Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori

Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori

Teori identitas sosial merupakan salah satu bentuk dari teori-teori yang ada dalam psikologi. Memahami teori identitas sosial membantu memahami bahwa seorang individu tidak akan mampu hidup sendiri, tetapi membutuhkan orang lain. Selain itu dengan memahami teori ini juga akan mampu memilih bergabung dalam sebuah kelompok, menempatkan diri dalam kelompok dan melakukan interaksi dalam sebuah kelompok.

Materi tentang teori identitas dimulai dari pengenalan identitas secara pribadi, identitas, sosial, mengenal tokoh teori identitas sosial dan kategori sosial. Pembahasan selengkapnya adalah sebgai berikut.

Pengertian Teori Identitas Sosial

Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori
Pengertian Teori Identitas Sosial

Pengertian teori identitas sosial dapat diketahui dengan memahami terlebih dahulu identitas dan identitas sosial. Untuk melihat arti dari identitas dan identitas dapat dilihat dari pendapat para ahli psikologi yang mengkaji masalah identitas sosial. Beberapa pendapat ahli tentang identitas dan identitas sosial adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Psikologi Sosial - Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian, Teori dan Konsep.

Pengertian Identitas

Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori
Pengertian Identitas

Pengertian identitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang. Sedangkan menurut Erikson identitas dibagi menjadi dua yaitu identitas pribadi dan identitas ego.

Lebih lanjut Erikson menjelaskan bahwa identitas pribadi adalah identitas yang berpangkal pada pengalaman langsung meskipun mengalami perubahan seiring perjalanan waktu identitas tetap bertahan sebagai pribadi yang sama sementara identitas ego adalah identitas pribadi baru yang disertai dengan kualitas eksistensial sebagai subjek yang otonom, yang mampu menyelesaikan konflik-konflik di dalam batinnya sendiri dan masyarakatnya.

Pendapat lain tentang identitas disampaikan oleh Jacques Lacan. Menurut Lacan awal pengenalan identitas diri hadir apabila seseorang telah mengalami apa yang disebut fase cermin. Fase cermin berlangsung dalam bentuk keterbelahan antara aku yang melihat dan aku yang dilihat, sehingga dalam posisi ini sangatlah penting mengenalkan anak-anak akan yang dimaksud dengan identitas.

Artinya bahwa pada dasarnya identitas seseorang didapatkan berdasarkan bawaan dari lahir dan hasil pencarian identitas. Identitas bawaan lahir sudah menjadi kodrat dan tidak dapat dirubah sedangkan identitas hasil pencarian bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung keinginan manusia memilih dan memilah identitas sesuai dengan kepribadiannya.

Pengertian Identitas Sosial

Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori
Pengertian Identitas Sosial

Pengertian identitas menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Identitas sosial menurut Tajfel adalah bagian dari konsep masing-masing individu yang berasal dari keanggotaannya dan berada dalam satu kelompok sosial dimana kelompok sosial tersebut dan nilai serta signifikasi emosional yang ada dilekatkan dalam keanggotaan tersebut.
  2. Menurut Burke & Stets identitas sosial termasuk ke dalam kategorisasi diri dalam kelompok, selain itu lebih terfokus kepada makna yang terkait kategorisasi-diri dalam hal kelompok, dan lebih terfokus pada makna yang terkait dalam menjadi anggota kategori sosial.
  3. Menurut Sarben & Allen (1968), identitas sosial juga berfungsi sebagai pengacu keberadaan posisi seseorang berada, di mana dia berada, di tingkatan mana kita berada, posisi seperti apa saja yang keberadaannya sama dengan kita dan mana juga yang berbeda.

Identitas sosial membuat individu masuk dalam kelompok sosial tertentu berdasarkan karakteristik yang dimilikinya. Seorang individu bisa memilih untuk masuk dalam identitas sosial tertentu atau dikategorikan berdasarkan karakteristik atau kesamaan yang dimiliki dengan individu yang ada dalam kategori sosial tertentu.

Teori Identitas Sosial

Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori
Teori Identitas Sosial

Teori identitas sosial berusaha menjelaskan bahwa individu dalam kehidupan sosial tidak dianggap sebaga individu yang mutlak, tetapi merupakan dari bagian kelompok sosial. Identitas yang dikenal dalam kehidupan masyarakat terdiri dari identitas bawaan lahir dan identitas yang didapatkan lewat proses pencarian.

Identitas yang didapatkan sejak lahir seperti jenis kelamin dan warna kulit selanjutnya identitas yang bisa didapatkan lewat pencarian bisa berupa gelar atau pekerjaan. Semua itu terbentuk dan masuk menjadi bagian dari kelompok sosial.

Identitas sosial sebagai teori menjelaskan bahwa seorang individu akan berupaya membandingkan dirinya dengan individu lain dalam kelompoknya. Perbandingan ini bisa dilihat dari berbagai bentuk keunggulan misalnya wanita yang selalu merasa lebih cantik dari wanita lain, karyawan yang selalu merasa lebih baik pekerjaannya dari karyawan lain.

Menurut Wenholt ada tiga komponen yang membuat individu memilah dan menetap dari satu identitas, yaitu sebagai berikut:

  1. Komponen struktur sosial.
  2. Komponen budaya.
  3. Definisi Ontologis.

Tokoh Teori Identitas Sosial

Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori
Henry Tajfel

Tokoh teori identitas sosial adalah Henry Tajfel seorang lulusan ilmu kimia dari Universitas Sarbone, prancis. Tajfel lahir di Wloclawek , Polandia pada tanggal 22 Juni 1919. Pada akhir tahun 1950 Tajfel mulai belajar psikologi dan berhasil meraih predikat kelulusan terbaik pada universitas London. Tiga pemikiran tajfel dianggap merupakan pengaruh dari perjalanan hidupnya yaitu:

  1. Asosiasi nilai dengan objek fisik tidak selalu memberikan persepsi yang berlebihan dalam perbandingannya terhahadap stimulus yang netral atau terhadap ukuran yang obejekjtif.
  2. Distorsi dalam persepsi tidak selalu berasal dari satu arah. 
  3. Membedakan atara penilaian persepsi interserial dengan intraserial.

Kategori Sosial

Teori Identitas Sosial - Pengertian Dan Kategori
Kategori Sosial

Kategori sosial adalah pengelompokan individu dalam satuan sosial berdasarkan satu atau lebih ciri-ciri objektif yang sama. Ciri-ciri objektif tersebut bisa dilihat dari ciri-ciri fisik, jenis kelamin, umur, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan dan lainnya.

Kategori sosial dimaksudkan untuk mengelompokkan individu berdasarkan ciri-cirinya. Terlepas dari persoalan individu tersebut ingin dikelompokkan atau tidak. Karena secara teori setiap individu sudah diklasifikasikan berdasarkan ciri-ciri tertentu yang membuatnya berbeda dan memiliki kesamaan dengan individu lain.

Pengkategorian ini bisa saja berdampak positif dan negatif. Kategorisasi memberikan dampak yang positif yaitu membantu individu untuk mengenali kelompoknya berdasarkan ciri-ciri yang bisa dikenali. Misalnya dari segi bahasa seseorang akan secara langsung masuk dalam kategori yang memiliki bahasa ibu yang sama. Dampak negatif dari kategorisasi sosial bisa terjadi karena adanya prasangka dan diskriminasi terhadap anggota kelompok.

Demikian pembahasan tentang teori identitas sosial semoga bisa menambah wawasan tentang psikologi dan juga membantu menentukan sikap terhadap pemilihan identitas diri dalam identitas sosial.

Tags: Teori, Indentitas Sosial

Pengertian 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com