10 Gempa Bumi Terdahsyat yang Terjadi Sepanjang Sejarah Dunia

10 Gempa Bumi Terdahsyat yang Terjadi Sepanjang Sejarah Dunia

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang paling susah diprediksi oleh para ilmuwan. Walaupun ada beberapa bencana alam yang bisa diprediksi, seperti tanah longsor, banjir, ataupun bencana alam lainnya. Jadi tidak heran jika suatu gempa bumi yang dahsyat seringkali memakan korban jiwa dalam jumlah yang besar, bahkan sangat besar. Selain korban jiwa, gempa bumi yang dahsyat juga seringkali mengakibatkan kerusakan yang parah pada bangunan, jalan, dan aset lainnya.

1. Gempa Bumi Valdivia Tahun 1960

Pusat gempa bumi terdahsyat yang satu ini terletak di dekat Canete, sekitar 900km sebelah selatan Santiago. Namun kota Valdivia, Chili menjadi kota yang paling terpengaruh oleh gempa dengan kekuatan yang mencapai 9,5 magnitudo tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana parahnya kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi ini, belum lagi kerusakan yang disebabkan oleh tsunami sebagai efek dari gempa bumi tersebut.

Beberapa daerah yang terkena dampak dari tsunami tersebut, diantaranya Chili Selatan, Hawaii, Jepang, Filippina, Selandia Baru Timur, Australia Tenggara, sampai dengan Kepulauan Aleut di Alaska. Bahkan dalam sejarah tercatat jika sepanjang pantai Chili rusak oleh gelombang tsunami setinggi 25 meter tersebut.

2. Gempa Bumi Alaska Tahun 1964

Masih di era tahun 1960-an, gempa bumi kembali terjadi di area benua Amerika. Publik sebelumnya selalu berpandangan jika California dan Hawaii merupakan daerah yang paling rawan gempa di benua Amerika. Namun justru pada tahun 1964, bencana berkekuatan 9.2 skala richter terjadi di Alaska, yang disertai dengan tsunami besar, tanah longsor di berbagai titik, bahkan sampai ke daerah Kanada dan Hawaii.

Gempa bumi yang terjadi tepatnya pada tanggal 27 Maret 1964 ini berlangsung selama 3 menit saja, namun memakan korban jiwa hingga 128 jiwa. Jika melihat dari kekuatan gempa tersebut, maka angka korban jiwa yang meninggal mungkin tergolong sedikit. Namun bila melihat kerusakan yang terjadi, seperti tanah longsor, kerusakan pipa gas, kekacauan jalur komunikasi, listrik padam, bisa dibayangkan bagaimana penderitaan masyarakat yang terkena dampak gempa tersebut.

3. Gempa Bumi Lepas Pantai Aceh, Indonesia Tahun 2004

Kamu tentu masih ingat dengan bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami yang melanda Indonesia pada tahun 2004 silam. Gempa bumi yang terjadi di perairan Samudera Hindia pada tanggal 26 Desember 2004 tersebut sanggup meluluh lantakkan kota Banda Aceh, bahkan beberapa daerah di sekitarnya. Wajar saja, sebab gempa bumi tersebut mencapai kekuatan 9.1 skala richter, ditambah lagi dengan tsunami yang terjadi.

Sedikitnya 227.000 korban jiwa meninggal pada bencana alam tersebut, dan sekitar 1.7 juta orang harus mengungsi dan mencari tempat tinggal untuk sementara waktu. Sebagai salah satu gempa bumi terdahsyat di dunia, gempa bumi tersebut juga bahkan terasa hingga negara - negara di Asia Selatan dan Afrika Timur.

4. Gempa Bumi Tohoku Tahun 2011

Jepang memang sudah terkenal sebagai salah satu negara yang paling sering dilanda gempa bumi. Bukan hanya itu, negara yang terdiri dari banyak pulau pulau kecil ini juga seringkali diterpa tsunami dan mengakibatkan banyak kerugian, kerusakan, serta korban jiwa. Salah satu gempa bumi terdahsyat yang tercatat adalah terjadi di Tohoku, yang terjadi pada 11 Maret 2011 silam.

Gempa bumi dengan kekuatan 9.0 skala richter ini bahkan memicu tsunami yang akhirnya merenggut banyak korban jiwa dan mengakibatkan kerusakan. Japanese National Police Agency (JNPA) melaporkan bahwa 15.269 orang menjadi korban jiwa pada gempa bumi dan tsunami tersebut, dan 8.526 orang diantaranya dinyatakan hilang. Namun banyak pihak yang mengatakan jika jumlah korban jiwa yang meninggal jauh dari angka tersebut.

5. Gempa Bumi Camchatka, Rusia Tahun 1952

Tepat sekitar jam 5 pagi, pada tanggal 05 November 1952, gempa bumi yang sangat dahsyat terjadi di Semenanjung Kamchatka, Rusia. Gempa berkekuatan 9.0 skala richter ini menghancurkan seisi kota Severo-Kurilsk. Begitu banyak bangunan dan perumahan yang hancur, tidak terkecuali juga dengan korban jiwa yang berjatuhan.

