5 Programmer Berpengaruh Dalam Teknologi

Tekno 2 years ago
5 Programmer Berpengaruh Dalam Teknologi

Programmer sendiri bisa diartikan seseorang yang bekerja dalam bidang bahasa pemrograman atau lebih dikenal dengan sebutan Coding. Pekerjaan Programmer sendiri membuat atau memodifikasi bahasa pemrograman yang sudah ada sebelumnya. Bahasa pemrograman yang telah dibuat oleh para Programmer tersebut akan memberikan pengaruh pada perkembangan teknologi seperti saat ini.

Di dunia ini, terdapat programmer yang dikenal karena membawa perubahan dalam dunia teknologi. Berikut ini daftar 5 programmer yang berpengaruh di dalam dunia teknologi.

1. Dennis Ritchie



Pria asal Amerika Serikat dengan nama asli Dennis MacAlistair Ritchie dikenal karena telah membuat bahasa pemrogramman C dimana pada saat itu telah banyak digunakan oleh orang banyak. Selain bahasa pemrogramman C, ia juga membuat sistem operasi Unix.

Berkat jasanya tersebut, Ritchie menerima penghargaan Turing Award pada tahun 1983 dan National Medal of Technology 1998 pada 21 April 1999. Ritchie meninggal dunia di kediamannya pada 12 Oktober 2011 pada usianya yang ke 70 tahun. Tanpa sosok dia, dunia teknologi tidak akan maju seperti saat ini.

2. Linus Torvalds



Linus Torvalds telah menjadi koordinator proyek yang telah dia rintis yaitu Kernel Linux. Pada umurnya yang masih muda, Linus Torvalds telah bisa mendapatkan uang yang sangat banyak dari disket yang berisi kode Kernel Linux dan membagi-bagikan lewat internet.

Berawal dari situ, kini Linux menjadi sistem operasi yang paling menjanjikan karena bersifat open source. Linux kemudian dikembangkan ke banyak hal, seperti membenamkan ke dalam server, tablet, PC, handphone, GPS, hingga pesawat ulang alik buatan NASA.

3. James Gosling



James Arthur Gosling, seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Kanada pada tanggal 19 Mei 1955. Dikenal sebagai bapak bahasa pemrogramman Java dan seorang pengembang perangkat lunak. Bahasa pemrogramman Java itu ia tulis dalam buku. Buku-buku itu berisi bahasa pemrogramman Java dari yang mudah, hingga sulit.

Tidak hanya Java, ia juga membuat sistem News dan Gosling Emacs. Berkat kerja kerasnya itu, Java bisa dibilang bahasa paling berpengaruh di dunia.

4. Bjarne Stroustrup



Bahasa yang telah sebelumnya diciptakan oleh Dennis Ritchie kemudian dikembangkan oleh seorang programmer asal Denmark. Hasil dari yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup, lahirlah bahasa programman C++ yang kini sudah mulai banyak digunakan.

Bahasa programnya tersebut ia tulis dalam buku. Sekarang, Bjarne Stroustrup bekerja sebagai profesor di Texas A&M University.

5. Guido van Rossum



Dipekerjakan oleh Google selama tujuh tahun mulai dari 2005 hingga 2012 membuatnya mengembangkan sebuah bahasa pemrogramman yang telah dia buat sebelumnya, yaitu Python. Mendapat julukan "Benevolent Dictator For Life" karena giatnya dia dalam mengembangkan bahasa Python tersebut.

Tags: Teknologi, News

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com