Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya

Kecerdasan linguistik merupakan satu dari tujuh jenis kecerdasan yang ada dalam diri manusia. Kecerdasan linguistik memiliki keunikan tersendiri sehingga orang yang memiliki kecerdasan tersebut sangat mudah dikenali. Karakteristik yang bisa dilihat dengan mudah membuatnya sangat menonjol dibandingkan orang lain.

Peranan kecerdasan linguistik dalam kehidupan sehari-hari sangat membantu seseorang dalam berinteraksi dengan orang banyak. Mencari solusi atas masalah yang dihadapi dengan cara membaca. Menyampaikan ide, solusi dan gagasan baru dengan sangat baik. Silahkan simak pembahasan lengkap tentang kecerdasan linguistik mulai dari pengertian sampai penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya
Pengertian Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan menggunakan bahasa untuk menyampaikan ide, pendapat, gagasan atau hasil pemikiran baik dalam bentuk lisan dan tulisan.

Seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik di atas rata-rata memiliki kemampuan spesial dalam hal membuat karya tulis, berbicara di depan umum, berinteraksi dengan orang baru, dan juga memiliki kemampuan mengingat kata (nama) dengan baik.

Karakteristik Individu

Seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik lebih baik memiliki karakteristik tersendiri. Berikut ini karakteristik dari individu dengan kecerdasan linguistik di atas rata-rata.

Penguasaan Bahasa Selain Bahasa Ibu

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya
Bahasa Ibu

Seseorang yang memiliki kemampuan linguistik di atas rata-rata memiliki jumlah perbendaharaan kata yang sangat banyak. Baik itu kata yang berasal dari bahasa ibu maupun kata-kata yang berasal dari bahasa kedua dan bahasa asing.

Pada dasarnya untuk masyarakat Indonesia yang setiap suku memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Maka secara normal seseorang akan menguasai atau paling tidak tahu tentang dua jenis bahasa yaitu bahasa daerah (bahasa ibu) dan bahasa nasional (bahasa kedua).

Namun seseorang yang punya kecerdasan berbahasa lebih akan mampu menguasai berbagai bahasa daerah bahkan bahasa asing seperti bahasa inggris, bahasa arab, bahasa mandarin dan lain sebagainya.

Belajar Dengan Cara Membaca dan Menulis

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya
Membaca dan Menulis

Pada dasarnya setiap individu memiliki cara belajar tersendiri untuk memahami sesuatu. Cara belajar ini yang akan merangsang perkembangan kecerdasannya. Misalnya seorang yang suka belajar dengan cara mendengarkan kemungkinan akan meningkatkan kecerdasan dalam bidang seni, seorang yang suka belajar dengan visual gambar mungkin akan meningkatkan kemampuannya dalam hal desain, begitupun dengan seseorang yang suka belajar dengan cara menulis dan membaca akan meningkatkan kemampuan berbahasanya.

Jadi, dari cara belajar yang paling disenangi atau sering dilakukan setiap individu bisa dikenali tentang kecerdasan yang dimiliki. Maka jangan memaksakan kecerdasan seorang anak di bidang musik atau kecerdasan lain ketika sudah melihat kebiasaan belajarnya dengan cara membaca atau menulis.

Membaca Secara Efektif

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya
Membaca Efektif

Seseorang yang mampu membca secara efektif tentunya memiliki kecerdasan linguistik yang baik. Membaca merupakan proses mendapatkan informasi, menyimpan dan menganalisa informasi tersebut. Jadi, untuk mengetahui poin penting suatu tulisan dengan baik hanya bisa dilakukan dengan kecerdasan berbahasa yang baik.

Membaca efektif itu membaca dengan waktu yang singkat dan tahu isi bacaan secara keseluruhan. Tidak perlu membaca berulang-ulang, tidak harus mencatat poin pentingnya, bahkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca pun sangat singkat. Ketika ditanyakan isinya, maka akan mampu dijelaskan dengan baik isi dari bacaan tersebut tentunya dengan cara penyampaian tersendiri dan juga kata-kata sendiri.

Berbicara Secara Efektif

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya
Berbicara Efektif

Dalam hal berbicara, seorang punya kemampuan linguistik yang baik mampu berbicara dengan sangat efektif. Menjelaskan sebuah topik dengan sangat terarah. Menjelaskan solusi permasalahan dengan sangat baik dan mudah dipahami. Mengambarkan pokok permasalahan dengan sangat jelas. Bahkan saat berbicara dengan waktu yang cukup lama pendengar tidak akan merasa bosan.

Menjadi pembicara yang baik tentunya harus memiliki bekal kecerdasan linguistik. Kecerdasan itu sangat penting agar tahu kapan harus menyelipkan humor pada pembicaraan, kapan menaikkan dan menurunkan intonasi suara dan teknik berbicara lainnya. 

Mampu Mengkritisi Tulisan

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya
Mengkritisi Tulisan

Selain membaca dan berbicara salah satu karakteristik dari kecerdasan linguistik adalah mampu mengkritisi sebuah tulisan. Mengetahui kesalahan penulisan, baik itu dari penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca, struktur kalimat, sampai dengan penyampaian isi pesan dari sebuah tulisan.

Untuk mampu mengkritisi tentunya harus bisa menulis yang baik terlebih dahulu. Jadi, bisa dipastikan seseorang dengan kecerdasan linguistik juga memiliki kemampuan menulis yang sangat baik.

Menciptakan Bahasa Baru

Kecerdasan Linguistik - Pengertian, Karakteristik dan Peranannya
Menciptakan Bahasa Baru

Karakteristik terakhir dari seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik adalah mampu menciptakan bahasa baru. Bahasa yang akan diikuti oleh orang banyak dalam komunikasi. Baik diciptakan secara lisan dalam ruang rapat, pidato, maupun secara tulisan lewat karya yang dibuat.

Bahasa terus mengalami perkembangan, setiap saat bisa saja muncul bahasa baru sebaliknya beberapa kata sudah jarang dipakai. Artinya bahwa antara zaman dan penggunaan kata berbanding lurus, meski tidak semua bahasa baru bisa digunakan dalam kegiatan komunikasi resmi.

Peranan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Peranan kecerdasan linguistik dapat diterapkan dalam proses interaksi sosial dan membuat karya. Berikut ini beberapa contoh peranannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memudahkan berinteraksi baik orang yang sudah lama dikenal maupun orang baru.
  2. Mampu berbicara di depan umum baik itu sebagai pembawa acara, pengisi acara, atau dalam rapat tertentu.
  3. Mudah dalam mengingat nama-nama orang dan hal-hal yang disenangi.
  4. Selalu berusaha mencari tahu tentang masalah yang dihadapi dengan cara membaca.
  5. Suka membuat karya tulis baik berupa puisi, cerpen, catatan pribadi, artikel, esay dan lainnya.

Demikian pembahasan tentang kecerdasan linguistik. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam hal pemahaman psikologi dan kecerdasan berbahasa.

Tags: Linguistik, Pengertian

Pengertian 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com