Empat Kata Cinta yang dipakai oleh Orang Yunani Kuno

Romance 2 months ago
Empat Kata Cinta yang dipakai oleh Orang Yunani Kuno

"Aku cinta kamu" atau "aku sayang kamu", eittsss.... Nanti dulu. Apa arti cinta yang kamu maksud. Jangan-jangan kamu nggak paham dengan apa yang kamu katakan. Untuk memahami apa itu cinta, ada empat jenis cinta yang harus dipahami sebelum pada akhirnya kita bisa benar-benar mengatakan "aku cinta kamu".

Berbeda dengan kita yang cuma punya kata "cinta", orang Yunani kuno punya banyak kata untuk mengatakan cinta. Untuk memahaminya, mari kita baca penjelasannya.

1. Eros

"eh, kayaknya aku jatuh cinta deh"

"Lho, kamu kan baru kenal?"

Apakah kamu pernah mengalaminya? Siapapun yang pernah mengalami cinta pada pandangan pertama pasti mengalami tahapan cinta ini. Eros adalah nama dewa di dalam mitos Yunani kuno. Dia adalah anak dari Dewi Aphrodite yang juga dikenal sebagai dewi kecantikan. Eros sendiri berasal dari bahasa Yunani yang mempunyai arti desire (Ing.) atau gairah. 

Eros adalah cinta yang paling dasar karena muncul dari ketertarikan indrawi misalnya karena kecantikan atau ketampanan seseorang. meski demikian, bukan berarti itu buruk. Inilah awal menuju tahap cinta yang lebih tinggi. Ini adalah cinta yang biasanya dimaksud kebanyakan orang untuk mengatakan "aku cinta kamu". tanpa Eros, jenis cinta yang lain tidak akan berkembang menjadi cinta antar kekasih. Tetapi ini pun masih dasariah dan perlu dibalut dengan jenis cinta yang lain untuk menjadi cinta sejati. tanda-tanda dari kemunculan cinta ini adalah timbulnya rasa cemburu, posesif, dan bisa juga keinginan seksual

3. Philia

"Kamu mau jadi pacar aku, nggak?"

"Kita sahabatan aja ya..."

Nah, lo.... ini adalah jenis cinta yang selanjutnya yaitu cinta kepada saudara ataupun sahabat. Untuk kamu yang sering terjebak di dalam Friendzone atau Adik-kakak-zone, berarti kamu mengalami apa yang dinamakan cinta philia. Makanya perlu dipahami benar posisi kita sebelum cari pacar atau pasangan hidup. Jangan sampai kita jadi sakit hati karenanya karena tanpa cinta Eros, Philia tak mungkin berkembang lagi. 

Meski demikian cinta philia sebenarnya juga merupakan tahap selanjutnya dari Eros. Seperti yang kita lihat kalau ada pasangan yang kayaknya romantis banget atau kalau misalnya, ada yang ngomong: "Dia pacar dan sahabatku", itulah cinta Eros yang sudah bertumbuh menjadi Philia. Tanda-tanda cinta ini adalah munculnya rasa keterbukaan, kepercayaan, dan solidaritas.

2. Storge

"Ibu sayang sama kamu, nak"

"Aku juga sayang ibu."

Apakah kamu pernah merasakan cinta dari orangtuamu? Apakah kamu pernah merasakan kedekatan yang berbeda ketika bertemu dengan teman semasa kecil dibandingkan dengan teman-temanmu yang sekarang? Inilah cinta yang tumbuh karena kedekatan batin antara satu dengan yang lain. Ini adalah rasa cinta yang tumbuh secara alami dan tanpa dibuat-buat, seperti cinta ibu kepada anaknya, seperti kamu kepada sahabatmu. 

Di sisi lain, ketika Eros telah berkembang menjadi Philia, tahap yang selanjutnya adalah Storge.  Tanda-tandanya munculnya cinta ini adalah adanya keinginan untuk menjaga, membimbing, mengayomi, dan juga melindungi. Bagi kamu yang merasakan tanda-tanda itu tetapi tidak diikuti dengan tanda cinta Eros, maka bisa jadi kamu cuma memiliki rasa cinta Storge.

4. Agape

"Aku akan mencintaimu apapun yang terjadi"

"Oh, so sweet...."

Agape adalah cinta tanpa mengharapkan balasan. Ini juga adalah tahap dari cinta yang tertinggi. Cinta yang membuat orang mengorbankan dirinya demi dia yang dicintainya. Agape membuat orang tidak lagi mementingkan dirinya sendiri bahkan jika cintanya hanya bertepuk sebelah tangan. 

Dia hanya berharap orang yang dicintainya itu bahagia. Jenis cinta ini juga tidak terbatas muncul di dalam pasangan kekasih saja. Tentu kita tahu lagu "kasih ibu". Itulah gambaran cinta Agape. Jika cinta Agape berkembang dari Eros maka yakinlah bahwa kedua orang yang mempunyai Agape akan menjadi orang yang bahagia.

Tags: Cinta, Jenis Cinta, Mencintai, Romantis, Kekasih

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com