28 Cara Move On Dari Mantan Paling Jitu

Tips 1 month ago
28 Cara Move On Dari Mantan Paling Jitu

Mantan memang sosok yang terkadang ingin kita lupakan namun entah kenapa terasa begitu sulit. Apalagi jika hati sudah merasa sangat disakiti, tentu melupakan adalah salah satu jalan yang harus dipilih.

Tapi biasanya, semakin kita mencoba untuk melupakan, justru malah semakin melekat semua kenengan tentang mantan. Akan tetapi tenang aja dan ga perlu kawatir, karena disini ada solusinya. Yuk simak beberapa cara move on dari mantan berikut ini.

1. Renungkanlah

Baru putus? Lebih baik diam dulu dan cari tempat yang nyaman untuk menyediri. Lalu pikirkan dan renungkan dengan hati yang tenang, apakah yang membuat hubunganmu berhenti? Jika memang ada orang ketiga yang mengambil pasanganmu, maka ini semua memang jalan yang benar. Tak perlu mempertahankan orang yang sudah jelas tidak mempertahankanmu. Namun jika putus hanya karena masalah sepele, maka pikirkanlah lagi apakah lebih baik untuk mengulanginya atau memutuskannya?

2. Biarkan Mengalir Begitu Saja

Jika memang tidak bisa kembali seperti sedia kala, maka biarkanlah mengalir begitu saja. Jika dipaksakan untuk kembali, justru yang ada malah tambah sakit. Ingat, cinta bukan pembodohan.

3. Hadapi Masa Lalumu

Salah satu cara move on dari mantan yang paling tepat ya ini, kamu harus berani menghadapi masa lalumu. Ingatlah dia dan semua kenanganya itu hanyalah masa lalu. Tak perlu kau ingat, apalagi kau dekati.

4. Jangan Menyerah

Hanya karena patah hati, bukan seharusnya kamu jadi mengunci hatimu. Semangat dan jangan menyerah mencari cinta sejatimu, bukalah hatimu lagi untuk orang yang benar-benar tulus mau mencintaimu.

5. Harus Bisa Memaafkan dan Melupakan

Memaafkan kesalahan orang lain memang bukanlah hal yang mudah, apalagi melupakannya. Namun perlu diingat, buat apa kamu menyimpan dendam? Bukankah itu hanya membuatmu semakin terluka saja? Cobalah untuk menerima semua ini dengan memaafkannya, dengan begitu bakalan membuat proses melupakan jadi lebih mudah.

6. Selalu Besryukur

Apapun yang terjadi emang lebih baik selalu kita syukuri, meskipun terkadang hal yang terjadi itu menyakitkan. Namun percayalah, masih banyak hal menyakitkan yang jauh lebih menyakitkan dari apa yang kamu rasakan sekarang ini. Jadi bersyukurlah karena tingkat kesakitan hatimu tidak separah-parahnya.

7. Ambil Saja Hikmahnya

Apapun masalah yang sedang menimpa dirimu, pasti ada hikmahnya. Masalah tak selalu membuatmu menjadi lemah, justru selalu memberikanmu sebuah hikmah yang akan membuat dirimu menjadi sosok yang lebih kuat lagi. Semau itu tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

8. Fokus Pada Kehidupanmu Saat Ini

Cara Move On Dari Mantan
Fokus Pada Dirimu Sendiri

Terlalu memikirkan mantan justru malah akan membuat hidupmu semakin kacau dan menyedihkan, apalagi jika mantanmu sendiri sudah move on darimu dan sudah memiliki pasangan baru. Maka dari itu, lebih baik fokus aja terhadap dirimu sendiri, terhadap karir dan keluargamu. Dengan begitu lama-kelamaan tentu akan membuat terbiasa dan berhasil move on.

9. Jangan Menyalahkan Dirimu Sendiri

Cara Move On Dari Mantan
Jangan Salahkan Dirimu

Jika putusnya hubunganmu dengan dia karena ulahmu, tentu hal itu akan membuat merasa begitu bersalah. Namun terus menerus merasa bersalah juga tidak baik bagi dirimu sendiri. Cobalah untuk meminta maaf kepada pasanganmu, jika pasanganmu belum bisa memaafkanmu, tak usah menyalahkan dirimu sendiri. Ini semua hanya karena waktu, bukan karena salahmu, toh lama-kelamaan pasanganmu juga akan lupa akan hal tersebut.

