16 Cara Budidaya Ikan Guppy Agar Berhasil

16 Cara Budidaya Ikan Guppy Agar Berhasil

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang banyak dibudidayakan oleh para pecinta ikan serta banyak juga para pencari dan penggemar ikan guppy untuk memeliharanya. Ikan guppy merupakan ikan hias yang sangat paling populer, berharga dan banyak yang favorit terhadap memelihara ikan guppy tersebut.

Cara budidaya ikan guppy sangat bagus dilakukan oleh para penggemar ikan yang dijadikan sebagai peluang usaha yang banyak untung dari penjualan ikan guppy tersebut. Budidaya ikan guppy sangat mudah sekali dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula, karena habitatnya juga bisa di danau atau kolam dan sungai sehingga untuk membudidayakan ikan guppy tersebut tergolong sangat mudah.

1. Siapkan bibit Ikan Guppy

Tahap pertama adalah dengan melakukan persiapkan bibit ikan guppy yang bagus dan indah, karena dengan pemilihan ikan guppy yang bagus tersebut akan membuat anakan atau keturunan yang indah juga, maka dari itu siapkan bibit ikan guppy yang benar-benar sehat dan bagus tersebut karena akan berpengaruh terhadap keturunan yang akan dihasilkan nantinya.

2. Persiapkan Modal

Tidak terlepas dari modal, budidaya ikan guppy juga ternyata memerlukan modal yang cukup untuk pembelia pakan dan bahan lainnya karena dengan itu siapkanlah modal yang cukup agar proses budidaya ikan guppy berjalan dengan lancar.

3. Pembuatan Tempat Budidaya

Pembuatan tempat budidaya alangkah pentingnya juga karena dengan itu ikan guppy akan tumbuh bagus dan baik ketika tempat budidayanya juga bagus dan luas. Para pecinta ikan hias ini banyak yang menggunakan kolam khusus untuk membudidayakannya dan kemudian untuk cara penjualannya bisa dipindahkan ke jenis aquarium.

4. Proses Pemilihan Induk

Proses pemilihan induk yang bagus adalah induk yang tidak terkena penyakit atau cacat dan biasanya bibit induk yang bagus tersebut ketika di air lincah dan tidak diam. Induk yang akan dijadikan sebagai tahap pemijahan harus bibit yang sudah besar dan sudah bisa menghasilkan keturunan yang bagus juga. Pilihlah induk ikan guppy yang besar dan kecil antara betina dan jantan.

5. Lakukanlah Pemijahan

Lakukanlah Pemijahan
Lakukanlah Pemijahan

Setelah pemilihan tersebut selesai maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemijahan antara ikan guppy betina dan ikan guppy jantan. Oleh karena itu, pemijahan tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 minggu dalam proses pemijahan ikan tersebut.

6. Proses Perkawinan

Proses perkawinan ikan guppy tersebut biasa dilakukan selama pemijahan berlangsung selama 4 minggu antara janta dan betina selama itu tunggulah sampai menghasilkan telur.

7. Pemilihan Pakan Makanan

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Sidat dengan Mudah dan Menjanjikan

Ketika melakukan pemijahan juga lakukanlah pemilihan pakan ikan guppy yang bagus untuk budidaya tersebut karena dengan melakukan pemilihan pakan tersebut akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ikan guppy nantinya.

8. Pemberian Pakan

Setelah melakukan pemilihan pakan yang baik dan benar maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemberian pakan makan yang tepat dan dapat dilakukan setiap hari antara pagi dan sore hari dengan memberikan pakan makanan seperti pelet dan pakan lainnya seperti bekatul beras dan yang lainnya. Karena dengan memberikan pakan yang bagus biasanya akan berdampak baik terhadap proses pertumbuhan ikan guppy.

9. Proses Pemindahan Induk

Ketika 4 minggu sudah selesai dalam tahap pemijahan, maka selanjutnya adalah dengan memindahkan induk ikan jantan ke tempat yang lainnya dan biarkan ikan guppy yang betina biarkan sampai melakukan peteluran sampai selesai dengan waktu sampai 2-3 minggu ke depannya.

10. Pencagaan Telur Ikan Guppy

Ketika induk ikan guppy sudah selesai bertelur maka tahap selanjutnya adalah dengan memindahkan ikan guppy betina ke kolam umum lainnya lagi dan biarkan hidup seperti biasanya. Kemudian tahap yang harus diperhatikan tersebut adalah dengan melakukan pencagaan terhadap terhadap telur yang akan menetas nantinya.

11. Proses Penetasan Telur

Proses penetasan telur akan memakan waktu yang lama juga karena dengan itu dibutuhkanlah kesabaran yang tinggi, karena untuk membudidayakan ikan guppy tersebut tidak selamanya bisa menghasilkan dengan instan dan langsung. Proses penetasan telur tersebut harus diperhatikan agar baik dalam proses selanjutnya.

12. Perhatikan Pemberian pakan

Setelah telur tersebut menetas dan bisa menjadi anak ikan atau burayak yang banyak dan hidup pastinya akan memerlukan makanan dalam jangka lama, maka sebagai pecinta ikan tersebut harus bisa memberikan dan memperhatikan pakan makanan yang harus diberikan terhadap bibit ikan baru tersebut. Pemberian pakan makanan tersebut harus dengan baik dilakukan oleh pembudidaya karena dengan itu, benih ikan baru akan tumbuh dengan baik ketika proses pemberian pakan diperhatikan.

13. Pendederan Benih

Setelah benih ikan guppy tersebut sudah besar, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pendederan atau pemindahan tempat budidaya ke tempat yang luas seperti kolam khusus untuk proses pembesaran nantinya. Pendederan dapat dilakukan dengan memindahkan benih ikan tersebut ke tempat yang luas agar dalam proses pembesaran lebih cepat dan tepat.

14. Pemberian pakan Ulang

Setelah waktu pendederan selesai maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemberian pakan yang baik dan bagus, karena dengan memberikan pakan yang baik dan bagus tersebut akan sangat berpengaruh terhadap pembesaran ikan guppy tersebut. Biasanya pemberian pakan yang lebih bagus tersebut adalah dengan pelet atau pakan ikan khusus.

15. Pengendalian Hama dan Penyakit

Tidak menutup kemungkinan ikan guppy akan terserang penyakit dan ancaman hama dan hewan liar yang dapat mengancam kehidupan ikan tersebut dengan memangsanya. Maka dari itu untuk mencegah hama masuk ke lahan budidaya ikan guppy maka sebelumnya harus di persiapkan tempat yang bagus dan tertutup dari hewan liar dengan membuat pagar khusus. Apabila ikan guppy tersebut akan kebal terhadap penyakit dan lainnya maka berilah obat khusus pakan ikan agar kebal terhadap cuaca dan penyakit.

16. Ikan siap di jual

Ketika ikan guppy sudah besar, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penjualan kepada pelanggan dengan berbagai cara pemasarannya bisa menjualnya di tempat khusus ikan hias atau di pasaran ikan dan disanalah sebagai seorang budidaya ikan guppy tersebut akan mendapatkan keuntungan.

Itulah 16 cara budidaya ikan guppy yang benar agar mendapatkan hasil yang melimpah dan bagus.  

Tags: Budidaya Ikan Guppy, Ikan Guppy, Ikan Hias

Tips 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com