17 Cara Menanam Semangka Agar Mendapatkan Hasil yang Melimpah

17 Cara Menanam Semangka Agar Mendapatkan Hasil yang Melimpah

Kata.co.id - Cara menanam semangka merupakan sebuah peluang usaha yang sangat bagus dan baik, karena dalam membudidayakan semangka sangatlah mudah namun perlu perawatan khusus agar mendapatkan buah semangka yang sangat bagus dan berkualitas. Para petani harus bangga ketika sudah bisa membudidayakan semangka tersebut karena selain punya pengalaman dalam bertani keuntungan juga pasti didapatkan.

Budidaya semangka sangatlah menjanjikan karena dengan angka permintaan dari luar sangatlah tinggi, dan juga harganya mahal sehingga para petani sangatlah cocok untuk membudidayakan semangka tersebut dalam jangka panjang. Ada beberapa langkah untuk menanam semangka agar mendapatkan hasil yang sangat melimpah dan berkualitas. Maka dari itu sebagai para petani semangka untuk mendapatkan hasil yang baik dan berkualitas maka simaklah cara-cara berikut.

1. Siapkan Lokasi

Siapkan Lokasi
Siapkan Lokasi

Persiapan lokasi untuk penanaman semangka sangatlah penting karena tidak semua tempat bagus untuk dijadikan sebagai media menanam semangka. Maka dari itu pilihlah tempat yang bagus untuk menanam semangka. Tempat atau lokasi yang bagus untuk menanam semangka adalah dengan memiliki suhu sekitar 20 sampai 30 derajat, karena semangka butuh tempat yang beriklim hangat dan bagus dalam perkembangannya. Semangka juga butuh sinar matahari sekitar 6 sampai 7 jam dalam sehari agar hasil semangka tersebut menjadi bagus dan manis.

2. Persiapkan bibit semangka

Bibit Semangka
Bibit Semangka

Bibit semangka harus juga diperhatikan karena bibit semangka tersebut banyak juga jenisnya seperti yang buahnya bulat, ada yang panjang dan ada yang lainnya. Maka coba anda pilih bibit semangka yang bagus dan bisa cocok tumbuh di daerah yang hangat dan subur. Untuk mendapatkan bibit yang bagus anda bisa membelinya bibit semangka paket yang sudah tersedia di toko pertanian agar lebih mudah dan cepat.

3. Siapkan dahulu lahan

Siapkan dahulu Lahan
Siapkan dahulu Lahan

Dalam menanam semangka alangkah baiknya anda memiliki lahan yang luas dan cukup untuk dijadikan sebagai media tanam semangka, karena banyaknya lahan yang dimiliki akan sangat berpengaruh terhadap banyaknya penghasilan anda sebagai petani semangka.

4. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Setelah anda memiliki lahan maka anda siapkan untuk dikelola agar dalam pembudidayaan semangka ini sangat bagus, karena semangka tersebut sangat bagus ketika lahan juga bagus dikelola. Apabila anda memiliki banyak lahan yang luas dalam menanam semangka maka coba mengolah tanahnya dengan mesin atau dengan banyak orang agar lebih cepat dan mudah.

5. Pemberian Pupuk Kandang

Setelah anda mengelola lahan yang akan ditanami dengan semangka maka setelah itu buat terlebih dahulu lubang untuk media tanam semangka dan tebarlah pupuk kandang tersebut ke dalam setiap lubang yang secukupnya, agar dalam proses pertumbuhan semangka menjadi cepat.

6. Membuat Tempat Penyemaian

Tempat Penyemaian
Tempat Penyemaian

Sebelum anda menanam semangka di lahan yang luas, alngkah baiknya anda gunakan cara ini untuk membuat tempat penyemaian semangka terlebih dahulu, agar dalam proses pemindahan nantinya menjadi bagus dan lancar dan yang pentingnya untuk perkembangan lebih cepat.

