat anda akan kembali ke jalur semula setelah meyalip truk tersebut
  • Jika pandangan sangat terbatas oleh debu/kabut/asap, berhenti dan pinggirkan kendaraan sampai situasi terkendali. Kemudian, jadikan kendaraan di depan sebagai indikator Anda
  • Gunakan klakson atau lampu dim agar sopir truk mengetahui posisi anda

Jadi kepada para pengemudi kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor dan pejalan kaki, diharapkan selalu waspada dan jangan sembarang nyalip lagi ya, karena tidak sedikit kasus kecelakaan di jalan diakibatkan ketidaktahuan soal blind spot ini.

Tags: Blind Spot Kendaraan, Titik Buta, Mobil, Motor, Kaca Spion, Spion Blind Spot, Pencegahan

Otomotif 9 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com