Gempat dashyat ini tidak hanya membuat kerusakan dengan gempa bumi saja, namun juga memicu tsunami besar yang sepanjang pesisir Semenanjung Kamchatka. Tsunami dengan ketinggian sekitar 15-18 meter ini terdiri dari tiga gelombang utama. Sedikitnya 2.336 orang tewas pada kejadian ini dan sekitar 6.000 orang harus mengungsi untuk menyelamatkan diri.

6. Gempa Bumi Pantai Maule, Chili Tahun 2010

Selain gempa Valdivia yang terjadi pada tahun 1964, gempa bumi yang juga sangat dahsyat kembali mengguncang Chili pada tahun 2010 silam. Gempa bumi dengan kekuatan 8,8 skala richter ini terjadi di lepas pantai Concepcion, Chili. Dikarenakan kekuatan gempa bumi yang sangat dahsyat, getaran gempa tersebut masih terasa hingga ke Ibukota Chili, Santiago dan beberapa kota lainnya di Argentina.

Gempa bumi ini memang hanya terjadi sekitar 30 detik saja, dan itu merupakan waktu yang terhitung singkat. Namun dikarenakan kejadiannya yang sekitar jam 03.34 waktu lokal, bisa dibayangkan betapa tidak siapnya semua masyarakat dengan bencana alam yang sedang terjadi.

7. Gempa Bumi Ekuador Tahun 1906

Suasana yang hangat dengan suasana tahun baru, dan kebanyakan masyarakat masih ceria menyambut tahun baru 1906. Namun bencana alam memang tidak diduga, dan semua keceriaan tersebut harus disapu oleh gempa bumi yang terjadi tepat pada tanggal 31 Januari 1906. Gempa bumi dengan kekuatan 8,8 skala richter ini terjadi di Esmeraldas, Ekuador.

Dengan gempa berkekuatan 8,8 skala richter tersebut, tsunami pun menerjang sepanjang bibir pantai dan mengakibatkan sangat banyak kerusakan. Setidaknya sekitar 1.500 jiwa harus menjadi korban dari tsunami tersebut. Bahkan saking dahsyatnya tsunami yang terjadi, tsunami tersebut pun bahkan sampai ke San Fransisco dan Jepang.

8. Gempa Bumi Kepulauan Aleut, Alaska Tahun 1946

Baru setengah tahun Indonesia merasakan keceriaan dan kebahagiaan karena merdeka dari penjajahan, kejadian yang mengerikan pun terjadi di Kepulauan Aleut, Alaska. Gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala richter tepatnya terjadi di Pulau Tikus, salah satu pulau yang terletak di kepulauan Aleut, Alaska, salah satu kepulauan yang memang rawan sekali akan gempa bumi. Gempa bumi ini juga memicu tsunami yang mengakibatkan banyak kerugian dan korban jiwa.

Gempa terdahsyat yang terjadi pada 25km ini pun menyebar hingga ke seluruh lautan Pasifik. Setidaknya, gempa bumi dan tsunami tersebut mengakibatkan kerugian senilai $26 Juta. Para ilmuwan berpendapat bahwa gempa bumi tersebut terjadi dikarenakan terjadinya longsor di bawah laut.

9. Gempa Bumi Sumatera Tahun 2005

Hanya beberapa bulan berselang, gempa bumi dan tsunami kembali menerjang wilayah Sumatera. Setelah kejadian gempa bumi dan tsunami yang meluluhlantakkan Aceh pada tahun 2004, masyarakat pun sangat ketakutan dengan adanya gempa susulan dan tsunami yang lebih dahsyat. Gempa bumi yang terjadi pada tanggal 28 Maret 2005 ini terjadi dibawah permukaan Samudera Hindia, 200 km sebelah barat Sibolga, Sumatera Utara. Para ilmuwan pun berpendapat jika gempa bumi ini dipicu oleh gempa bumi dan tsunami di Aceh sebelumnya.

Berkaca pada kejadian gempa bumi Aceh pada tahun 2004, BMKG pun segera memberikan peringatan akan adanya kemungkinan terjadinya tsunami. Namun untungnya, gempa bumi dengan kekuatan 8,7 skala richter ini tidak memicu tsunami yang bisa mengakibatkan lebih banyak kerusakan.

10. Gempa Bumi Assam, Tibet Tahun 1950

Gempa bumi terdahsyat yang terakhir dan tercatat dalam sejarah terjadi di Assam, Tibet. Gempa berkekuatan 8,6 skala richter ini tepatnya terjadi pada 15 Agustus 1950. Setidaknya, sebanyak 1.500 orang meninggal pada kejadian ini, dan mengakibatkan banyak kerugian.

Dikarenakan kuatnya getaran gempa bumi yang terjadi, gempa juga dirasakan hingga ke Yunna, China, Calcutta, dan India. Dilaporkan juga jika banyak tanah yang bergeser dan megakibatkan banyak sungai berhenti mengalir. Akibatnya, banyak desa yang mengalami kebanjiran dan hancur dikarenakan kejadian tersebut.

Tags: Gempa Bumi, Bencana Alam, Gempa Bumi Terdahsyat

Sejarah 7 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com