Dewa Zeus! 10 Dewa-Dewi Yunani Kuno Yang Terkenal Akan Kekuatannya dan Kekejamannya

Dewa Zeus! 10 Dewa-Dewi Yunani Kuno Yang Terkenal Akan Kekuatannya dan Kekejamannya

Dalam mitologi Yunani kuno, ada banyak sekali dewa-dewi yang memiliki kekuatan sakti dan berbeda beda. Masyrakat Yunani jaman dulu menyembah para dewa dan dewi ini agar diberikan kemakmuran, dan dijauhi dari bencana. Dewa-dewi ini memiliki tingkatan kekuatan yang berbeda. Penasarankah kamu siapa dewa atau dewi terkuat dalam cerita mitologi yunani ?? yuk simak artikelnya

1. Hephaestus

Meski berada di urutan paling bawah, Hephasteus adalah dewa Yunani kuno yang sangat populer. Perannya pun tak bisa dianggap sepele. dengan julukan sebagai dewa api, kisah Hepahasteus diceritakan oleh Homer dan Hesiod. Oleh Homer. Hephasteus digambarkan sebagai sosok dewa yang cacat dan pincang, yaitu anak dari Zeus dan Hera.

Versi berbeda dikisahkan oleh Hesiod, olehnya, Hephasteus dibuang dari Gunung Olympus dari ibunya, Hera. Hera membuang Hephasteus dikarenakan kecacatan yang ia alami. Hephasteus pernah terlibat perseteruan antara dewa Hera dan dewa Zeus yang akhirnya ia dibuang oleh Zeus ke Bumi. Ketika Hephasteus tinggal di Bumi, ia menjadi tukang yang handal. Hephasteus menciptakan sejumlah senjata untuk dewa dan dewi di Olympus.

2. Cronos

Sebelum Zeus berkuasa, Cronos adalah dewa pemimpin dari segala dewa dan dewi Yunani. Tak hanya kuat dan tangguh, Cronos dan dewa lainnya pada masa nya, memiliki ukuran yang luar biasa besar. Cronos berhasil membuktikan dirinya sebagai dewa terkuat dan menjadi pemimpin para dewa dengan mengalahkan Uranus, yaitu ayahnya

Ketika menjadi pemimpin para dewa, Cronos memerintah dengan sangat kejam, bahkan kepada anak-anaknya sendiri, Zeus, Poseidonm dan Aphrodite. Agar tak ada satupun dewa yang menentang, Cronos menelan semua anaknya. Ibunya, Gaia, dan istrinya, Rhea, berhasil diselamatkan oleh Zeus yang kemudian Zeus bertarung melawan Cronos dan menang. karena kekalahan Cronos kemudian ia dipenjara di Tartarus.

3. Ares

Nama Ares sudah tidak asing lagi di kuping kita, ia diceritakan sebagai dewa yang suka peperangan dan pertumpahan darah. Setiap perang yang ia lakukan pasti berujung dengan kemenangan. Ya, tidak heran mengingat dirinya adalah salah satu dewa terkuat yang ada dalam kepercayaan masyarakat Yunani pada jaman dulu. Lalu, seperti apa kisah lain dari Ares Si Dewa Perang?

Ares merupakan dewa yang lahir dari hubungan Zeus dan Hera. Ares terbilang sangat kuat dan keji, ia sangat menyenangi perang dan pertumpahan darah. Ia tak perduli perang untuk keadilan dan bertahan. Ini membuat ayahnya, Zeus, kecewa dan marah. Perlu diketahui, meski Ares termasuk dewa yang kuat, ia tidak begitu disembah oleh orang-orang.

4. Nike

Apa kalian penggemar sepatu bermerk Nike? Tahu tidak, ternyata di mitologi Yunani, benar-benar ada dewi yang bernama Nike? Menurut sejarah mitologi Yunani, Nike merupakan dewi yang melambangkan kecepatan dan kekuatan. Mungkin saja perusahaan sepatu merk Nike terinspirasi dengan Dewi Nike di masa mitologi yunani

Bila masyarakat Yunani menginginkan kekuatan, maka masyarakat akan menyembah dewa nike Nike. Patung Dewi Nike ini seringkali terlihat berada di samping dewa Zeus. Menurut legenda, Nike adalah salah satu dewi yang selalu membantu Zeus bertarung untuk mengalahkan para Titans. Nike selalu dilambangkang sebagai dewi yang selalu membawa karangan bunga yang nantinya akan diberikan pada sang pemenang.

5. Apollo

Dalam sejarah mitologi Yunani, Apollo adalah saudara kembar dari dewi Artemis, yaitu dewi kesucian. Apollo sendiri merupakan dewa segala aspek. Apollo adalah anak dari hasil hubungan antara Zeus dengan Leto yang tinggal di Pulau Delos. Pulau Delos dikenal sebagai pulau tempat pelarian dari mereka yang menghindar dari Hera.

