Tak Perlu Panik Hadapi Ujian, Jika Kamu Sudah Menerapkan 7 Program Belajar Ini Dengan Benar

Pendidikan 1 year ago
Tak Perlu Panik Hadapi Ujian, Jika Kamu Sudah Menerapkan 7 Program Belajar Ini Dengan Benar

Ujian selalu menyisakan banyak cerita bagi pelajar. Ada yang menganggap biasa-biasa bahkan cenderung cuek walaupun akan menghadapi ujian. Namun tidak sedikit pula, pelajar yang teramat cemas dalam menghadapi drama sebuah ujian. Bahkan banyak orang tua yang turut mengkhawatirkan keadaan anak-anaknya sehingga harus berbondong-bondong mengeleskan anaknya. Yang salah kaprah terlanjur saking cemasnya, terkadang orang tua akan mengisolasi anaknya dari teman bermainnya, televisi bahkan hpnya. Dan menyuruh anaknya untuk belajar dan belajar setiap saat.

Sesungguhnya ujian bukanah seperti nenek lampir, gondoruwo atau mungkin kuntilanak lho. Jadi tidak perlu ketakutan bahkan depresi untuk menghadapinya. Selama ini segala kepanikan yang terjadi hanyalah akibat kita belum mengetahui cara belajar yang benar. Sehingga tidak yakin akan kemampuan kita.

Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tips program belajar yang benar dan efektif.

Temukan Gaya Belajar Yang Paling Kamu Sukai

Gaya belajar merupakan cara belajar yang paling disukai. Menurut Barbara Phrasign (Learning Style, 2007), belajar dengan cara yang paling disukai akan membuat belajar menyenangkan. Berdasarkan alat indera yang kita miliki, bahwa kecenderungan gaya belajar yang dimiliki oleh setiap pelajar ada tiga macam : gaya belajar visual, verbal dan kinestetik.

#gaya belajar visual

Gaya belajar visual adalah gaya belajar yang mengutamakan indera visual yaitu mata. Siswa yang mempunyai gaya belajar visual ditandai dengan : suka melihat keindahan, rapi (baik penampilan maupun tulisan), suka mengamati benda dan lingkungan sekitar, suka membaca dalam hati, suka belajar dalam keheningan karena suara hanya akan memecah konsentrasinya.

#gaya belajar auditorial

Gaya belajar auditorial adalah gaya belajar yang mengutamakan kemampuan indera pendengaran yaitu telinga. Pelajar yang mempunyai gaya belajar auditorial ditandai dengan : suka mendengarkan music, suka menyanyi, suka mendengarkan ceramah maupun penjelasan guru, suka membaca keras-keras, dan suka belajar sambil mendengarkan music. Karena baginya music akan menambah konsentrasi pikirannya.

#gaya belajar kinestetik

Mungkin ada pelajar dengan tipe yang selalu usil dan iseng mengganggu teman. Nah, mereka lah pemilik gaya belajar kinestetik. Gaya belajar kinestetik ditandai dengan pelajar yang tidak mau diam duduk di tempat saja, lebih menyukai pelajaran yang berhunbungan dengan fisik seperti olahraga, suka kegiatan praktikum, suka menunjuk setiap kata yang sedang dibaca, kepalanya pun mengikuti setiap gerak jari yang sedang menunjuk tulisan yang tengah dibaca, suka mengetuk-ngetukkan pensil di meja atau bila duduk akan menggerak-gerakkan kakinya. Intinya, pelajar dengan gaya belajar kinestetik akan selalu melibatkan kegiatan fisik dalam setiap aktivitas belajarnya.

 

Bila kamu masih bingung gaya belajar mana yang kamu sukai, maka segera cermati kembali. Diingat-ingat lagi kapan kamu belajar begitu menyenangkan. Hal ini penting karena belajar dengan gaya yang kids zaman now bilang ‘Gue banget’ akan jauh lebih efektif dan menyenangkan.

Belajar Setiap Hari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kewajiban seorang pelajar adalah belajar. Meluangkan satu dua jam sehari untuk mengulang pelajaran di sekolah akan jauh lebih efektif daripada belajar seharian penuh menjelang ujian tiba.

Harus kita tahu, bahwa tidak hanya otot yang bisa lelah melainkan otak pun butuh istirahat. Tidak bisa melahap semua ilmu sekaligus jika tidak pernah dilatih terlebih dahulu.

Tambah Porsi Belajar Untuk Mata Pelajaran Yang Kurang Kamu Kuasai

Layaknya cewek atau cowok yang amat kalian sukai, maka perjuangkan mata pelajaran yang kurang kamu kuasai. Perbanyaklah waktu untuk PDKT dengannya. Tambah porsi waktu untuk memikirkan caranya. Dengan begitu, pelajaran itu akan kamu kuasai dengan sempurna.

Latihan Membuat Soal

Kemampuan menuangkan materi pelajaran dalam berbagai bentuk soal menguatkan ingatan dan konsep belajarmu semakin benar. Oleh karena itu, biasakan setelah belajar tentang suatu materi, tuangkanlah dalam bentuk soal.

Perbanyak Referensi

Jadilah seorang kutu buku. Kamu wajib mempunyai referensi lain dari buku yang ada di sekolah. Referensi bisa berupa buku cetak, buku elektronik ataupun artikel-artikel imliah yang sudah saking menjamurnya di internet. Mempunyai banyak referensi akan menguatkanmu memahami pada sebuah konsep materi pelajaran secara sistematis. Referensi penting karena antara satu referensi satu dengan yang lain akan saling melengkapi. Dengan banyanknya referensi yang kamu baca akan, ilmu yang kamu miliki akan semakin utuh.

Bantu Teman Yang Kurang Menguasai Materi

Jangan sungkan bahkan pelit jika ada temanmu yang bertanya tentang suatu ilmu. Jelaskan secara sistematis dengan bahasamu sendiri agar dia paham. Hal ini juga akan semakin menguatkan konsep dan ingatanmu dalam menguasai sebuah teori.    

Buatlah Mind Map Dari Suatu Materi Agar Semakin Menguatkan Ing atanmu

Mind map membantumu untuk mengkomunikasikan garis-garis besar materi yang telah kamu pelajari. Dan mempermudah kamu untuk belajar ketika ujian telah semakin dekat. Mind map yang berisi kata-kata kunci akan menstimulasi otak untuk memanggil kembali ingatan yang pernah kamu pelajari. So, dengan mind map kamu tak perlu membuka segunung referensi dan membaca semuanya. Kamu cukup recall apa yang selama ini sudah jauh-jauh hari dipersiapkan.

 

Jika kamu sudah menerapkan ketujuh program belajar di atas, tak perlu lah berlebihan mengisolasi diri dari dunia luar hanya karena mau ujian. Hidup tenang jauh dari kecemasan, ujian pun sukses membanggakan. Selamat mencoba!

Tags: #anakmuda, #inspirasi, #kehidupan, #belajar, #gayabelajar, #belajarefektif #belajarmenyenangkan #pelajar

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com