Berikut 10 Konsep Esensial Geografi yang wajib Diketahui Calon Geograf

Berikut 10 Konsep Esensial Geografi yang wajib Diketahui Calon Geograf

Geografi juga memiliki konsep untuk mengkaji objek kajiannya. Konsep ini disebut dengan konsep esensial geografi. Geografi mempunyai 10 konsep dalam mengkaji objek kajiannya. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Konsep Lokasi

Geografi mempelajari tentang ruang hidup. Lokasi merupakan ruang kehidupan yang di dalamnya terjadi interaksi antara manusia dengan lingkungan fisiknya. Konsep ini menjadi ciri khusus ilmu pengetahuan geografi. Lokasi dibedakan menjadi dua yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.

2. Konsep Jarak

Jarak berkaitan erat dengan lokasi. Dalam ilmu geografi jarak menjadi pemisah antar lokasi. Namun seiring dengan kemajuan teknologi jarak sudah tidak lagi menjadi faktor utama sebagai pemisah antara dua lokasi. Hal tersebut dikarenakan akses komunikasi yang memungkinkan sebuah komunikasi tanpa harus bertemu secara langsung.

3. Konsep Keterjangkauan

Konsep ini menekankan pada kondisi medan menuju suatu lokasi. Kondisi medan dipengaruhi oleh topografi wilayah yang dilewati, misalnya dataran tinggi, dataran rendah, gunung, maupun sungai. Keterjangkauan juga dapat disebut aksesibilitas. Baik atau tidaknya aksesibilitas dipengaruhi oleh pembangunan infrastruktur yang memadai.

Baca juga : 5 Keunikan Ilmu Geografi Yang Perlu diketahui

4. Konsep Morfologi

Muka bumi terbentuk oleh adanya pengangkatan dan penurunan muka bumi. Hasil dari proses pengangkatan dan penurunan tersebut adalah pegunungan, gunung, lembah, lereng, dataran rendah, dan dataran tinggi. Adanya proses pengangkatan dan penurunan muka bumi tersebut diteliti oleh geografi dari segi penyebabnya dan akibat yang ditimbulkan.

5. Konsep Pola

Fenomena geosfer memiliki persebaran yang beragam. Persebaran fenomena ini dapat dilihat polanya melalui analisis data di dalam peta. Geografi mempunyai andil untuk menganalisis apa makna dari persebaran tersebut dan bagaimana agar dapat dimanfaatkan dengan efektif.

6. Konsep Diferensiasi Area

Wilayah mempunyai ciri khas masing-masing baik dilihat dari budayanya, mata pencahariannya maupun morfologinya. Inilah yang menjadi kajian geografi perbedaan wilayah yang membedakan antara wilayah yang satu dengan yang lain.

7. Konsep Aglomerasi

Proses pengelompokan penduduk berdasarkan aktivitasnya di suatu wilayah. Misalnya terbentuk perumahan TNI/POLRI, wilayah perindustrian, dan sebagainya.

Baca juga : Pentingnya Pendidikan Soft Skill di Indonesia

8. Konsep Interaksi dan Interdependensi

Setiap wilayah tidak mampu berkembang tanpa adanya bantuan dari wilayah lain. Geografi berusaha mengkaji hubungan antar wilayah untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya dalam hal barang maupun jasa.

9. Konsep Keterkaitan Keruangan

Fenomena yang terjadi di suatu wilayah juga dapat berdampak pada wilayah lain. Dari sini geografi mencoba menganalisis keterkaitan fenomena alam maupun sosial yang saling mempengaruhi. Misalnya kejadian perang dagang antar Amerika dan China mempengaruhi perekonomian negara-negara berkembang.

Baca : Manusia dan Lingkungan Hidup

10. Konsep Nilai Guna

Nilai guna yang dimaksud adalah nilai guna fenomena geosfer yang terjadi di permukaan bumi. Misalnya gunung yang sudah lama tidak aktif dapat dimanfaatkan sebagai pendakian untuk para pencinta alam.

Tags: Konsep Geografi, Geografi, Geograf

Pengertian 1 month ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com