15 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif

15 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif

Bahasa Inggris sebagai bahasa international merupakan salah satu bahasa yang seharusnya dikuasai. Apalagi di era pertukaran informasi secara global ini. Kebutuhan akan bahasa Inggris sangat penting. Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bisnis, wisata, dan juga mencari pekerjaan. Beberapa perusahaan terkadang memberikan syarat bisa berbahasa inggris aktif dan pasif.

Untuk bisa berbahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit, seperti yang dibayangkan. Anda bisa mencoba 15 cara belajar bahasa Inggris cepat dan efektif berikut ini. 

1. Pivat Bahasa Inggris Offline

Salah satu cara belajar bahasa inggris terbaik adalah privat bahasa inggris secara offline. Anda bisa mengundang guru atau tenaga pengajar bahasa inggris untuk datang ke rumah anda. Dengan cara ini anda punya jadwal khusus untuk belajar. Selain itu materinya akan tersusun dengan baik mulai dari dasar sampai anda bisa menguasai bahasa Inggris. Tips pilih tenaga pengajar yang benar-benar memiliki kompetensi yang baik.

2. Les Bahasa Inggris Di Tempat Bimbingan Belajar

Selain privat offline anda juga bisa menempuh cara belajar offline dengan mendaftar pada tempat bimbingan belajar. Dengan cara ini anda tidak belajar sendirian. Bimbingan belajar di desain seperti kelas formal dengan susunan materi pelajaran biasanya mengikuti pelajaran di sekolah atau disesuaikan dengan kebutuhan belajar. Cara ini bisa anda pilih jika anda tidak ingin belajar sendirian seperti privat.

3. Kursus Bahasa Inggris Online

Jika anda tidak ingin belajar bahasa inggris secara langsung dengan bertatap muka dengan pengajar anda bisa menempuh cara lain yaitu secara online. Sudah banyak situs belajar bahasa inggris yang bisa anda akses melalui internet. Dengan cara ini anda bisa belajar dimana saja dengan mengikuti program belajar yang ditentukan pada situs tersebut.

4. Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa

Cara belajar bahasa inggris online juga bisa anda lakukan dengan menggunakan aplikasi pada smartphone android anda. Caranya sangat sederhana anda tinggal download dan install aplikasinya. Selanjutnya anda mengikuti materi yang telah disiapkan pada aplikasi tersebut. Aplikasinya bisa anda cari di Playstore dengan kata kunci belajar bahasa inggris.

5. Menonton Film Berbahasa Inggris

Untuk melatih kemampuan mendengarkan (listening)anda bisa belajar dengan cara menonton film berbahasa Inggris. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan dua hal sekaligus yaitu kemampuan mendengarkan dan translate dari kata yang diucapkan dalam dialog film tersebut. Membiasakan menonton film berbahasa inggris akan menambah kosakata bahasa inggris anda secara perlahan.

6. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu berbahasa inggris lebih fokus pada kemampuan mendengarkan. Jadi anda belajar tentang cara pengucapana kata-kata melalui lagu. Tujuannya sama yaitu menambah perbendaharaan kata dan melatih pengucapan kata melalui cara mendengarkan. Semakin sering anda mendengarkan lagu berbahasa inggris maka akan semakin familiar pula anda dengan bahasa tersebut.

7. Konsisten Menambah Perbendaharaan Kata Setiap Hari

Berbicara tentang bahasa berarti berbicara tentang penguasaan kata. Bahasa apapun yang dipelajari tentunya selalu berkaitan dengan kata. Maka untuk belajar bahasa inggris dengan cepat dan efektif anda harus menambah jumlah kosakata anda setiap hari. Misalnya setiap hari anda tahu lima kata. Maka dalam sepuluh hari anda sudah bisa tahu lima puluh kata.

8. Berlatih Menulis Dengan Menggunakan Bahasa Inggris

15 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif
Berlatih Menulis

Cara yang juga sangat efektif untuk mempercepat pemahaman tentang bahasa inggris adalah berlatih menulis. Dengan cara menulis anda mencoba merangkai kata demi kata dalam bahasa inggris. Anda belajar tentang struktur kalimat dalam bahasa inggris yang tentunya berbeda dengan bahasa Indonesia.

9. Sering Membaca Bacaan Berbahasa Inggris

15 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif
Sering Membaca

Untuk melengkapi kemampuan menulis anda dalam bahasa inggris. Anda tentunya harus rajin membaca pula. Dengan membaca anda akan memahami bagaimana penulisan bahasa inggris yang benar. Selain itu membaca juga akan membantu perbendaharaan kata anda.

Baca Juga: 15 Cara Membaca Cepat dan Efektif Untuk Memahami Isi Bacaan

10. Bergaul Dengan Teman Yang Suka Belajar Bahasa Inggris

Bahasa adalah masalah kebiasaan. Jadi untuk membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa inggris anda harus bergaul dengan orang-orang yang suka belajar bahasa inggris atau mengerti cara berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Belajar dari pergaulan biasanya lebih cepat dipahami dan diaplikasikan.

11. Berlatih Berbicara Dengan Bahasa Inggris

15 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif
Latihan Berbicara

Dengan bergaul dengan orang yang suka bahasa inggris pada dasarnya sudah melatih anda untuk berbicara bahasa inggris. Tapi anda bisa menambah porsinya dengan berlatih sendiri di rumah atau dimanapun anda menginginkannya. Anda bisa berbicara di depan cermin, atau berbicara sambil merekamnya.

12. Rubah Isi Rumah Menjadi Kamus Alami

15 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif
Kamus Alami

Cara lain yang bisa anda tempuh adalah dengan merubah seluruh isi rumah menjadi kamus alami. Anda bisa menggunakan sticky Notes (Kertas tempel) untuk menempelkan semua kata dalam bahasa inggris pada benda-benda yang ada di rumah. Misalnya televisi, lemari, rak buku, dan lainnya. Dengan cara ini anda akan terbiasa melihat benda tersebut dalam bahasa inggris.

13. Konsisten Dengan Jadwal Latihan

Untuk menjaga dan terus meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda, sebaiknya anda punya jadwal latihan. Jadi dalam sehari anda harus membuat jadwal latihan seperti latihan menulis, latihan menghafal kata, dan latihan lainnya. Semua itu anda buatkan jadwalnya dan konsisten menjalaninya.

14. Tentukan Target Pencapaian Setiap Hari

Setelah anda punya jadwal dan konsisten menjalankannya anda harus bisa menentukan target pencapaian. Misalnya anda ingin menulis berapa kalimat, berapa paragraf, atau berapa lembar setiap harinya. Target itu harus anda capai kemudian tingkatkan terus targetnya setelah tercapai.

15. Niat Belajar Bahasa Inggris

Kunci dari semuanya adalah niat belajar bahasa inggris. Tanpa niat maka tidak ada pencapaian yang bisa anda dapatkan. Dengan adanya niat tentunya semua akan menjadi lebih mudah. Anda tinggal menjalankan semua cara di atas sesuai jadwal yang anda buat.

Demikian pembahasan tentang cara belajar bahasa inggris. Semoga bisa membantu anda untuk bisa berbahasa inggris dengan cepat.

Tags: Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat Dan Efektif

Tips 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com