Ketika Apollo lahir, ia diyakini akan membawa kemakmuran dan kebahagiaan bagi Pulau Delos dan seisinya. Sebagai dewa musik, Apollo digambarkan sebagai dewa yang selalu memegang alat musik jenis kecapi. Apollo memiliki kemampuan memanah yang sangat baik dan tepat. Kemanapun ia pergi, Apollo terlihat membawa busuh silver. Apollo sering disebut juga sebagai dewa penyembuh, tetapi jika ia marah, Apollo bisa mendatangkan kematian dengan panah di genggamannya

6. Dionysus

Ada begitu banyak dewa pada jaman dulu, salah satunya yang terkenal adalah Dionysus. Begitu mudah menebak kenapa Dionysus bisa begitu terkenal. Ia merupakan dewa pesta, kesenangan, dan anggur. Dimana ada pesta, disitulah Dionysus. Ia sangat terkenal bukan hanya di kalangan dewa, melainkan juga manusia.

Tak seperti dewa kebanyakan yang berdarah dewa murni, Dionysus adalah setengah dewa dan setengah manusia. Ayahnya adalah seorang dewa petir yaitu zeus dan ibunya adalah seornag manusia biasa yang bernama Semele. Karena hubungan asmara antara Zeus dan Semele tak disukai oleh Hera, Dionysus disembunyikan di Gunung oleh para Nymph (bidadari) agar Hera tak bisa menyakitinya.

7. Prometheus

Prometheus Merupakan salah satu dewa Yunani yang terkenal di kalangan Titans. Prometheus memiliki tingkat ketenaran yang lebih tinggi di mata para manusia ketimbang para dewa. Ayahnya adalah Titans dan ibunya adalah oceanid atau peri laut. Prometheus memiliki kekuatan untuk melihat masa depan. Kemampuan ini bisa membantu untuk memenangkan pertarungan antara Titans dan dewa-dewa di Olympus.

Prometheus mendapatkan perintah untuk menciptakan manusia dari tanah liat. Sekali perintah tersebut dilaksanakan, Prometheus menjadi tertarik pada manusia. Ia selalu mengkhawatirkan nasib manusia dan ingin manusia mendapatkan hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Akhirnya Zeus menghukum Prometheus karena ia mencuri api yang Zeus ambil dari manusia yang kemudian ia berikan kembali kepada manusia. Prometheus diikat di sebuah batu agar tubuhnya bisa dimakan oleh elang. Karena Prometheus tak bisa mati, ia kembali pulih seperti semula. Prometheus kemudian dilepaskan oleh Hercules.

8. Hades

Di beberapa versi cerita mitologi yunani, Hades digambarkan sebagai dewa penguasa alam baka yang sangat kejam. Tapi, ada versi yang mengatakan lain. Hades digambarkan sebagai dewa penguasa alam baka yang baik dan adil. Tak sedikit masyarakat Yunani yang percaya bahwa Hades adalah lambang kematian, yang menjadikannya sebagai dewa yang jahat.

Gambaran jahat yang selama ini mengelilingi Hades, tak sepenuhnya benar. Justru 3 dewa lain yaitu Minos, Aiakos, dan Rhadamanthys yang memiliki tugas untuk menghukum manusia yang masuk ke alam baka. Hades sempat menipu Persephone yaitu dewi yang ia cintai agar pergi dan menetap di alam baka untuk menemaninya

9. Poseidon

Bersama dengan dewa Zeus dan Hades, ketiga dewa ini merupakan 3 dewa paling kuat yang ada dalam sejarah mitologi Yunani. Sebelum berkuasa atas laut, Zeus, Poseidon, dan Hades melakukan undian. Undian tersebut adalah, dewa mana yang berhak berkuasa. Dan hasil dari undian tersebut adalah, Zeus berkuasa di darat, Poseidon berkuasa di laut, dan Hades di alam baka.

Poseidon menguasai lautan bersama dengan istrinya yaitu Amphitrite, dengan ditemani beberapa dewa lain seperti Triton dan Nereid. Poseidon lebih banyak disembah oleh para nelayan dan pelaut. Dengan bersenjatakan trident, Poseidon memiliki kekuatan untuk menciptakan tsunami dan gempa bumi. Dengan tsunami yang ia ciptakan, Dewa ini bisa dengan mudah untuk menghancurkan sebuah desa.

10. Zeus

Dan akhirnya, dewa terkuat, dewa pemimpin segala dewa, dewa paling dihormati oleh dewa dan manusia, sekaligus dewa penguasa Gunung Olypmus, dialah Zeus, sang dewa petir. Seperti yang sudah dikisahkan sebelumnya, ketika Cronos berkuasa di Olympus dengan kejam, Zeus lah dewa yang berhasil mengalahkan Cronos dan menyegelnya di Tartar.

Zeus menikah dengan Hera, dewi dari para dewi. Selain Hera, Zeus juga memiliki sejumlah affair denagn dewi lain dan wanita biasa. Dari hubungan di luar pernikahannya dengan Hera, Zeus menghasilkan banyak anak. Zeus memiliki kuasa di berbagai alam dan memiliki senjata andalan petir. Zeus memiliki satu sifat jelek yakni, mudah emosi. Bila ada yang memprovokasinya, Zeus tak segan-segan menghajar siapapun dengan petir.

Tags: Mitologi, Fakta

Sejarah 7 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com