Diskusi - Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya

Diskusi - Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya

Kata diskusi bukanlah istilah yang asing lagi dalam kehidupan kita. Saat zaman sekolah dulu, kita sering diminta oleh guru untuk melakukan diskusi per kelompok. Nantinya setelah berdiskusi, masing-masing kelompok akan melaporkan hasil diskusinya. Namun apakah kamu paham apa itu pengertian diskusi yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian diskusi, unsur diskusi, fungsi diskusi, tujuan diskusi, manfaat dan jenis diskusi berikut ini.

Pengertian Diskusi

Kata diskusi berasal dari bahasa Latin "discatere", yang maknanya membeberkan permasalahan. Secara umum, diskusi diartikan sebagai kegiatan berbicara yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk bertukar pikiran atau ide demi meraih kesepakatan bersama. Diskusi juga bisa dilakukan untuk mencari solusi dari masalah tertentu.

Sedangkan pengertian diskusi menurut para ahli:

1. Menurut Hasibuan

Diskusi adalah kegiatan bertukar informasi yang dilakukan antara dua individu atau lebih secara tatap muka, dengan tujuan untuk mendapatkan solusi / jalan keluar.

2. Menurut Moh. Uzer Usman

Diskusi merupakan proses yang melibatkan sejumlah orang dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman, sehingga bisa mendapatkan solusi dari masalah atau topik tertentu.

3. Menurut Moh. Surya

Diskusi merupakan sebuah proses di mana seorang individu bisa berbagi pengalaman ke individu lain, dalam rangka untuk memecahkan masalah tertentu.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau diskusi adalah suatu bentuk komunikasi yang melibatkan dua individu atau lebih, yang sifatnya interaktif, serta di dalamnya terjadi proses pertukaran informasi sehingga bisa mencapai suatu tujuan.

Unsur-Unsur Diskusi

Agar sebuah diskusi bisa berlangsung dengan baik, dibutuhkan beberapa unsur penting sebagai berikut:

1. Moderator

Moderator merupakan orang yang bertugas untuk membuka dan menutup acara diskusi. Ia juga dipercaya untuk mengatur dan menjaga ketertiban suatu diskusi.

2. Pembicara (Panelis)

Pembicara bertugas untuk menyampaikan materi atau topik tertentu. Orang yang menjadi pembicara harus betul-betul menguasai materi. Jika tidak, ia akan kewalahan saat acara tanya jawab dengan para peserta.

3. Notulis

Notulis memiliki tugas untuk mencatat apasaja hal penting yang terjadi selama proses diskusi. Ia juga bertugas mencatat pertanyaan dari peserta, dan juga membuat kesimpulan dari hasil diskusi.

4. Peserta

Peserta di sini adalah orang-orang yang mengikuti acara diskusi. Mereka bisa mengajukan pertanyaan atau memberi pertanyaan pada pembicara, asalkan sesuai dengan tema yang ditentukan.

5. Materi

Materi adalah bahan yang akan disampaikan oleh pembicara. Isinya harus menyangkut permasalahan yang diangkat dalam sebuah diskusi, seperti menjelaskan inti permasalahan, menyebutkan alternatif penyelesaian, dan lain sebagainya.

6. Peralatan

Peralatan merupakan unsur yang cukup penting dalam suatu diskusi. Contohnya mircrophone, meja, kursi, proyektor dan lain sebagainya.

Fungsi Diskusi

Adapun fungsi dari diskusi adalah sebagai berikut:

1. Pemecahan masalah

Suatu diskusi biasanya dilakukan karena memiliki permasalahan yang harus segera dipecahkan. Jika tidak ada permasalahan, tentu tidak perlu dilakukan diskusi. Karena itulah, salah satu fungsi diskusi adalah untuk memecahkan masalah tertentu.

2. Pengembangan diri

Diskusi juga bisa berfungsi untuk mengembangkan diri. Sebab, pembicara akan terlatih untuk mengemukakan pendapat di depan umum. Tak hanya itu saja, diskusi juga membentuk kepribadian baik pada para anggota diskusi.

