Disangka Mumi hewan, faktanya bikin kaget.

Sejarah 1 year ago
Disangka Mumi hewan, faktanya bikin kaget.

Apa itu Mumi?

Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, dikarenakan perlindungan dari dekomposisioleh cara alami atau buatan, sehingga bentuk awalnya tetap terjaga. Ini dapat dicapai dengan menaruh tubuh tersebut di tempat yang sangat kering atau sangat dingin, atau ketiadaan oksigen, atau penggunaan bahan kimiawi. Mumi paling terkenal adalah mumi yang dibalsam dengan tujuan pengawetan tertentu, terutama dalam Mesir kuno. Orang Mesir percaya bahwa badan adalah tempat Kaseseorang yang sangat penting dalam masa setelah hidup. Di Tiongkok, telah ditemukan dari peti mati sipres yang tenggelam dengan menggunakan tanaman obat-obatan. Mumi yang terbentuk karena kejadian alami, seperti di tempat super dingin (Ötzi), asam (manusia Tollund) atau kekeringan yang ditemukan di banyak tempat di dunia. Beberapa mumi yang terawet baik dalam kondisi alami bermulai sejak periode Inca di Peru.

Dikira Mumi hewan, hasilnya mengejutkan.

Artefak yang satu ini selalu dipercaya sebagai mumi burung, tapi kenyataannya ternyata lebih memilukan.

Setelah menggunakan CT scan untuk mengetahui isi di dalam mumi berusia 2.300 tahun tersebut, Museum Maidstone di Inggris menemukan rahasia kelam di dalamnya. Hasil scan menunjukkan bahwa di dalam mumi itu terdapat tulang belulang bayi manusia berusia sekitar 20 minggu.
Artefak tersebut awalnya diberi label sebagai "mumi elang" dengan kain dari periode Ptolemaic (323-30 SM). Saat memindai beberapa benda di museum tersebut, barulah didapati apa isi sebenarnya dari artefak tersebut. "Berkat CT scan, kita dapat belajar lebih banyak tentang koleksi dengan cara non-invasif, tanpa merusak kondisi artefak," ujar Samantha Harris, Manager Koleksi di Museum Maidstone seperti dikutip dari Iflscience, Senin (9/1/2017). "Bisa jadi, bayi tersebut merupakan mumi manusia termuda yang pernah ditemukan," dia menambahkan.

Selain penemuan sisa-sisa bayi manusia, para kurator juga mendapatkan penemuan mengejutkan lainnya. Satu mumi lain yang lebih besar diperkirakan usianya lebih tua dibanding yang selama ini dikira para ahli.

Mumi Ta-Kush awalnya diperkirakan mayat gadis berusia 14 tahun yang meninggal 2.700 tahun yang lalu. Namun hasil pemindaian mengungkap cerita yang berbeda.

Dari hasil pemindaian, ditemukan bahwa erupsi gigi bungsu mumi tersebut mengidentifikasikan usianya mungkin jauh lebih tua dari 14 tahun. Selain itu, dari bukti fraktur tulang baji, diperkirakan gadis itu tewas karena jatuh terbentur.

Tags: #negara, #kehidupan, #unik

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com