Pengertian Internet, Manfaat & Sejarah Internet

Pengertian Internet, Manfaat & Sejarah Internet

Pengertian Internet - Dalam perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih ini tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet, bukan? Ya, bahkan sebagian besar orang merasa ketergantungan dengan internet. Pasalnya, kini internet bukan hanya dijadikan sebagai sarana komunikasi saja, namun juga media pembelajaran, sumber informasi lengkap dan ladang bisnis.

Nah, buat kamu yang masih gaptek dan belum begitu paham tentang internet, mungkin kamu perlu memahami artikel ini sampai tuntas, karena disini kita akan membahas pengertian internet secara lengkap beserta fungsi, manfaat dan sejarahnya.

Pengertian Internet

Secara garis besar internet sering diartikan sebagai jaringan komputer yang memakai sebuah sistem TCP (Transmission Control Protocol) / IP (Internet Protocol) untuk melayani semua pengguna dari berbagai belahan dunia dalam hal pertukaran paket, sehingga terhubung.

Interconnected Network atau internet ini juga sering diartikan sebagai suatu jaringan telekomunikasi global yang bersifat terbuka dan mampu menghubungkan semua pengguna jaringan komputer.

Manfaat Internet

Internet yang bersifat menghubungkan ini memiliki sejumlah manfaat, antara lain :

1. Media Komunikasi

Internet bisa kamu jadikan sebagai media untuk komunikasi dengan teman, sahabat, ataupun keluarga. Dan tentunya manfaat yang satu ini sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari pada saat ini. Apalagi sistem komunikasi yang ditawarkan begitu cepat dan instan, jadi memang sangat mempermudah.

2. Internet Sebagai Wahana Liburan 

Mungkin kamu sedikit bingung dengan manfaat yang satu ini. Tapi coba ingat-ingat, kamu punya teman yang hobi menghabiskan waktu di warnet? Ya, itulah yang dimaksud internet sebagai wahana liburan. Pasalnya, menurut sebagian orang mengakses internet itu layaknya menggenggam dunia, jadi berjam-jam di depan komputer yang terkoneksi ke jaringan internet pasti betah.

3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Selain itu, internet juga sering dikenal sebagai sumber pengetahuan, ilmu dan wawasan yang sangat luas. Jadi kamu bisa mencari apa saja yang kamu mau pelajari dari internet, karena memang semuanya 'hampir' ada untuk dipelajari.

4. Mudahnya Belanja di Internet

Semakin berkembangnya internet, kini internet juga bisa dijadikan sebagai media untuk berbelanja. Jadi tak perlu repot-repot pergi ke suatu toko lagi hanya untuk membeli sebuah barang. Karena dengan duduk dirumah dan mengakses situs toko online kamu sudah bisa memilih dan membeli barang yang kamu mau, dan nantinya ada seorang kurir yang mengantarkan barang pesananmu ke rumahmu.

5. Internet Dalam Bisnis 

Selain itu, kini internet juga menjadi tempat ladang bisnis. Karena cangkupan internet yang begitu luas, tak heran jika lama-kelamaan internet dimanfaatkan untuk ajang berbisnis.

Baca Juga : Pengertian HAM - Sejarah, Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Pelanggaran HAM

6. Tempat Mencari Lowongan Kerja 

Yap, buat kamu yang masih 'nganggur' tentu pernah dong mencari sebuah lowongan pekerjaan di internet? Hal ini dikarenakan data dan informasi yang disediakan dalam internet begitu lengkap, sehingga memudahkan kita dalam berbagai macam hal, misalnya mencari lowongan pekerjaan.

Sejarah Internet 

Bicara tentang suatu hal tanpa mengetahui asal-usulnya tentu tidak lengkap, bukan? Ya, setelah bicara mengenai pengertian internet dan manfaatnya, kali ini kita akan membahas sejarah internet secara singkat.

Seperti yang kita ketahui, internet merupakan sebuah jaringan komputer yang berhubungan. Jaringan ini dulunya idbentuk melalui proyek yang bernama ARPA atau yang sering disebut dengan ARPANET, dimana proyek ini sendiri merupakan proyek buatan Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.

ARPANET merupakan kependekan dari Advanced Research Project Agency Network. Proyek ini dulunya mendemonstrasikan mengenai teknik sebuah software dan hardware komputer yang berbasis UNIX terhadap sistem komunikasi jarak jauh dalam saluran telepon.

ARPANET dirangkai menggunakan sejumlah informasi yang bisa dikirim dan dengan standarisasi yang handal. Pada awalnya projek ini hanya difokuskan untuk kerperluan militer saja, seperti menghubungan wilayah vital atau daerah tertentu.

Pada tahun 1969, ARPANET hanya mampu menghubungkan 4 situs saja, meliputi University of California, Stanford Research Institute, University of Utah dan Santa Barbara. Selanjutnya pada akhir tahun 1972, proyek ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat di banyak daerah. Dimana perkembangan ini membuat ARPANET mengalami kesulitan, hingga pada akhirnya proyek ini dibagi menjadi dua bagian, yakni MILNET dan ARPANET. MILNET sendiri digunakan hanya untuk kepentingan militer saja, sedangkan ARPANET digunakan untuk semua kepentingan nonmiliter. Namun lama-kelamaan, banyak orang yang menyebutnya dengan DARPA dan padah akhirnya disebut Internet seperti yang sekarang kita tahu ini.

Pada tahun 1982, barulah muncul istilah internet untuk jaringan yang satu ini. Tak hanya itu, namun juga memiliki sejumlah perkembangan. Salah satunya perkembangan name server, dimana hal ini memungkinan sejumlah pengguna internet bisa terhubung ke dalam sebuah host tertentu.

Dan saat ini, internet dijaga dan dikelola oleh mulitilateral serta protokol yang menunjukan perpindahan kiriman data. Protokol sendiri terbentuk menurut IETF atau Internet Enginering Task Force yang dibuka untuk umum. Protokol yang sering kita temui dan kita gunakan untuk mengakses internet adalah IP, UDP, TCP, DNS, SMPTP, IMAP, HTTP, HTTPS, SSL, FTP, LDAP, dan masih banyak lagi. Sedangkan Request For Comment atau RFC sebuah data atau dokumen yang dijadikan oleh Badan Arsitektur Internet sebagai Standar Internet.

Akhir Kata

Nah, itulah sejumlah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian internet lengkap beserta manfaat dan sejarahnya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu, agar mereka juga tahu apa itu internet secara lengkap.

Tags: Internet, Pengertian Internet

Pengertian 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com