7. Penyemaian Semangka

Penyemaian Semangka
Penyemaian Semangka

Penyemaian semangka adalah dimana pertama kali dimulai dalam membudidayakan semangka. Penyemaian ini adalah cara untuk memperbesar terlebih dahulu benih semangka dipersemaian bisa dengan menggunakan media tanah dan campuran pupuk kandang secukupnya.

8. Pemasangan Mulsa

Pemasangan Mulsa
Pemasangan Mulsa

Baca Juga : 15 Cara Ternak Kerbau Agar Berhasil



Pemasangan mulsa ketika anda sudah memberikan pupuk kandang ke dalam lubang, maka dari itu gunakanlah mulsa untuk mempermudah dan mencegah munculnya rumput bebas yang bisa mengganggu pertumbuhan semangka.

9. Cara Menanam Semangka

Cara Menanam Semangka
Cara Menanam Semangka

Cara menanam semangka tidak jauh lebih seperti menanam buah-buahan yang lain, hanya saja untuk menanam semangka itu harus ketika daun semangka sudah 3 sampai 4 daun maka anda siap untuk menanamkan semangka tersebut ke lahan yang sudah diberi mulsa.

10. Cara Pemeliharaan

Cara Pemeliharaan
Cara Pemeliharaan

Cara pemeliharaan semangka harus dengan baik agar mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, pemeliharaan ini harus sesuai dengan cara yang bagus dan benar dengan melakukan pengecekan buah dan tanaman semangka.

11. Pengendalian Hama

Pengendalian Hama
Pengendalian Hama

Dalam membudidayakan semangka tidak akan 100% terhindar dari penyakit dan hama maka dari itu hama yang akan mengancam semangka alangkah baiknya anda sudah tahu cara pengendalian hama yang akan menyerang semangka.

12. Penyemprotan

Penyemprotan pada semangka alangkah baiknya dilakukan setiap 1 atau 2 minggu sekali karena dalam menanam semangka juga harus terbebas dari hama, yang salah satunya dengan menyemprotkan obat khusus semangka.

13. Pemupukan Ulang

Pemupukan Ulang
Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang dilakukan untuk proses pertumbuhan lebih lanjut dan membuat buah semangka menjadi besar dan banyak, maka dalam proses pemupukan ulang sangatlah dianjurkan untuk proses perkembangan semangka nantinya.

14. Penyiangan

Penyiangan harus dilakukan dengan cara yang benar, karena para petani sering kali salah, penyiangan dilakukan dengan cara buat semangka dikesana kemarikan atau dipindah-pindah buahnya yang masih berada di tangkainya. Maka hal itu harus dihindari karena akan menganggu proses pertumbuhan buahnya.

15. Pemilihan Pupuk Buatan

Pemilihan Pupuk Buatan
Pemilihan Pupuk Buatan

Pupuk buatan yang sudah disediakan oleh para pembuat pupuk kimia, harus menggunakan pupuk yang bagus menurut anjuran para petani, karena tidak setiap pupuk kimia itu bagus, maka harus dilakukan pemilihan terlebih dahulu.

16. Panen

Panen
Panen

Panen semangka dilakukan dengan cara melihat terlebih dahulu buah semangka apa sudah tua atau belum. Apabila sudah tua maka memiliki ciri tangkainya sudah mengering dan warna semangka sudah memudar dan bisa anda panen dengan tangkainya agar semangka tidak mudah busuk. Waktu untuk panen semangka alangkah baiknya pada siang hari atau dalam keadaan cuaca panas agar kulit semangka menjadi kering.

17. Pemasaran

Pemasaran
Pemasaran

Proses pemasaran dilakukan oleh anda pergi kepasar umum atau memasarkan di daerah anda juga karena peminat semangka ini sangatlah banyak. Anda bisa juga menjualnya ke bandar semangka untuk proses lebih cepatnya. Maka disinilah proses pemasaran semangka yang akan menjadi titik terakhir dalam mendapatkan hasil yang menguntungkan bagi para petani semangka.

Tags: Semangka, Menanam Semangka, Budidaya Semangka

Tips 3 months ago
Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com