Tujuan Diskusi

Diskusi memiliki banyak sekali tujuan, di antaranya sebagai berikut:

1. Untuk menyatukan pola pikir, pendapat dari sejumlah anggota kelompok sehingga bisa mengambil keputusan yang paling tepat

2. Melatih kita agar berani mengemukakan pendapat secara logis

3. Belajar menghargai dan menerima apapun pendapat orang lain

4. Menambah wawasan atau informasi

Manfaat Diskusi

Kegiatan diskusi memiliki sejumlah manfaat, seperti:

1. Melatih kemampuan berpikir
2. Menanamkan sikap demokrasi
3. Membuat kita terbiasa untuk saling menghargai
4. Menambah ilmu pengetahuan dan juga pengalaman
5. Membuat kita berpikir kreatif dan analitis
6. Melatih kemampuan berbicara di hadapan banyak orang

Jenis-Jenis Diskusi

Adapun jenis-jenis diskusi adalah sebagai berikut:

1. Seminar

Seminar merupakan jenis diskusi resmi yang dilakukan untuk memperoleh kesepakatan atau kesamaan pandangan atas suatu masalah. Biasanya seminar dilakukan dengan cara menyajikan makalah. Nantinya para peserta akan diberikan kesempatan untuk menanggapi atau memberi pertanyaan tentang isi makalah tersebut.

2. Sarasehan

Sarasehan adalah jenis diskusi yang dilakukan dengan cara mendengarkan pendapat para ahli tentang permasalahan tertentu.

3. Diskusi panel

Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan untuk meningkatkan wawasan tentang suatu topik permasalahan yang tengah viral. Diskusi ini melibatkan beberapa orang yang ahli di bidangnya untuk bertindak sebagai pembicara. Nantinya moderator ataupun peserta diskusi bisa mengajukan pertanyaan atau menanggapi pendapat yang disampaikan pembicara.

4. Diskusi Kelompok

Sesuai dengan namanya, diskusi kelompok adalah diskusi yang dilakukan secara beramai-ramai (berkelompok). Tujuannya untuk memperoleh kesimpulan dan solusi atas masalah yang ingin dipecahkan.

5. Konferensi

Apa kamu tahu apa yang dimaksud dengan konferensi? Konverensi adalah pertemuan yang dilakukan untuk bertukar pendapat tentang suatu masalah yang sedang dihadapi bersama. Tentunya hasil dari konferensi adalah keputusan yang diinginkan dan disetujui oleh semua pihak yang terlibat.

6. Lokakarya

Lokakarya adalah jenis diskusi di mana para ahli melakukan pertemuan untuk membahas masalah tertentu yang ada di bidangnya, dengan tujuan untuk mendapat solusi.

7. Diskusi Pleno

Diskusi pleno adalah jenis diskusi di mana beberapa kelompok akan berkumpul untuk menceritakan hasil diskusi dalam kelompoknya.

8. Debat

Debat dilakukan untuk bertukar pendapat mengenai suatu pokok permasalahan. Dalam berdebat, setiap peserta akan berusaha membeberkan fakta atau bukti pendukung demi mempertahankan gagasannya.

9. Diskusi fak

Diskusi ini dilakukan dengan cara bersama-sama membahas suatu masalah dengan bimbingan seorang ahli.

10. Konggres

Kongres merupakan pertemuan antara beberapa wakil organisasi yang dilakukan demi mengambil suatu kebijakan.

11. Forum diskusi

Forum diskusi diartikan sebagai gabungan dari beberapa bentuk dialog. Jenis diskusi ini memiliki tingkat demokrasi yang cukup tinggi.

12. Diskusi Kasualis

Diskusi kasualis merupakan penelitian yang dilakukan sejumlah orang atas permasalahan tertentu yang memiliki banyak kemungkinan jalan keluar. Pada dasarnya, jenis diskusi ini dilakukan agar bisa dengan mudah menemukan jalan keluar yang tepat.

Tags: Diskusi - Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan

Pengertian 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com