Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya

Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya

Psikologi anak memiliki kajian yang sangat luas dan memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai cabang ilmu psikologi lai seperti psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi klinis, dan psikologi sosial. Meskipun begitu kajian psikologi anak tetap mempunyai titik fokus yang membedakannya dengan cabang psikologi lain.

Psikologi anak lebih fokus pada perkembangan anak. Perkembangan anak terjadi berdasarkan apa yang diajarkan secara langsung oleh orang terdekat, apa yang diamati dari lingkungan sosialnya, dan rangsangan yang diberikan. Rangsangan yang sifatnya langsung bersentuhan secara psikologis seperti penghargaan dan hukuman.

Pengertian Psikologi Anak

Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya
Pengertian Psikologi Anak

Untuk menjelaskan tentang pengertian psikologi anak maka terlebih dahulu diketahui tentang definisi anak. Berikut ini beberapa pengertian tentang anak.

  1. Menurut undang-undang kesejahteraan, perlindungan dan pengadilan anak, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun termasuk janin yang masih berada dalam kandungan.
  2. UNICEF mendefenisikan anak sebagai penduduk yang berusia antara 0-18 tahun.
  3. Sumber dari wikipedia mengatakan bahwa anak adalah seorang laki-laki atau perempuan yang belum dewasa atau belum mengalami masa pubertas.
  4. Menurut John Locke anak adalah pribadi yang masih bersih dan peka terhadap rangsa-rangsangan yang berasal dari lingkungan.
  5. Sobur mengartikan anak sebagai orang yang mempunyai pikiran, perasaan, sikap, dan minat berbeda dengan orang dewasa dengan segala keterbatasan.
  6. Haditono berpendapat bahwa anak merupakan makhluk yang membutuhkan pemeliharaan, kasih sayang dan tempat bagi perkembangannya.

Dari pengertian anak di atas dan dihubungkan dengan pengertian psikologi secara umum, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi anak adalah cabang ilmu psikologi yang fokus mempelajari perkembangan dan interaksi anak, yang berusia 0-18 tahun.

Teori Psikologi Anak

Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya
Teori Psikologi Anak

Ada empat teori yang berkembang terkait psikologi anak yaitu teori psikoanalitik, teori perkembangan perilaku, teori kognitif, dan teori perkembangan sosial. Teori tersebut dikembangkan oleh alhi psikologi yang mempunyai fokus kajian yang berbeda-beda. Selengkapnya tentang teori psikologi tersebut adalah sebagai berikut.

Teori Psikoanalitik

Teori psikoanalitik dikembangkan oleh Sigmund Freud dan Erik Erikson. Teori psikoanalitik berfokus pada kajian yang berhubungan dengan hal-hal yang berada pada awal bawa sadar dan pembentukan ego.

Freud lebih fokus pada tahapan perkembangan anak mulai masa oral, anal, phallic, latency, dan genital. Setiap tahapan perkembangan anak dapat diukur berdasarkan kemampuan anak melakukan sesuatu pada tahapan tertentu. Misalnya pada tahapan oral anak selalu berusaha memasukkan setiap benda yang berhasil diraihnya ke dalam mulut.

Sementara Erikson lebih condong mengkaji pada pemecahan konflik dan pembentukan identitas pribadi. Konflik yang didapatkan pada masa remaja akan membentuk identitas pribadi anak selanjutnya. Keberhasilan atau kegagalan dalam menghadapi konflik akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian pada tahapan selanjutnya.

Teori Perkembangan Perilaku

Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya
Teori Perkembangan Perilaku

Teori perkembangan perilaku anak dikembangkan dari beberapa ahli seperti J.B Watson, Ivan Pavlov, dan B.F Skinner. Teori perkembangan perilaku mengkaji hal-hal yang bisa diamati seperti reaksi terhadap penghargaan, stimulus, hukuman, penguatan dan lainnya.

Dari teori ini ditemukan perbedaan perkembangan perilaku anak berdasarkan stimulus yang diberikan. Maka terbentuk perbedaan perilaku, sikap dan kepribadian anak yang sering mendapatkan penghargaan dengan anak yang sering mendapatkan hukuman.

Teori Perkembangan Kognitif

Teori perkembangan kognitif anak dikembangkan oleh Jean Peaget. Menurut Pieget anak adalah "ilmuan kecil" yang secara aktif membangun pengetahuan dan pemahamannya tentang dunia.

Melalui pengamatan secara langsung terhadap lingkungan anak mempelajari banyak hal. Mengumpulkan dalam memorinya dan membentuk sebuah persepsi dan imajinasi sehingga terbentuk sebuah konsep yang utuh.

Teori Perkembangan Sosial

Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya
Teori Perkembangan Sosial

Teori perkembangan sosial anak mengkaji hubungan anak dengan lingkungan sekitar anak seperti orang tua, pengasuh, dan lingkungan sosial lainnya. Beberapa teori perkembangan sosial yang dikembangkan para ahli adalah sebagai berikut:

Teori kelekatan yang dikembangkan oleh John Bowlby.

Menurut Bowlby kedekatan anak dengan orang-orang yang mengasuhnya baik itu orang tua, pengasuh atau siapapun yang bersama-sama dengan anak akan sangat berpengaruh terhadap hubungan sosialnya selanjutnya.

Teori pembelajaran sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura.

Menurut Badura anak akan mendapatkan perilaku baru berdasarkan hasil pengamatan terhadap lingkungan sosial, melalui proses belajar. Selain itu faktor internal anak juga akan sangat berpengaruh seperti rasa bangga, kepuasan, dan pencapaian hasil belajar.

Teori sosiokultural yang dikembangkan oleh Lev Vygotsky.

Vygotsy mengemukan sebuah teori yang lebih kompleks bahwa perilaku anak terbentuk dari proses kognitif yang juga sangat dipengaruhi oleh faktor kedektan dengan pengasuhnya.

Penerapan Psikologi Anak

Psikologi Anak - Pengertian, Teori, Penerapan dan Penjelasannya
Penerapan Psikologi Anak

Psikologi anak bukan sekedar disiplin ilmu teoritis tetapi juga terapan. Penerapannya dilakukan di rumah, di sekolah dan rumah sakit.

Penerapan di rumah

Penerapan psikologi anak di rumah sangat erat hubungannya dengan psikologi sosial. Dimana anak akan belajar membangun interaksi dengan orang-orang terdekat. Membentuk perilaku berdasarkan apa yang diamati dan ditiru dari lingkungan terdekatnya. Selain itu anak juga akan membentuk kepribadian berdasarkan apa yang diajarkan oleh orang terdekat dan lingkungannya.

Penerapan di Sekolah

Penerapan psikologi anak di sekolah sangat berkaitan dengan psikologi pendidikan. Seorang anak akan dididik berdasarkan keinginan, bakat dan minat. Pengukuran hasil pencapaian proses belajar dan juga perilaku.

Penerapan di Rumah Sakit

Penerapan psikologi anak di rumah sakit memiliki hubungan kuat dengan psikologi kliniks. Penerapannya dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap masalah biologis, psikologis dan sosial. Pengamatan dilakukan secara individual untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh anak.

Demikian pembahasan tentang psikologi Anak, pengertian, teori dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menjadi referensi dalam belajar psikologi dan parenting.

Tags: Pengertian, Teori, Penerapan, Psikologi

Pengertian 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com