Dalam HAM Harus Ada Keadilan dan Hukum?

Dalam HAM Harus Ada Keadilan dan Hukum?

Hak asasi manusia (HAM) adalah anugerah dari Tuhan karena telah ada dan kodrat, diterapkan sejak manusia dilahirkan ke dunia. Yang wajib dijunjung tinggi serta dihormati dan dilindungi baik oleh negara, hukum, pemerintah, dan warga negara. 

HAM, berperan dalam perlindungan harkat dan martabat manusia sehingga hak asasi manusia tidak boleh atau tidak bisa dipisahkan dari manusia. Seperti: hak untuk hidup, hak pribadi mengenai privasinya, serta hak mendapat kesejahteraan, dan lain-lain.

Dalam HAM harus ada unsur keadilan, karena sebagai sistem penegakkan yang menjunjung keadilan sosial yang ada.

Yang dimaksud dengan keadilan adalah suatu kondisi kebenaran ideal dan secara moral mengenai sesuatu hal-hal, baik menyangkut benda maupun orang. Mengenai hak asasi manusia (HAM), diatur dalam Undang-Undang nomor 39 Tahun 1999.

Dalam Pancasila pada sila kelima yaitu “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Yang maksudnya, keadilan sosial merupakan konsepsi yang sebagai dasar dan spirit bagi pembentukan dan penyelenggaraan negara. Pancasila sebagai dasar negara dan berperan dalam nilai keadilan bagi setiap warga negara.

Agar setiap manusia mendapatkan perlakuan sesuai hak dan kewajibannya karena hal ini yang mendasari pada jalanya sistem HAM, karena hal ini yang mendasari pada jalanya sistem HAM.

Mengenai keadilan diatur dalam Undang-Undang Dasar Pasal 28 D ayat (1) menyatakan bahwa: “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum“.

Ketidakadilan memang masih sering terjadi dan sampai sekarang, baik dari segi nasional maupun internasional.

Tentunya kita mengetahui bahwa dalam suatu penyelesaian kasus dari segi nasional, seperti di dalam pengadilan sepertinya sudah sangat lumrah mengenai kata “Hukum adil hanya bagi orang berduit”, cukup miris mendengar pernyataan tersebut. 

Contohnya pada kasus seorang ibu yang sudah berumur mengambil sebuah cokelat di perkebunan milik suatu pabrik dan beliau dihukum hingga tiga bulan penjara.

Hal ini karena seorang ibu itu hanya rakyat biasa yang patut dan tunduk pada hukum, sehingga tidak melakukan hal-hal yang negatif untuk dirinya. Dan dari segi ekonomi yang kurang, jika dihubungkan dalam setiap kasus. 

Contohnya bahwa seorang koruptor yang artinya melakukan korupsi  menjalankan aksi dengan mengambil uang negara bermiliar-miliar hingga triliun rupiah.

Hal ini mereka lakukan untuk memperoleh kekayaan dan memenuhi kemauan-kemauan duniawi, tetapi mereka hanya dihukum tidak lama. Karena ada koneksi dan sistem sogok-menyogok yang dilakukan untuk membebaskan dirinya.

Sistem hukum adalah suatu sistem peraturan yang di dalamnya terdapat norma-norma dan sanksi-sanksi. Baik secara tertulis maupun tidak tertulis, dimana isinya mengatur kehidupan bermasyarakat dan terdapat sanksi atau hukuman bagi siapapun yang melanggarnya. Bertujuan melaksanakan dan mewujudkan keadilan masyarakat.  

Kemudian dari segi internasional, tantangan global di bidang HAM sekarang jauh lebih besar dan kompleks. 

Sejumlah tantangan global seperti: hak para migran, isu "violent extremism", akses terhadap keadilan dan kebijakan penghukuman, mobilitas dan pembebasan visa "schengen" bagi WNI atau warga negara Indonesia, dan hak penyandang disabilitas.

Pengawasan terhadap pemenuhan ham di tingkat internasional atau PBB didasarkan pada perjanjian internasional mengenai HAM. 

PBB atau perserikatan bangsa-bangsa, merupakan organisasi internasional yang memiliki fungsi untuk memelihara perdamaian keamanan serta stabilitas internasional dan juga perlindungan HAM yang berlaku secara universal dan hukum.

Maka dengan demikian untuk menujung HAM harus ada keadilan, dan sistem hukum yang memiliki tujuan untuk memberikan kesejahteraan. Jadi setiap bagian-bagian tersebut memiliki hubungan yang penting secara hukum.

Pelanggaran HAM didasari pada faktor internal seperti: egoisme, kesadaran terhadap HAM yang rendah, sikap tidak toloreansi, ketidakadilan. Sedangkan faktor eksternal seperti: penyalahgunaan kekuasaan, ketidaktegasan aparat penegak hukum, kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.

Terdapat akibat jika melanggar HAM seperti: tidak terciptanya hubungan yang baik antara manusia, terjadi tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan moral dan nilai kemanusiaan.

Maka dari itu harus ditegakkan dengan baik dan benar oleh pemerintah sehingga dapat terciptanya rasa kesejahteraan, keharmonisan dan kerukunan. Keadilan berlaku bagi siapapun karena berdasarkan pada HAM, tetapi saat sekarang baik di negara lain maupun negara Indonesia.

Mengenai keadilan seringkali terjadi adanya tidak memihak pada masyarakat kaum kecil, sedangkan yang kaum di atas merasa berkuasa sehingga melakukan segala apapun cara untuk bebas dari masalah hukum yang dialami.

Untuk mengatasi masalah ketidakadilan, pemerintah perlu membangun moral dengan penanaman nasionalisme dengan menegakkan HAM. Karena setiap negara di dunia merupakan negara hukum yang berlandaskan pada sistem hukum, karena dengan adanya hukum dapat mempunyai peran penting terhadap suatu negara.

Oleh karena itu sistem hukum harus selalu ditegakkan secara tegas dan disiplin oleh pemerintah, sehingga setiap masyarakat akan taat pada aturan-aturan hukum demi menjunjung kesejahteraan. Tugas dari pihak-pihak hukum yang harus adil dalam menangani setiap permasalahan kasus yang ada.

Tags: Hukum, Hukum Internasional, Pendidikan

Pengertian 2 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com