10. Pergi Bersama Sahabat atau Teman-temanmu

Cara Move On Dari Mantan
Pergi Dengan Sahabat

Disaat seperti inilah kita selalu membutuhkan kehadiran sahabat atau pun teman. Ya, mereka adalah orang yang bisa menghiburmu. Ajak sahabat atau temanmu pergi bersenang-senang setiap hari, atau dikala waktu senggang, jangan malah gunakan waktu senggangmu untuk mengenang masa lalu!

11. Berpikir Positif

Cara Move On Dari Mantan
Positive Thinking

Positive thinking atau berpikir positif juga akan membuat proses move on menjadi mudah. Nggak percaya? Coba aja! Pikirkan semua yang terjadi dari sisi positif, hilangkan sisi negatif sebisa mungkin. Dengan pemikiran yang positif tentu akan membuat otak dan hatimu lebih tenang.

12. Pilih Keputusan Dengan Bijak

Cara Move On Dari Mantan
Pilih Keputusanmu

Mau move on atau tidak itu adalah keputusan yang harus kamu ambil saat ini. Jika kamu belum yakin untuk move on, tentu berbagai cara untuk move on pun akan percuma dan sia-sia saja. Maka dari itu kamu harus yakin untuk memilih move on atau tidak.

13. Berdoa

Cara Move On Dari Mantan
Berdoa

Sebagian orang selalu mengucapkan doa ketika dirinya mendapat sebuah masalah, dengan begitu biasanya hati akan merasa lebih tenang. Mungkin kamu bisa coba cara yang satu ini. Tapi berdoa yang baik-baik yah..

Baca Juga : 15 Situs Kencan Online Terbaik Di Dunia

14. Intropeksi Diri

Cara Move On Dari Mantan
Intropeksi

Banyak orang mengalami suatu masalah yang sama namun berulang kali, hal ini dikarenakan kurang intropeksi diri. Cobalah cari kesalahanmu dalam hal tersebut, agar kedepannya tidak terjadi lagi masalah yang sama dengan alasan yang sama.

15. Berusaha Untuk Selalu Bahagia

Cara Move On Dari Mantan
Bahagia

Hidup tak hanya untuk bersedih saja, carilah kebahagiaan yang hakiki di luar sana. Cobalah keluar, masih banyak cowok/cewek yang siap menggantikan posisinya. Sebenarnya untuk selalu bahagia tak harus dengan pasangan, namun juga bisa dengan keluarga, sahabat atau teman.

16. Membuang Benda-Benda Dari Mantan

Cara Move On Dari Mantan
Buang Benda Dari Mantan

Terkadang kita sering teringat sosok mantan ketika melihat benda-benda yang mempunyai kenangan di masa lalu. Maka dari itu, untuk kelancaran proses move on, lebih baik kita buang jauh-jauh benda dari mantan itu. Atau kita juga bisa mengembalikannya.

17. Cari Teman Baru

Cara Move On Dari Mantan
Teman Baru

Mencari teman baru tentu akan memberimu suasana baru, dengan begitu kamu akan merasa asik dengan suasana baru tersebut. Lantaran asik dengan suasana baru, tentu secara perlahan kamu akan lupa dengan kesedihanmu. Alhasil, move on pun sukses.

18. Mencari Kesibukkan

Cara Move On Dari Mantan
Cari Kesibukan

Ketika kita mempunyai kesibukkan tentu kita tidak akan sempat memikirkan masa lalu, dengan begitu lama kelamaan masa lalu akan terlupakan oleh kesibukkanmu. Maka dari itu, mulailah untuk mencari kesibukkanmu. Tapi kalau bisa sih cari kesibukkan yang positif jangan yang negatif.

19. Jangan Terlalu Sering Menyendiri

Cara Move On Dari Mantan
Menyendiri

Menyendiri itu boleh-boleh saja, setiap orang juga butuh menyendiri di suatu saat. Namun ingat, jangan terlalu sering. Karena terlalu sering menyendiri itu hanya akan membuat otakmu terpaksa mengingat dan berangan-angan tentang masa lalu. Parahnya kalau sampe dibayang-bayangi masa lalu.

