Unik! Sebelum beradaptasi di Padang Gurun. Unta merupakan hewan yang berhaditat di Benua Arktik

Pendidikan 1 year ago
Unik! Sebelum beradaptasi di Padang Gurun. Unta  merupakan hewan yang berhaditat  di Benua Arktik

Unta atau Onta adalah dua spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal - Camelus dromedarius, satu lagi berpunuk ganda - Camelus bactrianus) yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun. Domestikasi unta oleh manusia telah dimulai sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Pemanfaatan unta antara lain untuk diambil susu (yang memiliki nilai nutrisi lebih tinggi daripada susu sapi) serta dagingnya, dan juga digunakan sebagai hewan pekerja.

Sebelum beradaptasi di Padang Gurun. Unta  merupakan hewan yang berhaditat  di Benua Arktik.

"Unta mendapatkan gundukan mereka dari nenek moyang raksasa yang menjelajahi Arktik, bukan padang pasir, dan menyimpan lemak di punggung mereka untuk membantu mereka bertahan dalam kondisi kutub," kata seorang periset.

Dilansir dari www.history.com, fragmen tulang kaki yang ditemukan di ujung utara Kanada pada tahun 2013, menunjukkan bahwa unta modern berasal dari nenek moyang yang tinggal di Lingkaran Arktik. 30 potongan fosil tulang kaki bagian bawah milik seekor unta yang hidup 3,5 juta tahun yang lalu ditemukan oleh para periset di Pulau Ellesmere, di Arktik Tinggi Kanada. "Mamalia raksasa tersebut kemungkinan berukuran setinggi 3,5 m (11ft) dan memiliki satu punuk di mana mereka menyimpan lemak untuk membantu mereka bertahan di Arktik, pada saat daerah ini kurang dingin daripada hari ini dan ditutup dengan hutan," kata para periset.

Adaptasi evolusioner saat ini memungkinkan unta berkembang di padang pasir karena menyimpan semua lemak mereka di punggung membuat mereka tetap tenang dalam suhu yang ekstrim. Dr. Natalia Rybczynski dari Canadian Museum of Nature mengatakan: "Mungkin beberapa spesialisasi yang terlihat pada unta modern, seperti kaki datar mereka yang lebar, mata besar dan gundukan untuk lemak mungkin merupakan adaptasi yang berasal dari kehidupan di lingkungan kutub."

Tags: #kehidupan, #Hewan, #unik

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com