Psikologi Sosial - Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian, Teori, dan Konsep

Psikologi Sosial - Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian, Teori, dan Konsep

Psikologi sosial memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang aman dan damai. Melalui salah satu cabang dari disiplin ilmu psikologi yang satu ini, perbedaan individu mampu dirumuskan sebagai sebuah alat pemersatu. Menjelaskan bahwa perbedaan individu menjadi alasan kenapa harus berinteraksi dalam lingkungan sosial, dimana setiap individu saling membutuhkan satu sama lainnya.

Meskipun begitu psikologi sosial tetap memiliki batasan sehingga tidak masuk pada wilayah kajian sosiologi yang memiliki ruang lingkup kajian yang lebih kompleks. Untuk memahami psikologi sosial, silahkan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Pengertian Psikologi Sosial

Psikologi Sosial - Pengertian, Teori, Ruang Lingkup dan Konsepnya
Pengertian Psikologi Sosial

Berikut ini beberapa pengertian psikologi sosial menurut para ahli:

  1. Menurut Shaw dan Costanzo psikologi sosial merupakan ilmu sosial yang mempelajari tentang tingkah laku individu yang merupakan ransangan sosial.
  2. Gordon W. Allport menyatakan bahwa psikologi sosial merupakan ilmu pengetahuan yang berusaha mengerti bagaimana pikiran, perasaan, dan tingkah laku individu dipengaruhi oleh kenyataan atau kehadiran orang lain.
  3. Kimbal Young berpendapat bahwa psikologi sosial merupakan studi tentang proses interaksi individu.

Dari beberapa pendapat ahli di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa psikologi sosial adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang secara khusus meneliti dampak atau pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku setiap individu.

Teori Psikologi Sosial

Psikologi Sosial - Pengertian, Teori, Ruang Lingkup dan Konsepnya
Teori Psikologi Sosial

Untuk mempelajari psikologi sosial sosial terdapat beberapa teori yang berkembang dan sering digunakan untuk menganalisa tingkah laku individu dalam perilaku sosial. Teori tersebut adalah teori genetik, teori stimulus - repson, teori kognitif, teori belajar sosial, dan teori psiko analisa. Pembahasan dari teori tersebut adalah sebagai berikut.

Teori Genetik

Teori genetik menekankan kajian perilaku manusia berdasarkan pembawaan sejak lahir. Teori ini berpendapat bahwa manusia pada dasarnya memiliki kemampuan bawaan lahir untuk dalam membentuk tingkah laku sosial. Insting manusia sangat penting dalam berbagai bentuk perlindungan terhadap adanya ancaman dari lingkungan sosial.

Teori Stimulus - Respon

Teori stimulus respon menekankan bahwa manusia menerima stimulus dan memberikan respon secara berkelanjutan. Sebagai contoh seseorang yang diberikan stimulus berupa reward pada kesempatan pertama akan memberikan respon yang baik. Hal itu akan dilakukan pada kesempatan berikutnya jika mendapatkan stimulus yang sama.

Teori Kognitif

Teori kognitif berpandangan bahwa individu memiliki kemampuan melakukan pengamatan terhadap situasi sosial. Dari hasil pengamatan tersebut akan terbentuk sebuah persepsi yang akan melahirkan tindakan pada situasi sosial tersebut. 

Teori Belajar Sosial

Teori belajar sosial berpendapat bahwa perilaku individu dalam menghadapi situasi sosial didasarkan pada pengalaman sebelumnya. Artinya bahwa jika seseorang pernah menemukan situasi sosial yang sama sebelumnya maka dia akan berperilaku yang sama.

Teori Psikoanalisa

Teori psiko analisa teori ini digunakan untuk menganalisa tingkah laku sosial. Teori ini didasarkan pada pendapat Sigmun Freud yang mengatakan bahwa terdapat pertentangan yang mendasar antara pemuasan keinginan-keinginan dan kebutuhan-kebutuhan individual dengan kesiapan masyarakat dalam memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Ruang Lingkup Psikologi Sosial

Psikologi Sosial - Pengertian, Teori, Ruang Lingkup dan Konsepnya
Ruang Lingkup Psikologi Sosial

Psikologi sosial memiliki batasan pembahasan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan cabang psikologi lainnya. Shaw dan Constanzo membagi ruang lingkup psikologi sosial menjadi tiga, yaitu:

Studi tentang pengaruh sosial terhadap proses pada individu.