20. Hindari Percakapaan Tentang Masa Lalumu

Cara Move On Dari Mantan
Hindari Percakapan Tentang Mantan

Tanpa disadari, berbicara tentang masa lalu justru akan membuatmu semakin mengingat masa lalu dengan sedetail mungkin. Jadi usahakan untuk menghindari percakapan yang membahas tentang masa lalumu.

21. Menikmati Apa Yang Kau Punya

Cara Move On Dari Mantan
Nge-game

Sebagian orang mempunyai barang-barang yang dapat menghibur dirinya sendiri, jika kamu punya salah satu barang tersebut, maka nikmatilah. Tapi jika tidak punya? Kata siapa kamu tak punya apa-apa, kamu masih punya keluarga dan teman yang siap menghiburmu sepanjang hari.

22. Cobalah untuk Memperbaiki Penampilanmu

Cara Move On Dari Mantan
Memperbaiki Penampilan

Menyibukkan diri dengan memperbaiki penampilanmu tentu akan membuat otakmu tidak sempat memikirkan masa lalumu. Terlebih jika kamu berhasil merubah penampilanmu jadi lebih baik, yang ada mantanmu malah jadi nyesel. Tapi ingat, tujuanmu adalah move on, bukan menarik perhatiannya.

23. Perbanyak Ibadah

Cara Move On Dari Mantan
Al-Quran dan Tasbih

Banyak orang yang berkata bahwa hatinya merasa lega dan nyaman setelah menjalankan ibadah. Daripada cuma bengong, mending cobain cara yang satu ini.

24. Biarkan Air Matamu Membasahi Pipimu

Cara Move On Dari Mantan
Menangis

Jika memang masih sakit, nangis memang bukanlah hal yang salah. Menangislah sampai kamu merasa lega, namun juga tidak perlu terlalu banyak menangis. Cukup buang air matamu sedikit saja, jangan banyak-banyak, sisakan untuk menangisi hal yang lebih berguna.

25. Jangan Dengarkan Lagu-lagu Sedih

Cara Move On Dari Mantan
Mendengarkan Lagu

Lagu sedih atau lagu galau bisa membawa suasanamu jadi semakin menyedihkan. Carilah lagu yang lebih energik dan mampu membangunkan semangatmu. Dengan begitu semangat untuk move on akan kembali.

26. Batasi Komunikasi Dengan Mantan

Cara Move On Dari Mantan
Membatasi Komunikasi

Biasanya kalau habis putus, banyak orang yang memutuskan untuk mengakhiri komunikasinya juga, entah itu dengan menghapus dan memblokir akun sosmednya atau apapun. Namun apakah kamu tahu bahwa hal ini adalah tindakan yang salah? Kalau seperti itu tindakanmu, tentu setiap hari kamu akan penasaran dengan kabarnya, lantaran sebelumnya selalu mendengarkan kabar darinya. Jika sudah penasaran kek gini, tentu kamu otak kamu malah semakin penuh degan rasa penasaran dan pertanyaan-pertanyaan tentang kabar darinya.

Putus boleh-boleh aja, tapi komunikasi jangan langsung diputus begitu aja. Lebih baik pertahankan komunikasimu dengannya dan batasi juga komunikasimu, jangan sampe baper. Sampai pada akhirnya kamu sudah terbiasa tidak mendengar kabar darinya. Dengan begitu hatimu tidak terlalu tersiksa dan mudah untuk move on darinya.

27. Cari Arti Kesendirianmu

Cara Move On Dari Mantan
Kesibukan

Yang dimaksud mencari arti kesendirian adalah, menggunakan waktu sendirimu untuk hal-hal yang lebih berguna, misalnya kejar target pekerjaan, menyelesaikan tugas sekolah yang menumpuk dan lain sebagainya. Ingat, ketika kamu punya pacar, kamu tidak akan sempat mengerjakan hal-hal seperti itu. Dan ketika punya pacar tentunya kamu akan disibukan dengan hal-hal yang kurang bermutu, seperti chat seharian dengan dia, galau-galauan, marah-marahan, main bareng dan hal lain yang tak berguna.

28. Jangan Stalking

Daripada stalking, lebih baik kamu tanyakan langsung kabarnya. Karena rasa penasaran itu akan selalu menghantuimu dengan membawa ribuan kenangan tentang dia.

Tags: Move On, Tips Move On

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com