Presentasi - Pengertian, Unsur, Fungsi dan Tujuan, Jenis, Serta Cara Melakukannya

Pengertian 1 month ago
Presentasi - Pengertian, Unsur, Fungsi dan Tujuan, Jenis, Serta Cara Melakukannya

Jika kamu adalah seorang siswa atau mahasiswa, kamu tentu tidak asing lagi dengan istilah presentasi. Sebab, hampir semua tugas mata pelajaran atau mata kuliah mewajibkan kita untuk melakukan presentasi tentang materi tertentu, baik itu secara individu atau kelompok. Namun apakah kamu sudah paham apa itu pengertian presentasi yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian presentasi, unsur presentasi, fungsi dan tujuan presentasi, jenis presentasi, serta cara melakukan presentasi berikut ini.

Pengertian Presentasi

Secara umum, presentasi diartikan sebagai kegiatan berbicara di hadapan banyak orang untuk menyajikan suatu topik, pendapat ataupun informasi tertentu yang menarik untuk orang lain. Sedangkan pengertian presentasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Titik Triwidodo dan Djoko Kristanto

Presentasi merupakan bentuk laporan yang disampaikan pada sejumlah orang secara lisan tentang fakta tertentu. Presentasi juga bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk komunikasi verbal, karena pesan disampaikan kepada pihak lain dalam bentuk lisan atau tulisan.

2. Menurut Erwin Sutomo

Presentasi adalah suatu kegiatan di mana pembicara bergerak aktif untuk menyampaikan informasi kepada sejumlah penonton. Pembicara biasanya dituntut untuk membuat presentasi yang menarik agar penonton tidak mudah bosan.

3. Menurut Terra C. Triwahyuni dan Abdul Kadir

Presentasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan gagasan atau informasi pada orang lain, demi meraih tujuan tertentu. Misalnya presentasi yang dilakukan oleh perusahaan produk A agar calon pembeli tertarik dan mau membeli produk yang dipresentasikan.

Unsur-Unsur Presentasi

Presentasi memiliki beberapa unsur pokok yang terkandung di dalamnya, yaitu:

1. Moderator

Moderator merupakan orang yang bertugas mengatur jalannya presentasi.

2. Pembicara

Pembicara merupakan orang yang menyampaikan informasi (melakukan presentasi).

3. Penonton (Audience)

Sebuah presentasi pasti memiliki sejumlah orang yang menjadi penonton / pendengar.

4. Peralatan (Tools)

Dalam melakukan presentasi, pembicara memerlukan media atau sejumlah alat untuk mempermudah dalam penyampaian informasi.

Fungsi dan Tujuan Presentasi

Berikut ini adalah fungsi dan tujuan presentasi:

1. Menyampaikan informasi atau materi tertentu

Presentasi tentu saja dilakukan untuk menyampaikan informasi, baik itu informasi biasa ataupun informasi yang sifatnya sangat penting. Presentasi biasanya dilakukan oleh pembicara yang ahli atau dianggap bisa menguasai materi.

2. Membuat ide atau gagasan baru

Terkadang ada kelompok atau organisasi yang mengalami masalah tertentu, yang sulit ditemukan solusinya. Karena itulah, mereka membutuhkan orang lain untuk membantu menemukan solusinya. Hal ini biasa dikenal dengan istilah rapat. Nantinya akan beberapa peserta yang melakukan presentasi berupa ide atau gagasan untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Meyakinkan peserta

Presentasi juga dilakukan dengan tujuan untuk membuat peserta yakin tentang kebenaran informasi tertentu. Biasanya pembicara akan membuktikan ucapannya dengan menyertakan data-data pendukung yang disusun secara logis.

4. Menghibur peserta

Presentasi yang dilakukan terlalu serius akan membuat peserta bosan dan jenuh. Maka dari itu, ada baiknya jika pembicara melakukan presentasi yang menarik dan menghibur, namun tetap sesuai dengan konteks dari topik yang dibahas. Hal ini akan membantu para peserta untuk menikmati dan memahami isi dari presentasi tersebut.

5. Menyentuh perasaan dan emosi peserta

Pembicara juga harus bisa menyentuh perasaan dan emosi peserta sehingga informasi yang disampaikan bisa mereka terima dengan baik.

6. Memperkenalkan diri

Sebelum melakukan presentasi, pembicara akan menyebutkan nama dan data diri. Hal ini bisa membuat seorang pembicara lebih dikenal orang banyak.

