Tahu Gak Guys, Kenapa Knalpot Motor Berada Di Kanan?, Kenapa Tidak Di Kiri Aja?

Tahu Gak Guys, Kenapa Knalpot Motor Berada Di Kanan?, Kenapa Tidak Di Kiri Aja?

Halo sahabat pembaca Vebma sekalian, siapa sih yang tidak familiar dengan sepeda motor?, pilihan transportasi utama masyarakat Indonesia saat ini. Motor sendiri memiliki knalpot yang dominan berada di sebelah kanan. Mungkin tidak banyak yang memusingkan akan masalah penempatan tersebut, tetapi tentu ada juga orang – orang yang bertanya - tanya dalam hati, mengapa knalpot motor mesti di sebelah kanan?, mengapa tidak di sebelah kiri saja?.

Motor dengan knalpot di sebelah kiri sangatlah jarang ditemukan, kalaupun ada mungkin motor tersebut adalah motor khusus, atau memiliki dua knalpot, yakni kanan dan kiri. Ada juga motor yang memiliki knalpot di bagian bawah buritan, yakni tepat di bawah posisi duduk penumpang. Walaupun ada, motor dengan knalpot undertail ini hanya sedikit dan bisa dihitung jari, diantaranya Honda CBR650RR dan Yamaha R1 yang lawas tahun produksi 2010 kebawah.Ternyata penempatan knalpot ini bukan tanpa alasan lho guys.

Jika kita perhatikan, setiap motor itu memiliki system penggerak di sebelah kiri, baik itu yang matic maupun bebek dan sport. Untuk motor berpenggerak gir/rantai, rantainya ada di sebelah kiri, yang menghubungan poros pada mesin ke gear roda belakang.  Sedangkan motor matic, yang memiliki penggerak roller, juga ditempatkan di sebelah kiri, yakni tonjolan hitam yang ditutupi pada bagian kirinya.

Berbicara tentang keseimbangan, tentu kendaraan roda 2 sangat sensitive dengan kesimbangan beban antara bagian kiri dan kanan. Jadi logikanya, jika system penggerak berada di sebelah kiri, hal ini tentu akan menambah beban motor pada sebelah kiri. Dan jika ditambah lagi dengan knalpot pada bagian kiri, tentu akan menyebabkan motor berat pada sebelah kiri, dan hal sebaliknya terjadi pada body motor sebelah kanan. Dilihat dari segi bentuk dan design juga, motor akan terlihat kurang bagus dan proporsional, karena aka nada banyak aksesoris yang menumpuk di sebelah kiri, sedangkan bagian kanan kosong melompong.

Selain itu, penempatan knalpot juga dipengaruhi oleh design awal motor. Penempatan knalpot yang sembarangan bisa berbahaya. Knalpot yang berada di sebelah kanan, akan mengeluarkan tekanan, dan bagian kiri pada penggerak nya juga sudah mengeluarkan tekanan, sehingga tekanan yang keluar akan seimbang antara kanan dan kiri.

Nah, jadi penempatan knalpot di sebelah kanan bukan tanpa alasan yah guys. Semua itu sudah diperhitungkan dengan matang – matang oleh setiap pabrikan. Bukan hanya suatu kebiasaan menempatkan knalpot di sebelah kanan, tetapi karena ada beberapa faktor yang mengharuskan knalpot ditempakan di sebelah kanan. Jadi jangan bingung lagi kenapa knalpot motor ditempatkan di sebelah kanan yah guys.

Tags: Otomotif, Otomotif Indonesia, Motor, Yamaha, Honda, CBR

Otomotif 1 year ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com