Studi ini mengacu pada pada cara manusia menciptakan sebuah persepsi terhadap lingkungan dan motivasi belajar.Dari studi ini diketahui cara manusia belajar dari lingkungan dan mempersiapkan perilaku yang tepat ketika menemukan situasi sosial yang sama.

Studi tentang proses proses individu bersama.

Studi ini mengkaji tentang penggunaan bahasa, perilaku individu dalam masyarakat, dan sikap setiap individu. Dalam studi ini dapat diketahui bagaimana manusia bisa berinteraksi dalam lingkungan sosial.

Studi tentang interaksi dalam kelompok.

Studi ini membahas tentang cara individu berkomunikasi, membangun kerjasama, menghadapi persaingan dan mempersiapkan diri menjadi atau memilih seorang pemimpin. 

Konsep Psikologi Sosial

Psikologi Sosial - Pengertian, Teori, Ruang Lingkup dan Konsepnya
Konsep Psikologi Sosial

Setiap individu memiliki keunikan masing-masing. Maka dalam satu lingkungan sosial ditemukan beragam karakter individu yang saling berinteraksi satu sama lain. Perbedaan individu inilah yang menjadi perhatian utama dari kajian psikologi sosial.

Konsep dasar yang menjadi kajian psikologi sosial adalah sebagai berikut:

  1. Emosi Terhadap Objek Sosial
  2. Perhatian
  3. Minat
  4. Kemauan
  5. Motivasi
  6. Kecerdasan dalam menghadapi perubahan sosial
  7. Kesadaran
  8. Harga diri
  9. Sikap mental
  10. Kepribadian

Manfaat Psikologi Sosial

Psikologi Sosial - Pengertian, Teori, Ruang Lingkup dan Konsepnya
Manfaat Psikologi Sosial

Manfaat psikologi sosial sangat penting dalam membangun tatanan sosial. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dari adanya kajian tentang psikologi sosial.

Sebagai Pedoman Dasar Membangun Hubungan

Melalui psikologi sosial dapat dirumuskan sebuah aturan dasar yang menjadi pedoman perilaku individu dalam berinteraksi dengan individu lain atau kelompok. Aturan tentang wajar atau tidak, benar dan salah, baik dan buruk semua didasarkan pada pendekatan psikologi atas dampak yang bisa dihasilkan dari sebuah interaksi.

Mencegah Terjadinya Konflik

Dengan adanya pedoman yang berlaku dan dipahami secara umum dalam lingkungan sosial, maka secara tidak langsung menjadi sarana untuk mencegah terjadinya konflik. Baik itu konflik antara satu individu dengan individu lain, antara individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

Mengatasi konflik yang terjadi

Ketika sebuah konflik terjadi maka penanganan masalah atau pemberian solusi didasarkan pada psikologi. Bagaimana memberikan pemahaman tentang adanya perbedaan kepentingan, tanggapan, pendapat, persepsi dan lainnya terhadap situasi sosial.

Memahami Makna Perbedaan

Hal yang paling penting adalah dengan adanya psikologi sosial maka dapat dijelaskan perbedaan antara satu individu dengan individu lainnya. Perbedaan yang harus diterima sebagai suatu bentuk keunikan sosial dan sebagai dasar untuk bisa bekerja atau berinteraksi bersama baik atas nama individual maupun kelompok.

Demikian pembahasan tentang Psikologi Sosial lengkap dengan pengertian, teori, ruang lingkup dan konsepnya. Semoga bisa menjadi referensi dalam belajar ilmu psikologi dan sosiologi.

Tags: Psikologi Sosial, Pengertian

Pengertian 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com