Opini dan 8 Macam Kecerdasan Manusia.

Pendidikan 11 months ago
Opini dan 8 Macam Kecerdasan Manusia.

Kalau kita ngomongin manusia, sepertinya tidak akan ada habisnya. Karena manusia terlahir dengan bermacam-macam keunikan yang Tuhan anugerahkan kepadanya, salah satunya kecerdasan. Kecerdasan adalah kemampuan seseorang dalam suatu bidang tertentu.

Mungkin kalian pernah melihat sebuah gambar yang di dalamnya terdapat seekor zebra, kera, anjing, harimau, gajah, dan ikan. Gambar tersebut menceritakan bahwa zebra adalah sang guru, dan hewan lainnya adalah peserta. Zebra mengadakan tes dengan menilai seberapa cepat mereka memanjat pohon. Tes tersebut tidaklah fair, karena ikan tidak mungkin bisa memanjat pohon. Maka, tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa ikan adalah binatang yang bodoh. Ikan memang tidak bisa memanjat pohon, tetapi ia paling ahli dalam berenang.

Mengetahui gambar tersebut, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan setiap insan itu tidak dapat disamakan. Kita tidak boleh hanya melihat dari satu sisi, tetapi lihatlah sisi lain. Karena tidak ada manusia yang terlahir dengan 100% kelebihan dan tidak ada manusia yang terlahir dengan 100% kelemahan. Semuanya fifty fifty, jadi berhentilah mencaci seseorang yang tidak bisa melakukan bidang yang kebanyakan orang lain bisa. Mungkin saja ia bisa melakukan bidang yang orang lain kebanyakan tidak bisa melakukannya. God is just, this is true.

Membicarakan perihal kecerdasan, perlu kita ketahui apa saja macam-macam kecerdasan manusia. Menurut seorang psikolog terkenal yaitu Prof. Howard Gardner, terdapat delapan macam kecerdasan manusia, diantaranya:

1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai menggunakan kata-kata secara efektif. Ia dapat menikmati bacaan, senang berdiskusi dan menulis, senang membumbui percakapan dengan hal-hal menarik yang baru saja ia baca atau ia dengar, dan ia senang bermain scrable atau puzzle.

2. Kecerdasan Matematis atau Logika (Number Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai dalam memecahkan masalah. Ia senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental (mencongak), senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci. Selain itu, ia juga senang bermain puzzle, cheker, dan catur.

3. Kecerdasan Visual dan Spasial (Picture  Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai dalam melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat. Ia menyukai seni, dan senang menggunakan kamera atau handycam untuk melakukan pencatatan visual.

4. Kecerdasan Kinetik-Jasmani (Body Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai dalam menggunakan tubuh secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran, dan perasaan. Ia gemar berolahraga atau melakukan kegiatan fisik lainnya, cakap dalam melakukan sesuatu walaupun seorang diri, dan senang memikirkan persoalan sambil melakukan aktivitas fisik seperti berjalan atau berlari.

5. Kecerdasan Musikal (Music Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai dalam menikmati, mengamati, membedakan, membentuk, dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Ia suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai salah satu alat musik, peka terhadap suara sumbang, dan senang mengerjakan sesuatu sambil bernyanyi.

6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai dalam mengartikan maksud tertentu, motivasi, dan perasaan orang lain. Ia senang bekerjasama dengan orang lain dalam sebuah kelompok atau komite, dan memilih belajar kelompok dibanding belajar sendiri.

7. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai dalam berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Ia sering menyendiri untuk berfikir lalu memecahkan masalahnya, mempunyai kesenangan atau hobi yang bersifat pribadi yang tidak banyak dibagikan atau diungkapkan kepada orang lain.

8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

Seseorang dengan kecerdasan ini pandai dalam mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan membuat kategori terhadap apa yang ia jumpai di alam ataupun lingkungan sekitar. Ia mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, dan senang melakukan kegiatan di luar ruangan (alam).

Nah, setelah kalian membaca macam-macam kecerdasan yang dimiliki manusia di atas, apakah kalian masih mudah menjudge seseorang itu 'bodoh'?

Be smart, be good.

Tags: #fakta, Kecerdasan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com