7. Memotivasi dan memberikan inspirasi kepada para peserta

Selain memberikan informasi, pembicara terkadang juga memberikan motivasi serta inspirasi agar para peserta terdorong untuk melakukan tindakan nyata.

Jenis-Jenis Presentasi

1. Jenis-Jenis Presentasi Secara Umum

Secara umum, ada beberapa jenis presentasi yaitu:

  • Presentasi Mendadak

Presentasi mendadak dilakukan secara spontan, tanpa adanya persiapan apapun. Pembicara akan langsung membagikan informasi kepada peserta. Hal ini biasanya dilakukan jika informasinya bersifat penting dan harus segera disampaikan.

  • Presentasi Naskah

Berbeda dengan presentasi mendadak, presentasi ini dilakukan dengan cara membaca naskah yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

  • Presentasi Hafalan

Presentasi hafalan merupakan presentasi yang dilakukan tanpa melihat naskah. Jadi, sebelumnya pembicara harus menghafal teks yang telah dipersiapkan.

  • Presentasi Ekstempore

Presentasi ekstempore merupakan presentasi di mana pembicara telah mempersiapkan materi secara garis besar. Kemudian, ia menjelaskannya secara lengkap atau detail dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta.

2. Jenis-Jenis Presentasi Berdasarkan Pihak Yang Melakukan dan Pesertanya

Berdasarkan pihak yang melakukan dan pesertanya, presentasi dibagi menjadi dua jenis:

  • Presentasi langsung

Presentasi langsung dilakukan jika pembicara bisa berkomunikasi langsung dengan para peserta. Misalnya presentasi yang dilakukan oleh murid di sekolah. Yang menjadi penonton adalah guru dan juga murid lainnya.

  • Presentasi tidak langsung

Sebuah presentasi dikategorikan sebagai presentasi tidak langsung jika pembicara tidak bertemu dengan peserta secara langsung saat proses penyampaian informasi.

3. Jenis-Jenis Presentasi Berdasarkan Sifat Medianya

Berdasarkan sifat media, presentasi dibagi menjadi tiga jenis:

  • Presentasi Audio

Presentasi audio dilakukan dengan memanfaatkan media suara untuk menyampaikan informasi.

  • Presentasi Visual

Jenis presentasi ini dilakukan dengan menggunakan media foto atau gambar untuk menyampaikan informasi.

  • Presentasi Audio dan Visual

Sesuai dengan namanya, jenis presentasi ini dilakukan dengan menggunakan media gambar dan juga media suara. Misalnya presentasi dengan menggunakan video.

Cara Melakukan Presentasi

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan presentasi yang baik dan efektif:

1. Buat persiapan sebelumnya

Kamu harus mempersiapkan bahan presentasi dan juga menguasai materi sebaik mungkin. Ada baiknya kamu menghapal urutan sub topik yang akan kamu sampaikan nanti.

2. Perhatikan penampilanmu

Penonton tentu saja menginginkan pembicara yang tampil rapi dan menarik. Karena itulah, sangat penting untuk memperhatikan penampilanmu.

3. Gunakan alat bantu atau media pendukung semaksimal mungkin

Presentasi seringkali dilakukan dengan menayangkan slide power point pada layar proyektor, karena bisa menampilkan teks, tabel, grafik, gambar, ataupun video dengan mudah. Tak hanya itu saja, presentasimu juga akan terlihat lebih menarik.

4. Ciptakan interaksi dengan penonton

Bicaralah sambil menatap para penonton. Jangan terlalu lama terpaku pada tayangan slide. Tunjukkan kesan bahwa kamu ingin berkomunikasi dengan semua penonton. Sesekali ajukan pertanyaan pada penonton, seperti apakah mereka setuju dengan pendapatmu atau apakah mereka paham dengan apa yang baru saja kamu sampaikan.

5. Tambahkan humor yang sesuai sebagai selingan

Sebenarnya hal ini tidak wajib, tapi tak ada salahnya dilakukan untuk membantu mencairkan suasana tegang selama presentasi berlangsung.

6. Bicaralah dengan jelas

Gunakan bahasa yang baik, benar dan mudah dimengerti oleh penonton. Jangan menggunakan istilah yang membuat penonton pusing dan bingung sendiri.

7. Fokus pada masalah pokok

Gunakan waktu presentasi secara efisien. Kurangi pembahasan pada hal yang tidak penting. Berikan penekanan pada masalah pokok yang perlu diketahui oleh para penonton.

Tags: Presentasi - Pengertian, Unsur, Fungsi Dan Tujuan, Jenis

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com