6 Cara Menghilangkan Bekas Luka

Tips 10 months ago
6 Cara Menghilangkan Bekas Luka

Jika seseorang terluka baik itu karena benda tajam atau karena luka infeksi penyakit kulit umumnya akan merasa khawatir dengan masa setelah penyembuhan. Takut bekas luka yang ditimbulkan tidak bisa hilang. Kadang bekas luka itu akan membentuk semacam keloid yang bentuknya sungguh tidak sedap dipandang.

Keadaan akan tambah runyam manakala bekas luka itu berada di area-area kulit terbuka seperti pada lengan, kaki atau wajah. Utamanya wajah. Orang akan mati-matian menyembuhkan bekas luka yang ada di wajah mereka karena bagian itu merupakan pusat daya tarik fisik seseorang.

Karena itulah berbagai macam cara akan ditempuh untuk mengilangkan bekas luka yang kadang membandel dan tak mau hilang. Ikhtiar berupa pengolesan salep-salep tertentu, obat dalam, laser bahkan operasi plastikpun di jalani agar semata-mata untuk mengatasi bekas luka yang mengganggu itu.

Sayangnya semua cara yang terhitung modern seperti di atas tidaklah murah. Di perlukan kantong yang lumayan tebal untuk menjalani terapi semacam itu. Namun sekarang anda yang mengalami masalah dengan bekas luka sepertinya sudah mulai bisa bernafas lega. Karena ternyata alam telah menyediakan obat alami untuk mengatasi bekas luka yang membandel. Bahan-bahan itu boleh jadi ada disekitar anda. Saya yakin, bahan-bahan alami itu juga di gunakan oleh produsen obat salep modern, hanya penyajian saja yag membuatnya lebih praktis. Lalu bahan-bahan apa sajakah itu? Bagaimana juga caranya? Mari kita simak :

1.Madu

Caranya adalah dengan menoleskan madu secara merata pada luka ataupun bekas luka. Biarkan madu membasahi luka selama 20-30 menit. Kalau sudah bilas dengan air hangat secara pelan. Lakukan beberapa kali sehari dan rutinkan.

Cairan ajaib ini juga sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka, karena madu merangsang regenerasi sel yang telah mati termasuk regenerasi sel kulit sehingga bisa menghilangkan bekas luka. Madu pun digunakan dalam perawatan kecantikan diantaranya bisa memerahkan bibir secara alami.

James F Balch dan Phyllis A. Balch, dalam Prescription for Nutritional Healing menganjurkan untuk menggunakan madu yang masih alami agar mendapatkan manfaat dari madu secara maksimal. Satu lagi madu itu harus asli atau murni tidak boleh abal-abal.

2.Buah mentimun

bekas luka bisa dihilangkan dengan menggunakan mentimun caranya pertama tentu saja mencuci bersih mentimun,  selanjutnya memotong buah ini menjadi kecil-kecil lalu anda bisa menumbuknya atau haluskan dengan blender. Setelah halus, oleskan mentimun yang sudah halus tersebut pada bekas luka. Lakukan ini pada malam hari menjelang tidur. Biarkan mentimun menempel di bekas luka sepanjang malam. 

Mengapa mentimun mempunyai kasiat seperti ini, Karena buah ini mengandung vitamin C dan potasium memiliki kandungan  air yang cukup tinggi dan menyegarkan kulit. Mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen zat yang sangat baik sebagai zat anti keriput. Bahan ini sudah sangat lama digunakan sebagai bahan dasar obat maupun kosmetik untuk perawatan maupun pengobatan  masalah kulit. 

3.Daun Pare

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun pare ini adalah cuci sampai bersih segenggam daun Pare yang masih segar. Lalu daun pare itu diremas-remas. Kemudian sediakan sedikit air hangat dalam sebuah wadah, masukkan perasan daun itu ke dalam air hangat. Diperas-peras lagi sampai air perasan tadi berubah warna, lalu buang ampas daun pare. berikutnya sediakan 2 sendok makan tepung beras lalu campur dengan air perasan daun pare hingga teksturnya seperti lotion. aduk sampai merata. Balurkan pada bagian bekas luka. Biarkan beberapa saat sampai kering dan bilas sampai bersih.

Pare, merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah banyak dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Ternyata daun dari tanaman yang terkenal dengan buahnya yang pahit ini pun dapat kita gunakan untuk menyamarkan bekas luka. 

4.Daun Mint

Selain daun buah pare, ada satu lagi daun yang ajaib menghilangkan bekas luka dikulit. Dia adalah daun mint. Caranya adalah mengambil beberapa lembar daun mint. Cuci bersih lalu haluskan hingga membentuk scrub. Selanjutnya oleskan ke area luka Anda. Biarkan beberapa saat atau bisa dibiarkan semalaman sembari anda tidur.  

Tanaman dengan nama latin  Mentha Piperita ini adalah sebuah tanaman herbal yang banyak digunakan untuk berbagai macam produk kosmetik maupun makanan. Selain itu, daun mint juga memiliki manfaat  untuk kesehatan kulit. Tidak heran jika daun ini menjadi primadona orang untuk membantu menyembuhkan jerawat, luka bakar, dan menghilangkan berbagai jenis bekas luka. 

5.Teh Hijau

Dengan meminum langsung teh hijau anda bisa menemukan cara enak untuk menghilangkan bekas luka. Selain itu anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai cairan usap pada luka. Caranya, seduh teh hijau dengan air kemudian celupkan kapas atau handuk kecil pada larutan daun teh hijau yang sudah diseduh tadi. Usapkan pada bekas luka yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Banyak ahli kesehatan menyimpulkan bahwa daun teh hijau memiliki kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yaitu sejenis anti oksidan yang diyakini memiliki kekuatan 200 kali lebih  kuat dari vitamin E. Epigallocatechin juga terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat sekaligus menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat, mengurangi peradangan pada kulit sampai mengontrol produksi minyak.

6. Lidah Buaya

Selain menyehatkan akar rambut ternyata tanaman ini juga berkasiat untuk menghilangkan bekas luka. Caranya cukup sederhana. Yaitu oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Bedakan lendir dengan getah lidah buaya karena getah lidah buaya justru membuat kulit terasa gatal. Kupaslah lebih dahulu, lalu buang kulitnya untuk menghilangkan getah.

Sebab kenapa lidah buaya bisa digunakan sebagai perawatan kulit adalah kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada tanaman ini dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit mati, termasuk sel kulit mati yang terdspat pada bekas luka

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami . Keajaiban bahan-bahan di atas hanya akan jadi omong kosong jika anda tidak sabaran. Hanya dua hal yang diperlukan untuk mencoba cara-cara diatas pertama adalah konsisten dan kedua adalah sabar karena biasanya penyembuhan dari bekas luka akan memerlukan waktu yang agak lama tergantung dari respons kulit terhadap bahan-bahan yag di gunakan tersebut.


Semoga bermanfaat.

Tags: Bekas Luka, Wajah

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com