5 Langkah Awal untuk Konsisten dalam Menabung

5 Langkah Awal untuk Konsisten dalam Menabung

Masalah pengeluaran uang sering sekali membuat kita pusing. Menabung adalah salah satu cara dalam menekan pengeluaran sekaligus menyimpan uang untuk penggunaan dalam jangka waktu ke depan. Akan tetapi sering sekali perencanaan dalam menabung yang tidak tepat, malah menimbulkan kebingungan. Dalam artikel ini berikut dijelaskan 5 langkah awal konsisten dalam menabung.

1. Mencatat pengeluaran

Pengeluaran baik pribadi maupun kebutuhan rumah tangga sehari-hari, sebelum menabung terlebih dahulu harus dicatat pengeluaran yang dilakukan,agar mempermudah dalam perencanaan dan pengelolaan untuk menabung

2. Penganggaran

Menganggarkan keuangan sangat diperlukan dalam rangka mengorganisasikan pengeluaran dan penyimpanan uang. Dengan menganggarkan keuangan secara sistematis, maka kita bisa mempunyai gambaran tentang nominal uang yang akan ditabung

3. Tetapkan tujuan untuk menabung

Menetapkan tujuan menabung memberikan patokan yang jelas agar dalam menabung, selain perencanaan yang baik, dalam implementasinya kita konsisten. Dalam menetapkan tujuan menabung, harus didefiniskan raihan dan jangka waktu yang dapat diukur sesuai dengan penganggaran yang telah kita buat.

4. Tetapkan Prioritas pengeluaran

Setelah kita menganggarkan keuangan, dalam proses menabung, kita tetapkan prioritas pengeluaran sebagai alat kontrol

5. Tekad dan Kegigihan

Perencanana dan pengelolaan yang dibuat sebaik apapun, tidak akan berjalan lancar tanpa tekad dan kegigihan. Tanamkan dalam hati dan pikiran anda bahwa saya menabung untuk suatu tujuan yang saya impikan dan kerjakan itu dengan gigih. Pengorbanan yang menyakitkan di awal akan terbayar pada akhirnya. Disiplin dalam menabung setidaknya melatih kita untuk disiplin dalam hal-hal lain.

Tags: Tips Keuangan, Manajemen Keuangan

Tips 1 week ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com