Pengertian Paragraf, Jenis dan contohnya

Pengertian Paragraf, Jenis dan contohnya

Penulisan sebuah paragraf selalu disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Melalui jenis paragraf yang dituliskan selalu ada target yang ingin dicapai dari pembaca. Mulai memaparkan isi agar mudah dipahami sampai harapan agar pembaca melakukan tindakan tertentu setelah membaca sebuah tulisan.

Penulisan paragraf sangat penting dipahami, khususnya bagi pelajar. Maka materi paragraf dimasukkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia di semua tingkatan sekolah sampai perguruan tinggi.

Memahami pengertian dan jenis paragraf sangat penting untuk menghasilkan berbagai jenis tulisan. Mulai dari tulisan untuk kebutuhan karya ilmiah, karya sastra dan penulisan berita. Pembagian jenis paragraf dibedakan menjadi dua yaitu paragraf berdasarkan isi cerita dan paragraf berdasarkan letak ide pokok pikiran dalam paragraf tersebut.

Baca Juga: Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli.

Jenis Paragraf Berdasarkan Isi Cerita

Pembagian jenis paragraf berdasarkan isi cerita dan cara menggambarkan cerita dapat dibedakan menjadi lima bagian yaitu narasi, ekposisi, argumentasi, persuasi, dan deskripsi. Silahkan langsung saja simak penjelasan lengkapnya.

Paragraf Narasi

Pengertian paragraf, Jenis dan Contohnya
Paragraf Narasi
  • Pengertian

Paragraf narasi adalah paragraf yang dibuat untuk menceritakan sesuatu berdasarkan urutan kejadian. Jadi pada paragraf narasi berisi rentetan waktu yang dilalui oleh pelaku (tokoh) dalam cerita. Paragraf narasi biasanya digunakan dalam pembuatan karya sastra seperti cerita pendek dan novel atau penulisan berita yang menggambarkan kronologis suatu kejadian.

  • Contoh
Rini bergegas bangun. Jam sudah menunjukkan pukul 05.00 subuh. Segera di bergegas ke dapur mempersiapkan sarapan pagi. Selanjutnya dia membersihkan ruangan rumah sampai ke halaman. Setelah semua pekerjaannya beres. Barulah dia mandi, kemudian sarapan bersama kedua orang tuanya. Selasai sarapan dia langsung berangkat ke sekolah.

Paragraf Eksposisi

Pengertian paragraf, Jenis dan Contohnya
Paragraf eksposisi
  • Pengertian

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang dibuat untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik. Jenis paragraf ini sering ditemukan dalam penulisan berita, laporan karya ilmiah seperti makalah dan skripsi.

  • Contoh
Olahraga sepakbola merupakan olahraga yang sangat banyak peminatnya. Mulai dari kalangan anak muda sampai orang tua. Setiap ada pertandingan sepakbola selalu ramai oleh penonton. Baik yang datang langsung ke stadion, nonton bareng di lapangan terbuka, warung kopi, sampai yang menonton bersama keluarga di rumah.

Paragraf Argumentasi

Pengertian paragraf, Jenis dan Contohnya
Paragraf Argumentasi
  • Pengertian

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang dibuat untuk menuangkan ide, pikiran, atau gagasan yang disertai dengan contoh fakta yang terjadi. Jenis paragraf ini digunakan untuk menyampaikan ide-ide biasanya dituangkan dalam naskah pidato resmi dan juga karya ilmiah sebagai pendapat pribadi terhadap hasil analisis sebuah permasalahan.

  • Contoh
Jumlah kendaraan bermotor roda empat terus meningkat. Pada tahun 2016 GAKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) mencatat pertumbuhan penjualan mencapai 4.5% dari tahun sebelumnya. Sampai pada akhir tahun 2016 jumlah penjualan telah mencapai 1.06 juta unit.

