Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia, bahkan telah menjadi bagian dari hak asasi. Perlindungan akan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak terus digalakkan. Upaya pemerintah terus menerus mengalami perubahan menuju perbaikan.

Namun apa sesungguhnya pendidikan itu? Untuk memulai kesadaran akan pentingnya sebuah pendidikan tentunya harus dimulai dengan pemahaman tentang pendidikan itu sendiri. Beberapa ahli dibidang pendidikan telah memberikan definisi tentang pendidikan itu sendiri. Dari pendapat merekalah lahir konsep-konsep pendidikan dalam upaya mencapai tujuan dari pendidikan.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dari Indonesia dan Mancanegara

Untuk memperbaharui pemahaman tentang pendidikan, berikut kami akan berbagi informasi tentang pengertian pendidikan menurut para ahli. Pendapat dari Ahli-ahli pendidikan dari dalam dan luar negeri. Karya-karya dan kerjanya mereka telah mewarnai perkembangan di dunia pendidikan.

Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai bapak pendidikan nasional. Beliau terkenal dengan semboyang "ing ngarsa sung tuladha ing madya mangun karsa Tut Wuri Handayani". Perjuangannya untuk memberikan pendidikan yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia memang sangat layak diapresiasi dengan menjadikannya sebagai bapak pendidikan nasional. Berikut pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara.

Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti ( karakter, kekuatan bathin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Pendidikan Menurut Prof. DR. H. Mahmud Yunus

Prof. DR. H. Mahmud Yunus adalah seorang ulama Indonesia, seorang pendidik dan pengajar. Karyanya yang sangat dikenal adalah kamus bahasa Arab - Indonesia dan tafsir Al-Quran. Beliau adalah ahli pendidikan islam di Indonesia. Prof. DR. H. Mahmud Yunus berpendapat bahwa.

Yang dimaksud pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi, agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara, dan agamanya.

Pendidikan Menurut KH. Ahmad Dahlan

KH. Ahmad Dahlan dikenal sebagai tokoh pendidikan Islam dan pendiri Organisasi Muhammadiyah. Namanya diabadikan sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia. Pemikiran tentang konsep pendidikan lahir karena melihat ketimpangan dari perbedaan lulusan dari pendidikan pesantren dan lulusan dari sekolah bentukan Belanda. Lulusan pesantren menguasai ilmu agama tetapi tidak menguasai ilmu umum sedangkan lulusan sekolah Belanda menguasai ilmu umum tetapi tidak menguasai ilmu agama. Maka Ahmad Dahlan berpendapat bahwa.

Tujuan pendidikan yang sempurna adalah melahirkan individu yang utuh menguasai ilmu agama dan ilmu umum, marerial dan spiritual serta dunia dan akhirat.

Pendidikan Menurut KH. Hasyim Asy'ari

KH. Hasyim Asy'ari merupakan salah satu pahlawan nasional dan pendiri Organisasi Islam Nadhatul Ulama (NU). Pemikiran tentang pendidikan lebih ditekankan pada pengaplikasian atau mengamalkan ilmu yang didapatkan dari hasil pendidikan. Pemikiran KH Hasyim Asy'ari adalah.

Urgensi pendidikan terletak bagaimana memberi kontribusi pada masyarakat berbudaya dan beretika jadi tujuan mempelajari ilmu adalah untuk diamalkan.

Pendidikan Menurut R.A Kartini

R.A Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita, bahkan hari lahir kartini selalu diperingati dengan menggunakan baju kebaya yang dikenal sebagai hari kartini. Pemikiran Kartini tentang pendidikan lebih diarahkan pada persamaan hak untuk mendapatkan pendidikan. Bahwa pendidikan bukan hanya untuk kaum pria saja. Pemikiran tentang pendidikan R.A Kartini dapat ditemukan dalam kumpulan surat-suratnya yang dikenal dengan 'Habis gelap Terbitlah Terang'. petikan gagasan tentang pendidikan wanita dalam suratnya adalah.

Kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak perempuan, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak-anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama.

Pendidikan Menurut Dewi Sartika

Sama halnya dengan Kartini, Dewi Sartika juga dianugrahi gelar sebagai pahlawan nasional. Perjuangannya terhadap persamaan hak antara pria dan wanita untuk mendapatkan pendidikan. Dewi Sartika juga berpendapat bahwa kaum perempuan juga harusnya mendapatkan pendidikan karena ditangannyalah pendidikan pertama diberikan kepada anak-anak. Kutipan pemikiran Dewi Sartika tentang pendidikan.

Bagaimana caranya agar bangsa kita bertambah maju? Hal itu oleh para pembesar sudah dipikirkan, yaitu kaum wanitanya harus maju pula, pintar seperti kaum laki-laki, sebab kaum wanita itu akan menjadi ibu. Merekalah yang paling dahulu mengajarkan pengetahuan kepada manusia, yaitu kepada anak-anak mereka, laki-laki maupun perempuan.

Pengertian Pendidikan Menurut Martinus Jan Langeveld

Prof. Dr. Martinus Jan Langeveld adalah seorang ahli Pedagogi berkebangsaan Belanda. Pemikirannya dituangkan dalam karyanya yang berjudul Beknopte Theoretische Pedagogiek. Pemikiran langeveld dalam dunia pendidikan sangat banyak mempengaruhi konsep pendidikan di dunia. Pendidikan menurut M.J Langeveld adalah

Pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.

Pengertian Pendidikan Menurut John Dewey

John Dewey merupakan filsuf dari Amerika Serikat, yang termasuk dalam mazhab pragmatisme. Karyanya yang terkenal dalam bidang pendidikan adalah experience and education. Dewey lebih melihat pendidikan sebagai sebuah rangkaian pengalaman manusia. Pendidikan menurut John Dewey adalah

Pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

Pengertian Pendidikan Menurut Theodere Brameld

Theodere Brameld adalah seorang penulis yang memiliki peran kuat dalam filsafat pendidikan di Amerika. Karyanya yang terkenal adalah Education As Power. Beliu melihat pendidikan jauh lebih kompleks, tidak terbatas dalam aktivitas sekolah saja. Melihat pendidikan dari sudut formal, informal dan non formal. Pendidikan menurut Theodere Brameld adalah

Pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja. Pendidikan adalah suatu aktivitas sosial yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan berkembang. Di dalam masyarakat yang kompleks, fungsi pendidikan ini mengalami spesialisasi dan melembaga dengan pendidikan formal yang senantiasa tetap berhubungan dengan proses pendidikan informal di luar sekolah.

Pengertian Pendidikan Menurut Plato

Plato merupakan salah satu filsuf Yunani yang pemikirannya banyak berpengaruh terhadap perkembangan cara berpikir manusia. Plato merupakan pendiri sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat yaitu Akademi Platonik di Athena. Pemikirannya yang sangat penting dikenal dengan sebutan teori bentuk atau teori ide. Pendidikan menurut Plato adalah

Pendidikan adalah proses yang dilakukan seumur hidup yang dimulai dari proses lahir hingga kematian, yang akan membuat seseorang bersemangat dalama mewujudkan warga negara yang ideal dan mengajarkannya bagaimana cara memimpin dan mematuhi yang benar.

Pengertian Pendidikan Lainnya

Sebagai tambahan untuk pengertian pendidikan selain dari para ahli. Kami juga menambahkan pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan menurut Undang-undang.

Pendidikan Menurut KBBI

Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.

Pendidikan Menurut Undang-undang

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik,  pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan,dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.

Nah itulah pengertian pendidikan menurut Para Ahli baik tokoh-tokoh dalam negeri maupun tokoh dari luar negeri. Semoga bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bermanfaat.

Tags: Pendidikan, Arti Pendidikan

Pengertian 4 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com