Paragarf Persuasi

Pengertian paragraf, Jenis dan Contohnya
Paragraf Persuasi
  • Pengertian

Paragraf persuasi adalah paragraf yang dibuat membujuk atau mempengaruhi orang lain untuk mengambil tindakan sesuai dengan keinginan penulis. Penggunaan paragraf ini biasanya digunakan dalam membuat materi-materi iklan dan penulisan karya sastra seperti cerpen dan novel.

  • Contoh
Dampak musim hujan yang paling sering dialami masyarakat khususnya anak kecil adalah demam berdarah dan diare. Hal ini disebabkan genangan air hujan yang terjadi dimana telah menjadi sarang nyamuk. Terlebih lagi diperparah dengan banyaknya sampah. Oleh karena itu sangat diharapkan kerjasama semua masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Paragraf Dekripsi

Pengertian paragraf, Jenis dan Contohnya
Paragraf Deskripsi
  • Pengertian

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang dibuat untuk menggambarkan suatu objek tertentu yang merangsang panca indera pembacanya seolah-olah merasakan langsung. Paragraf deskripsi sangat cocok digunakan pada penulisan karya sastra, namun juga sering dijumpai pada penulisan berita.

  • Contoh
Malam itu tiba-tiba dia terbangun. Kepalanya terasa pening. Setelah perasaannya mulai tenang.Dia baru sadar bahwa dia tidak berada di rumah. Dia terjebak dalam ruangan kosong, gelap dan pengap. Sumber cahaya hanya berasal dari lubang kunci yang ada di pintu. Jendela tertutup rapat. Sementara lantai sedikit basah dan bau amis.

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Pokok Pikiran

Pembagian paragraf berdasarkan letak pokok pikiran dibedakan menjadi tiga yaitu paragraf induktif, paragraf deduktif, dan paragraf campuran. Silahkan langsung saja simak pembahasannya.

Paragraf Induktif

  • Pengertian

Paragraf induktif adalah paragraf yang ide pokok pikiran terletak pada awal kalimat. Kalimat selanjutnya adalah kalimat yang menjelaskan ide pokok tersebut.

  • Contoh
Nilai hasil ujian siswa semester dua telah dibagikan. Hanya ada 5 orang siswa yang berhasil nilai 100. Ada 2 orang siswa mendapatkan nilai yang tidak memuaskan yaitu dibawah 50. Sementara siswa lainnya rata-rata mendapatkan nilai 70 sampai 90.

Paragraf Deduktif

  • Pengertian

Paragraf deduktif adalah paragra yang ide pokok pikirannya terletak pada akhir kalimat. Kalimat pertama adalah penjelasan dari ide pokok pikiran.

  • Contoh
Kebersihan memiliki peran yang sangat penting bagi kesahatan. Penyebab penyakit datang karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan. Mulai dari penanganan sampah dilingkungan sekitar sampai kebersihan di dalam rumah. Sudah banyak orang yang terkena penyakit karena tidak menjaga kebersihan.

Paragraf Campuran

  • Pengertian

Paragraf campuran adalah paragraf yang menempatkan ide pokok pikiran pada awal dan akhir paragraf. Sementara kalimat penjelasan berada pada tengah-tengah paragraf.

  • Contoh
Prestasi belajar siswa menjadi sangat menurun. Siswa lebih senang bermain gadget daripada belajar. Banyaknya fitur-fitur dalam gadget membuat pelajar sangat tertarik. Gadget telah membawa dampak buruk bagi prestasi belajar siswa.

Pada dasarnya bahwa penulisan paragraf dapat digunakan dalam berbagai keperluan. Artinya bahwa tidak spesifik pada sebuah jenis karya. Namun ada beberapa jenis paragraf yang sangat cocok untuk karya tertentu untuk menghasilkan feedback yang baik dari pembaca.

Semoga pembahasannya mudah dimengerti dan menjadi referensi dalam pelajaran Bahasa Indonesia untuk pelajar dan umum.

Tags: Belajar Bahasa Indonesia, Kalimat, Paragraf, Belajar Paragraf

Pendidikan 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com